Comscore Tracker

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!

Walau lazim terjadi, jangan dianggap enteng...

Mulut dan bibir kering membuatmu pasti membuatmu jadi kurang nyaman melakukan beberapa hal dasar seperti bernapas, berbicara, dan menelan. Selain itu, tentu saja, kondisi ini juga kerap mengurangi rasa percaya diri.

Sepintas hal ini terlihat tidak terlalu mengkhawatirkan dan sangat lazim terjadi. Namun, ada kalanya mulut dan bibir yang kering ternyata merupakan gejala isu kesehatan yang lebih besar dan butuh untuk segera ditangani.

Lantas, apa saja ya penyebab mulut dan bibir kering paling umum? Berikut ini beberapa di antaranya!

1. Dehidrasi

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!helloflo.com

Penyebab paling umum mulut dan bibir kering adalah kurangnya cairan tubuh alias dehidrasi. Setiap orang mempunyai kebutuhan yang berbeda terhadap asupan air mineralnya meski rerata jumlah harian yang dibutuhkan adalah 1,5 hingga 2 liter. Selain kulit menjadi kering, dehidrasi juga biasanya disertai dengan rasa lemas dan pusing.

2. Merokok

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!publichealthmatters.blog.gov.uk

Di samping berbagai efek negatif lain, merokok dapat menurunkan produksi saliva yang menyebabkan mulut kering. Bila kamu sulit untuk lepas dari kebiasaan ini, cobalah untuk meminta bantuan dari pihak profesional. 

3. Tidur dengan mulut terbuka

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!independent.co.uk

Tidur dengan mulut terbuka tidak saja menghasilkan suara mendengkur yang kerap mengganggu, tetapi juga akan menjadikan mulutmu begitu kering saat terbangun. Bila mengalami kondisi ini terus menerus, boleh jadi kamu mengalami sleep apnea. Periksakanlah diri ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

4. Sinus

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!rd.com

Penyakit ini membuatmu susah bernapas melalui hidung, sehingga opsi yang memungkinkan adalah bernapas melalui mulut. Efeknya, tentu saja, mulut akan jadi lebih cepat kering. FYI, gangguan pernapasan ini juga memicumu untuk tidur mendengkur sehingga dua penyebab ganda ini membuat area bibir dan mulutmu jadi kian kering

Baca Juga: Selamat Hari Dokter Gigi! Kenali 19 Fakta Unik Soal Kesehatan Mulut

5. Infeksi atau virus

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!medicalnewstoday.com

Walau HIV/AIDS merupakan salah satu kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan mulut kering, faktor penyebab ini tidaklah terlalu umum. Ada banyak jenis infeksi atau virus lainnya yang dapat membuat mulut dan bibirmu kering dengan risiko tak sebesar HIV/AIDS.

6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!rd.com

Beberapa jenis obat seperti antihistamine, dan ADD dapat menyebabkan mulut dan bibir kering. Hal ini disebabkan oleh efek pengerutan pembuluh darah dari obat-obatan tersebut. Adapun beberapa jenis obat lain yang dapat memberikan efek samping serupa adalah obat untuk gangguan kecemasan dan depresi serta pereda nyeri.

7. Penyakit autoimun

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!drbeckycampbell.com

Penyakit autoimun biasanya disertai gejala mata dan mulut kering karena tubuh menyerang kelenjar yang memproduksi air mata dan saliva. Dokter biasanya akan menyarankan untuk mengunyah permen karet bebas gula, mengonsumsi tablet hisap, atau obat tertentu untuk meningkatkan produksi saliva.

8. Kekurangan vitamin B

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas loh!betternutrition.com

Selain membantu mengontrol metabolisme dan menyediakan tenaga, vitamin B juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Bila bibir dan kulitmu menjadi lebih kering dari biasanya tanpa ada perubahan apa pun dalam pola hidupmu, cobalah mengonsumsi lebih banyak vitamin B seperti yang ada pada telur, daging merah, gandum utuh, dan sayuran hijau.

Mulut dan bibir yang kering adalah hal yang sangat lazim terjadi dan dapat dialami siapa saja. Namun, bila kondisi ini berlangsung terus menerus, artinya ada kondisi kesehatan lebih serius yang perlu diperhatikan. Jangan ragu untuk segera konsultasi ke dokter, ya!

Baca Juga: 7 Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa, Ini Penjelasan Medis di Baliknya!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You