Comscore Tracker

Tanpa Peralatan Gym, 7 Exercises Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumah

Semakin mudah untuk hidup sehat kan?

Kebanyakan dari kita sangat malas dan tidak punya waktu untuk pergi ke gym di tengah-tengah gaya hidup yang sibuk dan melelahkan. Pengeluaran untuk gym tidak murah, sehingga kita harus mempertimbangkannya juga.

Sebagian besar dari kita tidak tahu bahwa kita dapat dengan mudah melakukan latihan fisik di rumah kita sendiri. Tubuh yang sehat dan indah dapat dengan mudah dirawat dengan melakukan beberapa latihan secara teratur dari rumah, tanpa ada peralatan yang terlalu ribet.

Berikut 7 exercises yang dapat kamu lakukan di rumah tanpa menggunakan peralatan yang rumit.

1. Push-up

Tanpa Peralatan Gym, 7 Exercises Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumahgmb.io

Push-up adalah latihan klasik yang paling populer di seluruh dunia.

Berbaringlah telungkup dengan meletakkan berat badan pada telapak tangan dan kaki dengan telapak tangan saling terpisah. Kemudian dorong tubuh kamu ke atas dalam posisi itu dengan mendorong ke tanah, lalu turunkan badan kamu sampai hidung menyentuh tanah. Pastikan tubuh kamu benar-benar lurus.

Jika bosan dengan gerakan yang itu-itu saja, cobalah variasi push-up yang berbeda seperti dalam video di bawah ini.

https://www.youtube.com/embed/FU_5LPjtjus

2. Lompat tali

Tanpa Peralatan Gym, 7 Exercises Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumahmensjournal.com

Siapa bilang lompat tali hanya untuk anak-anak? Segera keluarkan skipping rope milikmu dari gudang dan saatnya kamu mendorong tubuhmu ke batasnya. Latihan ini akan mengencangkan tubuh bagian atas dan bawah serta berfungsi memompa darah dengan cepat. Cobalah bergantian antara langkah cepat dan lambat untuk membakar lebih banyak kalori.

Jika kamu merasa ingin menantang diri sendiri, kamu juga dapat mencoba melompat dengan satu kaki karena itu akan membantu membangun kekuatan dan keseimbangan milikmu bersamaan dengan manfaat lainnya.

3. Squats

Tanpa Peralatan Gym, 7 Exercises Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumahcosmopolitan.co.id

Kamu dapat mencoba latihan ini dengan berdiri di depan cermin, untuk melihat apakah proses yang dilakukan sudah benar.

Pasang kuda-kuda dengan kedua telapak kaki terbuka lebar, letakkan lengan secara lurus di depanmu untuk mendapatkan lebih banyak keseimbangan. Berjongkoklah dengan menekuk lutut sekitar 90 derajat dan jaga punggungmu tetap lurus dengan menatap cermin. Tahan posisi selama sekitar 30 detik sebelum kembali ke posisi awal.

Latihan ini akan membantu mengencangkan paha atas dan otot inti, serta membentuk bokong jika dilakukan secara teratur.

https://www.youtube.com/embed/aclHkVaku9U

Baca Juga: Sakit Punggung? 8 Latihan Ini Bisa Bantu Meringankan dalam 10 Menit

4. Step-up

https://www.youtube.com/embed/l4AA5d5mInQ

Step-up harus menjadi latihan rutin jika kamu menginginkan kaki yang kencang. Latihan ini tidak hanya efektif untuk kaki tetapi juga untuk mengencangkan bokong.

Berdirilah di depan kursi atau alat kokoh yang tingginya sekitar 3 inci di bawah lututmu. Langkahkan kaki kiri ke kursi dan kaki kanan ke atas, kemudian turun menggunakan kaki kiri lalu lakukan terus seperti berjalan.

Lakukan latihan ini selama 15 kali kemudian ulangi dengan memulai dengan kaki kanan terlebih dahulu. Terus ulangi sampai kamu berada dalam zona nyaman.

Ambil permukaan yang lebih tinggi jika kamu ingin membuatnya sedikit lebih menantang untuk kaki dan pantatmu.

5. Lunges

https://www.youtube.com/embed/wrwwXE_x-pQ

Latihan ini dapat membantu melatih otot-otot punggung, paha depan dan belakang, otot inti, dan juga dapat membantu membentuk kaki secara bersamaan.

Berdirilah dengan kaki terbuka selebar bahu dan ambil langkah besar ke depan dengan kaki kanan sampai kaki kiri sejajar dengan tanah. Pastikan postur tubuhmu lurus dan dorong dengan kaki kanan ke posisi awal.

Kemudian ulangi hal yang sama dengan kaki kiri. Ambil sepasang dumbel untuk membuatnya lebih menantang.

6. Triceps dips

Tanpa Peralatan Gym, 7 Exercises Ini Dapat Kamu Lakukan di Rumahverywellfit.com

Buat posisi jongkok di depan kursi dengan tangan di ujung kursi dan jaga kaki sedikit menjauh dari kursi. Kemudian jaga keseimbangan pada tangan dan kaki dengan menekuk lutut.

Turunkan tubuh sampai kamu merasakan sedikit peregangan di dada dan bahu, lalu perlahan-lahan kembali ke posisi duduk. Latihan ini akan memperkuat triceps dan otot paha.

7. Plank

https://www.youtube.com/embed/ASdvN_XEl_c

Masuk ke posisi push-up di lantai dengan tubuh lurus dan letakkan berat badan di lengan, bukan telapak tangan. Dorong seluruh batang tubuhmu ke atas dengan tetap lurus dan pastikan pinggul tidak melorot. Tahan posisi selama 30 detik kemudian perlahan turun saat bernapas.

Libatkan otot inti dengan melakukan latihan yang mudah namun efektif ini secara teratur.

Nah itu tadi 7 latihan yang bisa kamu lakukan secara teratur dari rumah tanpa menggunakan peralatan yang rumit. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: Biar Gak Sia-sia, Ini 6 Cara Memilih Olahraga yang Cocok untukmu

Shandy Pradana Photo Verified Writer Shandy Pradana

"Verba volant, scripta manent." Rock n' Roll enthusiast. Cinephile.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You