Comscore Tracker

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orang

Gak hanya karena kemasukan debu atau alergi lho!

Setiap orang pasti pernah berkali-kali bersin sepanjang hidupnya. Hal ini sangat wajar terjadi, mengingat pada dasarnya bersin adalah cara tubuh untuk menghilangkan iritasi dari hidung maupun tenggorokan.

Selama ini, kamu juga pasti mengira bersin disebabkan oleh adanya kotoran yang masuk ke dalam hidung seperti debu, bukan? Namun, tahukah kamu bahwa ternyata 8 hal berikut ini juga bisa membuatmu bersin?

1. Menatap matahari atau sumber cahaya yang terang

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangmedium.com

Meski terdengar sangat aneh, nyatanya 10 sampai 35 persen populasi manusia di dunia mengalami kondisi yang disebut photic sneeze reflex atau sindrom ACHOO (Autosomal Dominant Compelling Helio-Ophthalmic Outburst) ini. ACHOO biasanya kondisi yang didapat secara genetik dan terjadi ketika cahaya matahari atau sumber lainnya terlalu menstimulasi saraf optik. Saraf trigeminus, yang berada di samping saraf optik dan mengontrol bersin, pun akan terpicu sehingga kamu akhirnya menjadi bersin.

2. Memikirkan atau sedang bercinta

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangmedicalnewstoday.com

Nama ilmiah untuk bersin yang disebabkan oleh pikiran maupun orgasme secara fisik adalah honeymoon rhinitis. Fenomena ini memang belum memiliki penjelasan yang tepat maupun valid, tetapi peneliti percaya bahwa saat kamu sedang mengalami emosi yang intens, sistem parasimpatis terpicu untuk membuatmu bersin. Hmmm...

3. Mengonsumsi dark chocolate

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangindependent.co.uk

Siapa sangka dark chocolate yang lezat ternyata juga dapat mengaktifkan photic sneeze reflex seperti yang dialami ketika melihat cahaya matahari? Kondisi ini juga umumnya disebabkan oleh faktor genetik. Menurut studi, risiko ini biasanya muncul bila kandungan dark chocolate telah mencapai setidaknya 70 persen kakao dalam sajian yang dikonsumsi, baik makanan maupun minuman.

4. Mencabut alis

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangrichardmagazine.com

Opthalmic branch dari saraf trigeminus berada di sekitar mata dan dahi, termasuki alis dan kelopak mata. Adapun fungsi dari saraf ini adalah mengirimkan sensasi dari kulit di area wajah, mulai dari anterior kepala hingga mulut dan gigi ke otak. Akibatnya, ketika kamu mencabut alis pun, saraf tersebut akan terstimulasi dan menyebabkan bersin sebagai salah satu efek sampingnya.

Baca Juga: 9 Penyebab Bahu Terasa Sakit, Apalagi jika Cukup Sering Kamu Rasakan

5. Meminum anggur merah

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangenzolifesciences.com

Beberapa orang, terutama keturunan Asia, mempunyai reaksi seperti alergi terhadap histamine yang terkandung di dalam anggur merah. Begitu kandungan histamine pada anggur merah tersebut masuk ke dalam tubuh, sistem imun secara otomatis akan berusaha mendorongnya keluar melalui saluran pernapasan. Selain bersin, kamu juga mungkin akan mata yang gatal dan berair hingga hidung yang jadi berlendir.

6. Mandi air hangat

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangtheprettypimple.com

Biasanya, bersin ketika mandi air hangat juga ditandai dengan kulit yang memerah atau terasa gatal. Kondisi ini merupakan salah satu bentuk alergi atau reaksi tubuh akibat kenaikan suhu tubuh yang terjadi secara tiba-tiba.

7. Bernapas di udara dingin

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangrd.com

Saat udara dingin, yang lebih sering terbesit dalam pikiranmu adalah bahwa flu yang menjadi penyebabmu bersin. Kenyataannya, faktor yang membuatmu bersin sebenarnya adalah udara dingin itu sendiri. Sama seperti beberapa kondisi sebelumnya, hal ini disebabkan oleh saraf trigeminus yang terpicu.

8. Mengalami emosi yang kuat

8 Penyebab Bersin Paling Aneh yang Ternyata Dialami oleh Banyak Orangtexastravesty.com

Takut, frustrasi, sedih, bersemangat, atau jenis emosi kuat lainnya juga dapat menjadi alasan 'aneh' lain yang membuatmu bersin. Saat sedang takut, membran pernapasan akan mengerut, sedangkan emosi intens lainnya membuat membran pernapasan justru membengkak. Nah, perubahan membran pernapasan inilah yang menyebabkan terjadinya bersin.

Hayo, mana yang mengejutkanmu? Bisa jadi kamu pernah mengalami salah satu di antaranya, tapi kamu berpikir bahwa itu debu masuk.

Baca Juga: 8 Penyebab Nafsu Makan Hilang Tiba-tiba, Kamu Harus Waspadai Betul Ya!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You