Comscore Tracker

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannya

Hanya untuk sesekali, ya!

Tidur yang cukup merupakan hal penting yang sangat dibutuhkan oleh tubuh demi menjaga kesehatan fisik maupun mental. Walau begitu, selalu ada waktu yang membuatmu terpaksa harus begadang entah untuk belajar, tugas studi, kerjaan, atau hal-hal mendesak lainnya.

Kalau kamu sedang dalam kondisi ini, berikut adalah tips yang bisa dilakukan agar maksimal melakukan aktivitas yang membuatmu harus begadang. Namun ingat, jangan sampai jadi kebiasaan, ya!

1. Mengonsumsi kafein

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyaelitereaders.com

Kafein merupakan stimulan yang dapat membuatmu jadi lebih waspada dan fokus secara mental. Kamu dapat mengonsumsi kafein secukupnya yang ada pada kopi, teh, atau soda. Hindari memperoleh asupan stimulan ini dari minuman berenergi, tablet kafein, atau bahkan mencampurnya dengan alkohol.

2. Menekuri layar perangkat elektronik

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyadigitaltrends.com

Layar dari perangkat elektronik seperti televisi, laptop, tablet, dan ponsel mengemisikan cahaya biru yang dapat membuat orang jadi susah tidur. Karena itu dalam situasi normal, seseorang sebaiknya berhenti menekuri layar tersebut dua jam sebelum tidur. Namun, dalam kondisi yang berbeda, kamu dapat menggunakan metode ini untuk membuatmu terjaga.

3. Mandi air dingin

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyamedium.com

Mandi air dingin akan membuatmu lebih segar, melek, dan berenergi. Karena itu, untuk memulai aktivitas di pagi hari, mandi air dingin pun lebih disarankan. Pasalnya, mandi air panas justru akan membuatmu lebih relaks dan cepat tidur.

Baca Juga: 10 Alasan Ilmiah Kenapa Orang Bisa Ngiler Waktu Tidur, Apa Kamu Juga?

4. Memanfaatkan cahaya terang

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyaopencolleges.edu.au

Cahaya remang atau redup akan membuatmu lebih mudah untuk tertidur (itu juga sebabnya di kamar hotel biasanya pencahayaan dibuat seperti ini). Sebaliknya, cahaya yang terang akan membuatmu lebih awas dan terjaga. Bila perlu, kamu dapat menggunakan cahaya tambahan seperti lampu belajar untuk membantumu saat begadang.

5. Melakukan aktivitas fisik

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyanerdsleep.com

Menurut National Institue in Aging, melakukan olahraga dalam kurun waktu 3 jam sebelum  waktu tidur sebaiknya dihindari, karena akan membuatmu jadi susah untuk tidur. Bila justru membutuhkan kondisi sebaliknya, kamu tentu tahu apa yang harus dilakukan, bukan? Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas fisik ringan di sela-sela aktivitas begadang, seperti: peregangan, jalan-jalan, dan sebagainya untuk kembali meningkatkan energi.

6. Tidur siang

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyaindependent.co.uk

Sebuah ulasan sistematis di tahun 2014 menyimpulkan bahwa tidur siang dapat menurunkan rasa kantuk pada orang-orang yang bekerja shift malam. Namun, para penulis masih membutuhkan studi lanjutan untuk menentukan durasi dan waktu terbaiknya. Walau begitu, tidak ada salahnya dicoba, bukan?

7. Melakukan persiapan

7 Tips Begadang yang Sehat, Coba jika Kamu Terpaksa Harus Melakukannyagoconqr.com

Kamu tentu tahu dan merencanakan untuk begadang, bukan? Untuk mempersiapkannya, kamu dapat melakukan penyesuaian terhadap aktivitas tersebut sesuai dengan kebiasaan sehari-hari.

Idealnya, orang dewasa membutuhkan waktu sekitar 7 hingga 8 jam untuk tidur setiap harinya. Bila begadang terlalu sering, tubuhmu pun akan memberontak dan terancam berbagai risiko kesehatan jangka panjang.

Baca Juga: Seberapa Lama Manusia Bisa Bertahan Tanpa Tidur? Ini 7 Fakta Medisnya!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya