Comscore Tracker

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!

Kurang diperhatikan, sih...

Untuk urusan kulit, siku dan lutut mungkin bukan jadi prioritas utamamu seperti wajah. Walau begitu, dalam satu waktu tertentu, kamu pasti akan menyadari betapa buruknya kondisi kulit pada bagian siku dan lutut lalu merasa buruk terhadap diri sendiri karena kurang memberikan perhatian.

Pasalnya, warna kulit di dua area tubuh dan persendian engsel besar ini cenderung lebih gelap dibandingkan area tubuh lainnya. Seakan tidak cukup, tidak jarang pula rasa kasar ikut menyertai ketika kamu merabanya, kan? Ini penjelasan selengkapnya dari berbagai sumber dan para ahli!

1. Tumpukan kotoran yang berlangsung lama

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!lionesse.net

Sebelum menduga yang macam-macam, boleh jadi siku dan lututmu menjadi lebih gelap warnanya lantaran memang sedang kotor saja. Bahkan saat mandi pun, dua area ini juga cenderung terabaikan karena memang tidak terlalu terlihat, bukan? Kotoran yang dibiarkan terus menerus ini pun akan menumpuk dan bahkan menembus lapisan sel-sel kulit mati.

2. Penebalan kulit sebagai proteksi

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!katrinagarnes.com

Dibandingkan bagian tubuh lain, siku dan lutut menjadi bagian tubuh yang paling banyak menjadi tumpuan (seperti menopang dagu di atas meja, berlutut dan sebagainya) dan mengalami gesekan (termasuk dengan pakaian). Maka sebagai proteksi dan mengindari risiko lebih buruk, sel-sel kulit mati pun akan tumbuh lebih tebal. Tentu saja, penumpukan sel-sel kulit mati pun akan menjadikan kulit berwarna lebih gelap dan terasa lebih kasar.

3. Hiperpegmentasi akibat paparan sinar matahari

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!ashtonshospitalpharmacy.com

Walau berupa sel-sel kulit mati, bukan berarti lapisan kulit di area siku dan lutut jadi kebal terhadap sinar matahari. Nyatanya, paparan sinar matahari juga tetap diserap oleh bagian ini. Kalau sudah begini, sel-sel kulit mati yang pada dasarnya sudah berwarna lebih gelap akan menjadikan siku dan lututmu jadi makin gelap.

Baca Juga: Kenapa Siku Terasa Tersetrum Saat Terbentur? Apakah Tanda Berbahaya?

4. Area kering yang lebih rawan

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!independent.co.uk

Kalau dirasakan, kamu pasti setuju bahwa siku dan lutut mempunyai tekstur yang lebih kering dibandingkan area lainnya. Nah, kondisi ini justru memperbesar kemungkinan terjadinya inflamasi hingga pengelupasan. Di samping itu, psoriasis (penyakit imun yang menyerang sel kulit tubuh sendiri) juga lebih sering menyerang area ini.

5. Melakukan perawatan kulit secara kontinyu

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!howtousevinevera.com

Kondisi ini bukannya tidak terselamatkan. Seperti perawatan kulit lainnya, kamu juga bisa melakukan eksfoliasi satu atau dua kali seminggu menggunakan scrub favorit.

Walau bagian kulit ini tidak lebih sensitif, tetap gosok dengan gerakan memutar dan lembut. Selain itu, pastikan kamu juga selalu menghidrasinya dengan benar menggunakan pelembap yang tepat.

6. Berkreasi dengan perawatan DIY

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!blog.kettleandfire.com

Selain menggunakan produk-produk yang ada di pasaran, kamu juga bisa mencerahkan dan menghaluskan kulit siku dan lutut menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemui. Seperti contoh, kamu bisa memanfaatkan lidah buaya, perasan jeruk lemon, baking soda, oatmeal dan yogurt yang memang banyak diaplikasikan sebagai bahan produk perawatan kulit.

7. Jangan lewatkan tabir surya!

Kenapa Kulit Siku & Lutut Berwarna Lebih Gelap? Ini 7 Penjelasan Ahli!imfashionable.net

Kendati siku dan lutut secara posisi seolah cukup terlindungi dari paparan sinar matahari, jangan sampai melewatkan baluran tabir surya ya! Terutama bila kamu akan beraktivitas di luar ruangan dalam kondisi langit yang cerah.

Aplikasikan tabir surya dengan SPF secukupnya secara merata ke bagian tubuh yang akan terekspos, termasuk siku dan lutut. Pastikan kamu menggunakannya paling tidak 15 menit sebelum keluar agar kandungannya bekerja dengan maksimal.

Semakin lama dibiarkan, kamu akan semakin mendapati betapa timpangnya warna antara kulit area siku dan lutut dibandingkan area tubuhmu yang lain. Karena itu, yuk, rawat mulai sekarang!

Baca Juga: 5 Macam Cedera Lutut yang Sering Terjadi dan Bentuk Penanganannya 

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya