Comscore Tracker

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitar

Kalau bisa dicegah, kenapa tunggu malu?

Selain bau badan, bau kaki juga jadi salah satu isu tersendiri bagi sebagian orang. Ada yang tidak sadar dan menganggap biasa saja sampai akhirnya diingatkan oleh sekitarnya, ada yang sadar tapi tidak tahu harus berbuat apa untuk mengatasinya.

Jangan khawatir, kaki dan sepatu bau bisa banget dicegah. Agar tak keburu malu, yuk hindari dengan cara mudah ini!

1. Cuci sepatu dan insole

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarflecksonline.com

Alih-alih merendam dalam larutan deterjen, kamu bisa membersihkan sepatu dengan cara lebih sederhana. Menggunakan dengan tangan dan air dingin saja cukup untuk membuat sepatu kembali bersih.  Kamu pun juga bisa menggunakan disinfektan untuk hasil yang lebih optimal.

2. Mengangin-anginkan di sela-sela penggunaan

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarunsplash.com/andrewtanglao

Setelah menggunakan, simpanlah di tempat yang sejuk dan mengangin-anginkannya. Lepas bagian insole, bersihkan pula dari sisa-sisa keringat maupun kotoran menggunakan tisu. Pasalnya, membiarkan sepatu dalam keadaan lembap hanya akan menjadi rumah idaman mikroba penyebab bau.

3. Menggunakan kaus kaki

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarwellandgood.com

Untuk hasil terbaik, pilih bahan kaus kaki dengan wicking materials. Alih-alih menyerap keringat seperti katun, bahan ini justru menyimpan keringat di permukaan serat dan bergerak di sekitar bahan sehingga mempermudah proses evaporasi.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini 7 Langkah Hindari Bau Kaki Agar Kamu Tidak Dikucilkan

4. Memanfaatkan bedak kaki

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarunsplash.com/frankvex

Bedak untuk kaki diformulasikan untuk menyerap kelembapan dan biasanya dilengkapi dengan aroma serta deodoran untuk menyamarkan bau. Kamu bisa menggunakan produk ini sebelum dan sesudah menggunakan sepatu untuk menjaga kaki tetap kering sehingga menghalangi pertumbuhan bakteri.

5. Menggunakan antiperspirant

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarthriftymommastips.com

Hal ini juga dilakukan oleh atlet maraton untuk mencegah terjadinya pelepuhan. Antiperspirant memiliki fungsi untuk mengontrol produksi keringat sehingga sangat membantu untuk meminimalkan terjadinya bau akibat kontak dengan bakteri. Sebelum mengaplikasikannya secara menyeluruh, kamu bisa mencoba lebih dulu di salah satu jari untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang mengganggu.

6. Menggunakan deodoran

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarakesosocks.com.au

Selain antiperspirant, kamu juga bisa menggunakan deodoran untuk kaki, lho. Deodoran sendiri berfungsi untuk menyamarkan aroma alami. Beberapa produk juga telah mengombinasikan antara kandungan deodoran dan antiperspirant, sehingga kamu bisa mendapatkan dua manfaat sekaligus lebih praktis.

7. Menyimpannya di tempat yang sejuk dan dingin

Cegah Kaki dan Sepatu Bau dengan 7 Cara Ini Sebelum Mengganggu Sekitarnymag.com

Suhu rendah juga dapat mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur. Secara berkala, letakkan sepatu di tempat yang sejuk dan dingin. Kamu bahkan juga bisa menyimpannya di tempat dengan suhu sangat rendah, tetapi hal ini berisiko terhadap keawetan lem pada sepatu.

Pada dasarnya, meminimalkan terjadinya bau pada kaki dipengaruhi oleh kondisi kakimu sendiri dan sepatu yang dikenakan. Karena itu, pastikan kamu merawat keduanya dengan baik, ya!

Baca Juga: 7 Fakta Penting Memakai Kaos Kaki, Efektif untuk Mencegah Bau Kaki!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You