Comscore Tracker

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!

Walau lazim, tapi jangan dianggap enteng...

Mulut dan bibir kering tentu bikin kita tak nyaman dalam melakukan beberapa aktivitas dasar seperti bernapas, bicara, dan menelan. Selain itu, kondisi ini juga bisa mengurangi rasa percaya diri.

Sepintas keluhan bibir kering atau mulut kering tidak tampak mengkhawatirkan dan umum terjadi. Akan tetapi, ada kalanya kondisi ini bisa menandakan adanya masalah atau penyakit tertentu, yang butuh penanganan medis.

Apa saja kondisi yang bisa jadi penyebab gejala mulut dan/atau bibir kering? Berikut ini beberapa di antaranya.

1. Dehidrasi

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi dehidrasi (helloflo.com)

Dilansir NHS Inform, mulut kering dapat muncul ketika ketika kelenjar ludah di mulut tidak menghasilkan cukup air liur. Ini sering kali merupakan akibat dari dehidrasi, yang berarti kamu tak punya cukup cairan dalam tubuh untuk menghasilkan air liur yang dibutuhkan. 

Bibir pecah-pecah biasanya merupakan gejala ringan yang terjadi akibat faktor lingkungan, kebiasaan seperti menjilat bibir, atau kondisi seperti dehidrasi ringan dan flu.

2. Merokok

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi asap rokok (pixabay.com/maxknoxvill)

Dilansir Medical News Today, asap tembakau dapat mengiritasi kulit sensitif di sekitar bibir, menyebabkannya mengering dan menjadi lebih mudah pecah-pecah. Kebiasaan buruk ini juga dapat menyebabkan masalah lain pada mulut, seperti seriawan dan nyeri gusi.

Kamu mungkin akan mendapati bibir pecah-pecah akan hilang segera setelah berhenti merokok saat kulit perlahan pulih.

Sebetulnya rokok tidak menyebabkan mulut kering. Akan tetapi, merokok, baik dengan cerutu, pipa, atau produk tembakau lainnya, bahkan yang tanpa asap, dapat memperburuk mulut kering, mengutip WebMD.

Baca Juga: Penyebab Kulit Kering, 7 Hal Ini Ternyata Bisa Pengaruhi Kelembapannya

3. Sleep apnea

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi orang dengan sleep apnea (independent.co.uk)

Tidur dengan mulut terbuka tidak saja menghasilkan suara mendengkur yang kerap mengganggu, tetapi juga akan menyebabkan mulut kering saat bangun.

Mulut kering, atau istilah medisnya xerostomia, kadang diasosiasikan dengan kondisi sleep apnea. Satu penelitian dalam Journal of Sleep Research tahun 2006 menunjukkan lebih dari 30 persen orang dengan sleep apnea obstruktif (OSA) mengalami mulut kering pada pagi hari dibanding 3 persen pada kelompok kontrol. Meski demikian, OSA mungkin bukan penyebab langsung mulut kering, karena kondisi tersebut memaksa pasiennya bernapas lewat mulut.

Dilansir Snoring HQ, bibir atau mulut kering pada orang dengan sleep apnea disebabkan oleh efek dehidrasi dari pergerakan udara yang terus-menerus melalui mulut. Daripada mengandalkan lip balm, sebaiknya atasi kondisi sleep apnea yang dialami dengan bantuan dokter dan lihat apakah kekeringan pada mulut dan bibir membaik setelahnya. 

4. Masalah dengan sinus

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi orang dengan masalah pada sinus (rd.com)

Dilansir Sinus Relief Center, mulut kering bisa disebabkan karena masalah pada sinus. 

Fungsi umum sinus adalah untuk dapat membersihkan, melembapkan, dan memanaskan udara yang masuk ke dalam tubuh. Bila ini terganggu, cara lain untuk memasukkan oksigen adalah melalui mulut.

Seperti yang disinggung sebelumnya, bernapas melalui mulut bisa menyebabkan gangguan tidur, kantuk, dehidrasi, mulut dan bibir kering, serta rasa tak nyaman di tenggorokan.

Ketika sinus tersumbat, penyebabnya bisa karena alergi, pilek, flu, atau sinusitis. Untuk memastikan penyebab masalah pada sinus, pemeriksaan oleh dokter sangat diperlukan sehingga bisa mendapat penanganan yang tepat.

5. Infeksi atau virus

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi tidak enak badan (medicalnewstoday.com)

Walau HIV/AIDS merupakan salah satu kondisi kesehatan yang dapat menyebabkan mulut kering, faktor penyebab ini tidak terlalu umum. Ada banyak jenis infeksi atau virus lainnya yang dapat membuat mulut dan bibirmu kering dengan risiko tak sebesar HIV/AIDS.

6. Mengonsumsi obat-obatan tertentu

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi obat-obatan (pexels.com/Pixabay)

Ternyata ada banyak obat resep dokter dan obat yang dijual bebas yang dapat menyebabkan mulut kering sebagai efek samping, termasuk antihistamin, dekongestan, obat hipertensi, antidiare, pelemas atau relaksan otot, obat kontinensia urine, beberapa obat untuk penyakit Parkinson, dan sejumlah antidepresan.

7. Penyakit autoimun

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi pasien sindrom Sjogren (drbeckycampbell.com)

Mulut kering juga bisa terjadi akibat penyakit autoimun, seperti sindrom Sjogren. 

Dilansir MedlinePlus, sindrom Sjogren menyerang kelenjar yang memproduksi air mata dan ludah, yang akhirnya menyebabkan mata kering dan mulut kering.

Pasiennya juga dapat mengalami kekeringan di bagian tubuh lainnya yang butuh kelembapan, seperti hidung, tenggorokan, dan kulit. Penyakit ini juga bisa memengaruhi sendi, paru-paru, ginjal, pembuluh darah, organ pencernaan, dan saraf.

8. Kekurangan vitamin B

7 Penyebab Utama Mulut dan Bibir Kering, Awas Jangan Dikelupas!ilustrasi bibir kering (womenshealthmag.com)

Selain membantu mengontrol metabolisme dan menyediakan tenaga, vitamin B juga berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku.

Bila bibir dan kulitmu menjadi lebih kering dari biasanya tanpa ada perubahan apa pun dalam pola hidupmu, cobalah mengonsumsi lebih banyak vitamin B, misalnya lewat makanan seperti telur, daging merah, gandum utuh, dan sayuran hijau.

Demikianlah beberapa penyebab mulut dan/atau bibir kering, yang mana ini umum dialami. Namun, bila kamu mengalaminya terus-menerus, bisa jadi itu adalah gejala kondisi medis yang lebih serius. Jangan ragu untuk memeriksakan diri ke dokter, ya!

Baca Juga: 6 Fakta Medis Bau Mulut, Bisa Berbahaya jika Dibiarkan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya