Comscore Tracker

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!

Harusnya sih tidak hanya sekadar basah, ya...

Kamu termasuk orang yang menjaga kebersihan tubuh dengan baik? Hmmm... tapi kamu tentu tahu kan, bahwa menjaga kebersihan tubuh tidak hanya ditentukan dari seberapa sering kamu mandi, menggosok gigi, mencuci tangan, dan sebagainya?

Alih-alih berpatokan pada frekuensi membersihkan tubuh, menilai seberapa bersih kamu justru dari bagaimana caramu melakukannya. Coba, di antara tujuh hal berikut, mana saja yang sudah kamu terapkan menjadi kebiasaan sehari-hari?

1. Tangan

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!indianapublicmedia.org

Tidak perlu dipertanyakan, kamu pasti sering melakukan kebiasaan ini. Namun, sudahkah kamu melakukannya dengan benar?

Setidaknya, cucilah tangan selama 20 detik menggunakan aliran air bersih dan sabun. Adapun bagian yang perlu kamu bersihkan adalah mulai dari punggung tangan, telapak tangan, sela-sela jari, dan bawah kuku.

2. Wajah

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!bestlifeonline.com

Siapa yang tidak menginginkan kulit wajah mulus dan bersih dari sel-sel kulit mati, sih? Karena itu, berbagai produk face scrub pun menjadi semakin banyak bermunculan dan menarik perhatian konsumen untuk mencoba.

Tentu tidak ada yang salah dengan proses eksfoliasi demi mendapatkan kulit yang diinginkan. Namun, jangan sampai kamu menggunakannya secara berlebihan. Alih-alih menggunakannya setiap hari, kamu cukup menggunakan produk ini setidaknya satu atau dua minggu sekali, sementara sehari-hari cukup menggunakan pembersih tanpa scrub.

3. Gigi

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!laboratoryequipment.com

Membersihkan gigi dengan menyikatnya saja tidak cukup. Nyatanya, kamu juga butuh melakukan flossing untuk meminimalisasi berkembangnya asam laktat yang dapat merusak enamel dan menyebabkan lubang pada gigi.

Menurut para ahli, flossing alias membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang juga perlu dilakukan sesering menyikat gigi: dua kali sehari. Tentu saja, teknik yang digunakan juga harus tepat.

Baca Juga: 7 Hal yang Akan Terjadi Jika Sering Tidak Mandi Sore

4. Telinga

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!carismedic.com

Suka membersihkan telinga dengan cotton bud? Kalau ya, pastikan kamu membersihkan dengan benar, ya. Pasalnya, alih-alih membantu mengeluarkan kotoran, penggunaan yang kurang tepat justru dapat menjadikan kotoran semakin terdorong masuk.

Sesungguhnya, kamu tidak perlu repot-repot membersihkan telinga, kok. Bagian dalam telinga dapat membersihkan dirinya sendiri bila memang terdapat kotoran di dalamnya. Sementara untuk membersihkan bagian luar telinga, gunakan saja menggunakan waslap yang telah diberikan sabun dengan lembut.

5. Kulit kepala

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!bustle.com

Serajin apa pun kamu keramas, belum tentu bahwa kulit kepalamu juga bersih secara merata. Yang sering terjadi, selalu ada bagian tertentu dari kukit kepala yang tidak dibersihkan dengan sempurna, terutama pada orang yang berambut tebal.

Cara terbaik untuk membersihkan kulit kepala adalah dengan membagi rambut ke beberapa bagian besar (seperti saat kamu sedang akan potong rambut). Selain itu, gunakan jari-jari untuk memijat lembut kulit kepala sekaligus untuk melancarkan peredaran darah.

6. Kaki

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!crownfootandankle.com

Merasa kakimu bersih setelah mandi karena seluruh sabun yang dibilas juga mengalir ke kaki sebelum jatuh ke lantai kamar mandi? Duh, bukan jaminan, ya!

Selain membersihkan dengan sabun, jangan lupa melakukan scrubbing terutama di bagian tumit dan telapak kaki. Kalau sudah, pastikan kamu juga mengeringkannya dengan sempurna agar jamur tidak tumbuh, ya!

7. Pusar

7 Bagian Tubuh Ini Sering Kamu Abaikan Kebersihannya, Kenali Caranya!medicalnewstoday.com

Seberapa peduli kamu dengan kebersihan lubang pusar? Jangan-jangan kamu justru hanya membersihkannya bila dalam kondisi ingat saja.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Public Library of Science pun menemukan bahwa lubang pusar merupakan bagian tubuh yang paling kotor dan penuh oleh bakteri. Padahal untuk membersihkannya, kamu hanya perlu membersihkannya menggunakan cotton bud  dengan baby oil atau kain halus yang telah direndam air hangat. Tidak susah, kan?

Hayo jujur... mana dari tujuh bagian tubuh ini yang paling sering kamu lewatkan kebersihannya? Ini demi kebaikanmu sendiri lho.

Baca Juga: 7 Waktu Terbaik dan Terburuk untuk Mandi Tiap Hari, Menurut Para Ahli

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya