Comscore Tracker

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamu

Mudah dan murah, kok!

Meski bukan kondisi medis yang mengkhawatirkan, kulit ketiak yang gelap kerap dianggap sebagai isu tubuh tersendiri. Pasalnya, kondisi ini berdampak pada penampilan dan kepercayaan diri.

Penyebabnya pun bermacam-macam, mulai dari kebiasaan mencukur dan mencabut rambut halus di area tersebut, penggunaan deodoran, keringat yang menutup pori-pori, dan lain-lain. Namun tenang saja, mengatasi situasi ini juga bisa dilakukan dengan bermacam-macam bahan pula seperti berikut ini!

1. Kentang

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamuunsplash.com

Mengejutkan, ya? Ternyata, bahan makanan lezat yang satu ini mempunyai kandungan agen pemutih alami yang bisa kamu gunakan untuk mencerahkan kulit ketiak.

Kamu bisa menggosokkan potongan kentang atau mengaplikasikan perasan kentang di area ketiak yang gelap dan membiarkannya selama 15 sampai 20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Lakukan dua kali sehari sampai kamu mendapat hasil yang diinginkan.

2. Soda kue

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamubiggerbolderbaking.com

Bahan kue yang satu ini sudah dikenal manfaatnya dalam mencerahkan kulit, termasuk bagian ketiak. Campurkan eksfoliator satu ini dengan sedikit air sampai membentuk pasta kental. Gosok kulit ketiak dengan campuran baking soda dan air ini selama sekitar sepuluh menit, lalu bilas. Untuk hasil terbaik, lakukan kegiatan ini dua kali sehari.

3. Cuka apel

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamujillcarnahan.com

Asam amino yang terkandung di dalam cuka apel dapat membantu mengangkat sel kulit mati yang kerap jadi penyebab kulit ketiak hitam. Campurkan cuka ini dengan soda kue alias baking soda sampai membentuk gelembung.

Setelah itu, aplikasikan campuran tersebut pada kulit ketiak, lalu gosok dengan lembut dan biarkan hingga kering. Terakhir, bersihkan dengan air.

4. Minyak kelapa

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamuheraldnet.com

Kandungan vitamin E pada minyak kelapa adalah salah satu agen pemutih kulit alami terbaik yang dapat kamu temui. Pijat dengan lembut bagian ketiak dengan minyak kelapa dan biarkan selama sekitar lima belas menit hingga meresap. Untuk membersihkannya, gunakan air hangat.

5. Lemon

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamumusely.com

Lemon mempunyai kandungan antibakteri dan agen pemutih alami yang membantu proses eksfoliasi serta melawan penyebab bau badan. Cukup lengkap, kan?

Guna memperoleh benefit ini, kamu cukup menggosokkan potongan lemon pada kulit ketiak selama sekitar 15 sampai 20 menit sebelum mandi. Bila ingin hasil lebih cepat, lakukan cara ini dua kali sehari.

6. Mentimun

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamumedicalnewstoday.com

Selain untuk memutihkan, mentimun juga memberikan manfaat menyegarkan kulit. Kamu cukup menyaring jus mentimun dan mengaplikasikannya di area ketiak menggunakan kapas. Ulangi proses ini sampai kamu mendapat hasil yang diharapkan.

Baca Juga: Kulit Ketiak Sering Gatal & Menghitam? Ini Dia 7 Penyebab Utamanya!

7. Kulit jeruk

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamurd.com

Keringkan kulit jeruk yang telah dikupas dari dagingnya di bawah sinar matahari. Setelah itu, tumbuk atau giling bahan ini hingga berbentuk bubuk dan campurkan dengan susu atau air mawar hingga membentuk pasta kental.

Gosokkan bahan ini di kulit ketiak dan biarkan selama 10 hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin. Ulangi sebanyak tiga kali seminggu.

8. Susu

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamuthedailymeal.com

Susu diyakini sebagai agen pemutih yang hebat karena kandungan asam lemak dan vitaminnya yang melimpah. Tuangkan sedikit susu dalam mangkuk, tambahkan madu dengan jumlah yang sama berikut beberapa gram tepung hingga terbentuk pasta kental. Aplikasikan pada ketiak selama beberapa saat hingga mengering, lalu bilas dengan air dingin.

9. Minyak zaitun

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamumedicalnewstoday.com

Satukan sedikit minyak zaitun dan gula merah dalam sebuah mangkuk. Aplikasikan campuran ini kulit ketiak, gosok dengan lembut sekitar 5 menit, lalu biarkan mengering hingga 10 menit. Bersihkan dengan air hangat suam-suam kuku untuk membantu eksfoliasi serta mencerahkan kulit dengan cepat.

10. Lidah buaya

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamurd.com

Tanaman herbal ini semakin populer untuk kebutuhan medis maupun perawatan kulit, termasuk dalam mencerahkan ketiak. Aplikasikan gel lidah buaya pada area ketiak yang hitam, lalu biarkan selama sekitar 10 menit. Bilas dengan air dingin. Jika ingin hasil lebih baik, kamu juga bisa menambahkan gel lidah buaya dengan pepaya atau jus lemon.

11. Kayu cendana

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamuhysses.com

Campuran bubuk kayu cendana asli dan air mawar akan membentuk pasta. Aplikasikan perpaduan dua bahan ini pada kulit ketiak selama 10 hingga 15 menit, lalu bersihkan dan keringkan. Oh ya, selain mencerahkan dan memberikan sensasi dingin pada kulit, campuran bahan ini juga dapat membantu mengontrol bau badan.

12. Kunyit

Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamuvnmedbook.com

Gunakan bubuk kunyit dan susu serta sedikit tambahan madu untuk menghasilkan pasta kental. Bila pasta sudah terbentuk, aplikasikan pada area kulit yang diinginkan dan biarkan selama sekitar 15 menit. Bersihkan dengan air.

Nah, itulah beberapa bahan yang dapat kamu gunakan untuk mencerahkan kulit ketiak. Selain biaya yang murah dan dapat diperoleh dengan mudah, pengaplikasian bahan-bahan ini pun tidaklah susah, kan? Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Ini Perlu Kamu Tahu, Jangan Sembarangan!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You