Comscore Tracker

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmu

Ayo, dicek kembali...

Adalah hal yang wajar bila setiap orang mempunyai aroma tubuh yang unik, seperti ketika dalam keadaan berkeringat. Hanya saja, beberapa orang memiliki aroma yang lebih kuat, tajam, dan kerap menimbulkan kesan kurang baik bagi orang-orang di sekitar.

Umumnya, menjaga kebersihan tubuh adalah kunci utama untuk mengenyahkan diri jauh-jauh dari aroma kurang sedap. Namun, bila masih mencium aroma-aroma 'aneh' dari tubuh seperti berikut meski telah menjaga kebersihan, ada baiknya kamu untuk memeriksakan diri lebih lanjut.

1. Bau urin busuk

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmurd.com

Secara umum, bau yang dihasilkan dari urine tidak perlu dirisaukan sebagai gejala penyakit tertentu. Namun bila bau yang tercium adalah busuk dan menyengat, besar kemungkinan penyebabnya adalah infeksi, diabetes, atau beberapa kondisi kesehatan lainnya.

2. Bau badan yang sangat kuat

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmuscottwebb.me

Beberapa orang dapat memiliki bau badan kurang sedap dan tercium bahkan hingga dari kejauhan. Boleh jadi penyebabnya adalah kelainan genetis seperti trimethylaminuria. Kondisi yang sangat jarang terjadi ini menyebabkan metabolisme toksin tidak terjadi secara normal dan akhirnya menumpuk di dalam tubuh.

3. Luka atau ruam yang berbau

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmuparsleyhealth.com

Beberapa jenis luka dan ruam dapat menimbulkan bau tertentu bila terinfeksi, basah, dan lengket. Satu jenis bakteri yakni pseudomonas mempunyai bau khusus seperti kaus kaki yang basah atau lembap. Yang lebih parah, bau ini bahkan bisa terdeteksi oleh beberapa orang dengan penciuman yang cukup sensitif meski tak mengetahui di mana letak pasti sumbernya.

Baca Juga: Ini 8 Penyebab Bau Badan yang Sering Orang Lupakan, Sadarilah Segera

4. Bau badan seperti urine kucing

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmurd.com

Percaya tak percaya, ada kondisi seperti ini. Faktor penyebabnya adalah kondisi medis 3MCC, yakni kelainan genetis yang menjadikan tubuh kekurangan enzim untuk memecah beberapa jenis protein tertentu. Gejala ini umumnya terjadi pada masa bayi, tetapi juga mungkin terjadi hingga usia dewasa.

5. Vagina berbau amis

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmuunsplash.com/armedshutter

Jelas, ada yang salah bila kamu mengalami ini dan kemungkinan besar disebabkan oleh infeksi atau pertumbuhan bakteri abnormal di vagina. Umumnya, kondisi ini juga disertai beberapa gejala lain seperti keputihan, sensasi gatal, atau seperti panas terbakar.

6. Napas yang manis

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmumomjunction.com

Penderita diabetes mempunyai satu karakter khusus, yakni aroma manis. Aroma khas ini sangat mudah diamati terutama melalui napas.

7. Vagina berbau seperti sampah busuk

7 Aroma Ini Jadi Tanda Ada yang Tidak Normal dari Kondisi Tubuhmuwellandgood.com

Bau ini disebabkan oleh sesuatu yang 'tertinggal' di dalam vagina seperti tampon. Percaya atau tidak, kasus 'tertinggalnya tampon' di dalam vagina selama beberapa waktu adalah hal yang sangat lazim terjadi.

Dalam banyak kasus, pihak yang menyadari adanya aroma yang tak biasa ini justru dari orang lain yang berada di sekitarnya. Untuk itu, pastikan kamu selalu merawat tubuh dengan maksimal sehingga tak perlu sampai 'disadarkan' orang lain. Bila beberapa penanganan telah dilakukan tetapi tak berhasil, segeralah konsultasi ke dokter.

Baca Juga: 9 Kebiasaan 'Normal' Ini Ternyata Jadi Penyebab Bau Badan Tak Sedap

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya