Comscore Tracker

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini 

Buat kamu yang sering beser, nih!

Apakah kamu sering bolak-balik ke kamar mandi untuk buang air kecil? Mungkin kamu memiliki kandung kemih overaktif atau overactive bladder (OAB). Kondisi ini disebabkan oleh fungsi penyimpanan pada kandung kemih yang kurang baik, sehingga mendorong untuk selalu ingin buang air kecil. Urine yang keluar tanpa bisa dihentikan ini disebut juga inkontinensia urine.

Maka dari itu, kamu perlu mengetahui hal apa saja yang dapat menyebabkan kondisi tersebut semakin buruk. Selain dengan memeriksakan diri dan mendapat penanganan dari dokter, kamu bisa mencegahnya agar kondisi tidak semakin parah dengan menghindari makanan dan minuman berikut ini.

1. Makanan pedas

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi cabai (freepik.com/jcomp)

Bagi beberapa orang, makanan pedas amat menggugah selera. Namun, sayangnya bagi orang-orang dengan kandung kemih yang terlalu aktif harus menghindarinya. Alasannya, rasa pedas dari cabai dapat merangsang lapisan kandung kemih yang akhirnya memicu keinginan untuk buang air kecil.

Makanan pedas juga kadang dapat menyebabkan nyeri kandung kemih. Makanan pedas tak harus dihindari 100 persen. Namun, cobalah untuk mengurangi tingkat kepedasan makanan yang kamu konsumsi.

2. Buah citrus

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi jeruk (freepik.com/pvproductions)

Dilansir Health Grades, asam sitrat dalam buah maupun jus citrus baiknya dihindari oleh orang-orang dengan kandung kemih terlalu aktif.

Makanan atau minuman asam secara umum bisa menyebabkan masalah, mengingat asam bisa meningkatkan tingkat keasaman pada urine. Bila urine yang asam berada di kandung kemih, itu cenderung mengiritasi dan memicu gejala, yakni kebelet kencing. Bahkan kandung kemih bisa kejang sehingga kamu mengompol.

Maka dari itu, hindari konsumsi citrus seperti jeruk, lemon, jeruk nipis, dan jeruk bali.

Baca Juga: 10 Makanan dan Minuman Karsinogenik yang Bisa Memicu Kanker, Apa Saja?

3. Tomat dan produknya

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi sup tomat (pixabay.com/unitea)

Dilansir Cleveland Clinic, tomat adalah makanan asam yang berpotensi mengiritasi kandung kemih dan memperburuk OAB. Produk yang perlu dihidari termasuk: pasta tomat, saus piza, saus tomat, dan saus salsa.

4. Makanan dan minuman berkafein

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini freepik.com

Makanan dan minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat memperburuk keadaan kandung kemih yang terlalu aktif. Pasalnya, kafein bersifat diuretik (meningkatkan jumlah produksi urine dan membantu tubuh membuang kelebihan air) serta mengiritasi lapisan kandung kemih.

Contoh makanan dan minuman yang mengandung kafein selain teh dan kopi adalah cokelat, minuman berenergi, minuman bersoda, dan guarana.

5. Makanan atau minuman dengan pemanis

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi makanan manis (freepik.com/wayhomestudio)

Dilansir Cleveland Clinic, ada beberapa bukti bahwa pemanis buatan maupun alami dapat meningkatkan gejala OAB.

Ini bukan berarti menggunakan pemanis dilarang. Namun, kamu harus bijak dan mulai bereksperimen dan memperhatikan apakah gejala OAB berkurang saat kamu mengurangi asupan pemanis dalam pola makan harian.

6. Minuman beralkohol

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi bir (freepik.com/master1305)

Dilansir Healthline, hindari minum minuman beralkohol seperti bir, wine, dan liquor. Alkohol diketahui dapat mengiritasi kandung kemih dan mengganggu sinyal ke otak yang akhirnya membuat otak mengira kandung kemihmu penuh sehingga isinya harus segera dikeluarkan.

7. Seimbangkan asupan cairan

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi minum air putih (IDN Times/Mardya Shakti)

Mungkin kamu mengira dengan mengurangi minum, maka dorongan untuk bolak-balik ke kamar kecil bisa berkurang. Faktanya, dalam kasus OAB, kata kuncinya adalah 'keseimbangan'.

Terlalu banyak minum air memang tidak disarankan, tetapi terlalu sedikit asupan cairan juga bisa membuat urine lebih pekat dan asam, sehingga juga bisa bikin bolak-balik ke kamar mandi. Kurangnya asupan cairan juga bisa meningkatkan risiko sembelit.

Anjurannya adalah minum cairan setara dengan enam gelas isi 8 ons (236 ml) per hari dan batasi minum air pada malam hari.

8. Bawang

Kandung Kemih Terlalu Aktif? Hindari 8 Makanan dan Minuman Ini ilustrasi bawang merah (pexels.com/mali maeder)

Seperti halnya makanan pedas dan asam, bawang dapat menyebabkan masalah kandung kemih dan meningkatkan keinginan untuk buang air kecil. Bawang mentah adalah penyebab utamanya, jadi masak dulu bawang sebelum mengonsumsinya untuk mengurangi efek buruknya terhadap kandung kemih.

Itulah beberapa makanan dan minuman yang perlu dihindari untuk orang-orang dengan kandung kemih yang terlalu aktif, sehingga mengurangi frekuensi bolak-balik buang air kecil. Bila keluhan ini sangat mengganggu, konsultasikan segera dengan dokter, ya. 

Baca Juga: Kencing Berwarna Gelap? Tanpa Disadari Bisa Disebabkan oleh 7 Hal Ini!

Puspa Senja Photo Verified Writer Puspa Senja

Pengagum ombak dan astrophile

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya