Comscore Tracker

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!

Yuk, semakin mengenali tubuhmu sendiri

Kalau bicara soal ketiak, hal yang paling sering dibahas biasanya adalah seputar aroma, cara untuk memutihkan, dan bulu-bulu halus yang tumbuh di sana. Padahal, ada banyak fakta menarik yang perlu kamu tahu soal bagian tubuh yang satu ini.

Ketiak adalah bagian tubuh yang unik dan bahkan bisa menjadi daya tarik tersendiri darimu. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fakta menarik ketiak yang perlu kamu ketahui!

1. Penuh simpul kelenjar getah bening

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!health.com

Dalam sebuah lubang kecil di setiap sisi ketiak, terdapat sekitar 20 simpul kelenjar getah bening meski kamu tak akan dapat merasakannya kecuali dalam keadaan bengkak. Kelenjar ini berperan sangat penting sebagai sistem imun untuk menyaring racun dan melawan infeksi. 

2. Kelenjar getah bening dapat mengindikasikan kanker payudara

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!unsplash.com/freestocks

Seringnya, kelenjar getah bening di area ketiak yang bengkak merupakan indikasi virus flu yang sedang menyerang tubuh. Namun, hal tersebut juga dapat menjadi gejala awal kanker payudara. Selain di area ini, pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar tulang selangka juga merupakan indikasi kanker payudara.

3. Memproduksi keringat yang berbeda dari bagian tubuh lainnya

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!vnmnaturals.com

Ada dua kelenjar keringat di dalam tubuh, yakni kelenjar ekrin dan apokrin. Kelenjar ekrin tersebar di sebagian besar permukaan tubuh. Sementara itu, kelenjar apokrin berada di ketiak dan sekitar area kemaluan serta selalu ditumbuhi dengan rambut-rambut halus yang lebih lebat dibandingkan permukaan tubuh lainnya.

4. Penuh dengan bakteri

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!unsplash.com/angello_pro

Pada dasarnya, kulitmu merupakan rumah bagi berbagai macam bakteri dengan beberapa di antaranya cukup bermanfaat (disebut juga microbiome). Jenis bakteri ini pun sangat bervariasi tergantung dari lingkungannya. Adapun sebuah studi menunjukkan bahwa pada ketiak, jenis bakteri dominan yang ditemukan adalah Betaproteobacteria, Corynebacterium, dan Staphylococcus dan dapat berbeda antara satu orang dengan orang lainnya.

Baca Juga: 7 Bahaya Mencabut Bulu Ketiak Ini Perlu Kamu Tahu, Jangan Sembarangan!

5. Aroma ketiak wanita seperti bawang dan laki-laki seperti keju

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!twitter.com/gqindia

Peneliti dari Firmenich, Geneva, melakukan studi untuk membuat produk deodoran yang lebih baik bagi konsumen. Dalam studi yang dipublikasikan di Chemical Sense, ditemukan bahwa keringat wanita memiliki kandungan sulfur tak berbau, yang menghasilkan aroma seperti bawang saat bercampur dengan keringat. Sementara itu, keringat laki-laki memiliki kandungan asam lemak yang lebih tinggi, sehingga menghasilkan aroma seperti keju saat kontak dengan bakteri.

6. Beberapa orang melakukan botoks untuk ketiak

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!unsplash.com/argiryou

Hiperhidrosis (keringat berlebihan) dapat menjadi hal yang sangat mengesalkan bagi mereka yang mengalami. Menurut dr. Sonam Yadav dari India, kondisi ini dapat di atas dengan botoks. Tindakan ini bekerja dengan cara mengontrol sinergi antara neuromuskuler dan kelenjar keringat.

7. Ketiak anak-anak cenderung tidak berbau

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!parenting.firstcry.com

Meski berkeringat banyak sekalipun, anak-anak cenderung tidak mengalami kondisi 'bau ketek' karena faktor adrenarche. Adrenarche merupakan istilah untuk fase saat anak-anak mulai mengalami tanda-tanda kematangan secara seksual yang diakibatkan oleh peningkatan produksi hormon tertentu.

8. Ilmuwan tengah mencoba membuat deodoran yang dapat membasmi beberapa bakteri

Sudah Tahu 8 Fakta Soal Ketiak Ini? Bau Pria dan Wanita Ternyata Beda!unsplash.com/veeterzy

Pada dasarnya, hal yang menyebabkan bau adalah bakteri, bukan keringat. Ilmuwan pun tengah mencoba menemukan deodoran yang dapat mematikan beberapa bakteri penyebab bau. Pasalnya, produk yang ada sekarang justru membunuh seluruh jenis bakteri, termasuk yang berfungsi untuk melindungimu melawan infeksi jamur.

Nah, dari delapan fakta ini, mana yang baru buatmu? Share pendapatmu di kolom komentar ya!

Baca Juga: Coba deh, Ini 12 Bahan Alami yang Bisa Mencerahkan Kulit Ketiak Kamu

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya