Comscore Tracker

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksa

Turunin berat badan jadi lebih mudah, deh!

Makanan manis memang sulit ditolak, ya. Namun, kamu tentu tahu betapa buruknya terlalu banyak mengonsumsi makanan manis (apalagi dengan gula tambahan) bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan. 

Namun, kamu bisa kok lepas dari adiksi yang satu ini dengan cara yang gak ekstrem. Asal konsisten dan sabar, badan bisa jadi lebih sehat dan menurunkan berat badan gak hanya sekadar wacana!

1. Jangan langsung mengurangi dengan drastis

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/@taypaige

Tiphani Seibert-Martinez dari Minnesota Center for Obesity, Metabolism, and Endocrinology menyarankan untuk tidak langsung menghindari secara drastis. Sebaliknya, kamu bisa dengan mengurangi sedikit demi sedikit, sehingga pada akhirnya akan melatih indra pengecap. 

2. Perbanyak minum air mineral

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/@candice_picard

Menurut Adina Niemerow, penulis buku Super Cleanse sekaligus ahli gizi, rasa ngidam terus-terusan terhadap makanan manis merupakan salah satu gejala dari dehidrasi. Maka dari itu, cobalah untuk lebih banyak minum air mineral. Bila kamu sedang ngidam makanan manis pun, awali dengan minum air mineral terlebih dahulu dan tunggu hingga beberapa menit kemudian.

3. Bersantai atau tidur

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/@ankipotpot

Saat lelah atau stres, tubuh akan membutuhkan lebih banyak energi dan umumnya dalam bentuk gula. Karena itulah Niemerow juga menyarankanmu untuk tidur selama delapan jam setiap malam. Selain itu, pastikan kamu melatih pula diri sendiri soal manajemen stres.

Baca Juga: 9 Cara Mengurangi Kecanduan Gadget, Ikuti Tahapnya agar Bisa Produktif

4. Perbanyak makan protein

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/@vaish_nav

Makanan dengan kandungan protein tinggi dicerna dengan lebih lama sehingga membuatmu kenyang lebih lama. Gula darah juga tidak akan naik dengan signifikan seperti bila kamu makan nasi putih atau berbagai sumber gula dan karbohidrat lainnya. Di samping itu, akan lebih baik bila kamu juga menambahkan sayuran yang kaya serat.

5. Mengurangi asupan kafein

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/nate_dumlao

Buatmu penggemar kafein, cobalah untuk mulai mengurangi konsumsi bahan yang satu ini, ya. Setidaknya, kamu cukup mengonsumsi satu gelas kopi saja setiap hari. Atau sebagai alternatif lainnya, kamu bisa mengganti produk favorit dengan teh hijau Jepang yang kaya kandungan baik.

6. Bergerak aktif

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/peterconlan

Saat kamu mengurangi asupan gula, tubuh secara otomatis akan menginginkan sumber energi yang baru. Percaya atau tidak, olahraga dapat memenuhinya. Aktivitas fisik membantu menyeimbangkan kadar gua darah, mengurangi tekanan darah, dan meningkatkan energimu. Setidaknya, cobalah untuk mulai aktif bergerak selama sekitar sepuluh menit per hari sebagai permulaan dan meningkatkannya secara bertahap.

7. Pelajari nama-nama gula

7 Cara Paling Mudah Mengurangi Kecanduan Makanan Manis, Tanpa Tersiksaunsplash.com/farber

Dalam beberapa produk, kandungan gula tidak selalu disebutkan dengan segamblang itu. Kemungkinan besar kamu akan menemuinya dalam istilah lain seperti laktosa, sirup malt, dekstrosa, dan lain-lain. Yang lebih buruk, kamu juga akan menemukan gula dalam produk roti, saus, kopi dengan perasa, dan banyak lainnya. Untuk itu, pastikan kamu selalu membaca label produk dengan jeli.

Nah, tidak ada yang ekstrem, kan? Yuk, mulai ubah gaya hidup jadi lebih sehat dengan cara ini!

Baca Juga: 7 Cara Mengobati Kecanduan Narkoba sampai Sembuh Total, Menurut Ahli

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You