Comscore Tracker

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan Tubuh

Mencegah lebih baik daripada mengobati, kan?

Di tengah-tengah aktivitas yang membludak kayak banjir gini, rasanya hampir mustahil untuk tetap mempertahankan gaya hidup sehat kalau pulang kerja saja badan sudah remuk redam dan ingin segera membenamkan diri di ranjang.

Kalau kamu bukan tipe orang yang suka nge-gym, menjaga pola makan dan tidur jadi satu-satunya cara untuk menjaga kesehatan. Tapi kalau bukan dua-duanya, kamu harus gimana untuk tetap sehat?

Suplemen. Yap, suplemen adalah salah satu cara untukmu agar tetap sehat dan bugar di tengah gempuran pekerjaan yang makin menggila. Suplemen vitamin apa saja yang paling dibutuhkan tubuh?

1. Multivitamin

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/rawpixel

Selalu mulai dengan tablet multivitamin. Tablet-tablet ini gak kayak obat kok, karena gak menargetkan di satu hal saja. Multivitamin akan menyebar dan mengisi ruang-ruang yang kosong untuk mencegahmu sakit.

2. Vitamin C

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/rawpixel

Vitamin C ini kayak PLN buat tubuhmu dan membantu untuk menjaga sistem imun tetap baik. Selain berperan dalam produksi kolagen, vitamin C juga mencegah varises. Kalau mau minum suplemen vitamin C, pastikan yang gak ada rasa-rasanya itu ya, karena sebenarnya kamu cuma minum larutan gula ada vitamin C-nya, bukan vitamin C beneran.

3. Vitamin D

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/pinamessina

Meski pun tubuh bisa memproduksi vitamin D sendiri, tapi rasanya nggak yakin kalau kamu bakal terpapar sinar matahari sampai mendapat asupan vitamin D yang cukup. Minum vitamin D bisa meningkatkan kesehatan kardiovaskular, memperkuat tulang dan menyuburkan kandungan. Kalau kamu vegetarian, kamu bisa konsumsi jamur-jamuran yang kayak akan vitamin D.

4. Omega

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/colinczerwinski

Kamu butuh asupan omega 3, 6, 7 dan 9 dalam sebuah pil. Dan asupan omega ini sangat aman jika kamu konsumsi per harinya kok, jangan takut over dosis. Kalau susah memenuhi semua asupan omega, cobalah untuk rutin konsumsi omega 3 karena itu yang paling penting.

5. Probiotik

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/jeffreydeng

Salah satu kunci pup yang lancar adalah probiotik. Probiotik yang mengandung lactobacillus dan bifidobacterium akan sangat membantu pencernaanmu! Tak hanya dalam bentuk yogurt, probiotik juga bisa kamu dapatkan dalam bentuk pil juga!

Baca Juga: 7 Makanan Sehat Ini Bisa Netralkan Kolesterol Usai Lebaran, Enak Kok!

6. Seng (zinc)

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/nathanssauro

Kamu mungkin nggak terlalu butuh seng, karena dosis yang direkomendasikan per hari hanya 45 mg dan sudah kamu penuhi dari makanan sehari-hari. Tapi kamu bakal tahu kalau kamu kurang zeng ketika kamu punya titik putih di kukumu. Itu lho, titik putih yang katanya kalau ada banyak di kuku berarti yang suka kamu juga banyak.

Itu bukan karena yang naksir kamu banyak, tapi karena kamu kurang gizi.

7. Vitamin A

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/simonevdk

Hampir 95 persen wanita gak mendapat asupan vitamin A di dalam makanan mereka. Vitamin A berfungsi untuk menjaga elastisitas kulit dan menyaimbangkan melanin dalam tubuh.

8. Vitamin B komplek

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/escenajp

Vitamin B komplek sudah terbukti untuk memicu serotonin dan membantu meningkatkan energi. Jika semua vitamin B komplek ini bekerja sama, kamu gak akan merasakan lagi letih lelah lesu lunglai lemah tak berdaya.

9. Magnesium

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/thoughtcatalog

Magnesium akan mengurangi peradangan dan membuat ototmu untuk tetap rileks. Selain itu magnesium juga akan menyerap dengan baik ke dalam kulit dan masuk ke organ tubuhmu sehingga kulitmu makin sehat.

10. Zat besi

Harus Diperhatikan, 10 Suplemen Gizi Ini Paling Dibutuhkan TubuhUnsplash/freestocks

Suplemen gizi ini hanya boleh kamu konsumsi ketika doktermu yang bikin rekomendasi. Tahunya kapan ketika kamu butuh zat besi? Saat kamu habis menstruasi deras yang sampai bikin kamu lemas tak berdaya, itu lah saat yang tepat untuk konsumsi tablet zat besi.

Siapa bilang suplemen cuma bisa dikonsumsi kalau kamu lagi sakit? Justru sebenarnya suplemen harus kamu minum rutin biar gak jadi sakit.

Baca Juga: Tidak Hanya Skin Care, 6 Suplemen Ini Juga Bisa Bantu Atasi Jerawat

Jaladriana Photo Community Writer Jaladriana

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You