Comscore Tracker

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial Sehat

Millennial sehat negara kuat!

#MillennialBEST adalah millennial yang sehat dan punya sumbangsih untuk negaranya. Dengan jadi millennial yang sehat maka kamu sudah ikut berkontribusi untuk kemajuan negara ini.

Bukan cuma sehat untuk diri sendiri, tapi kesehatanmu akan jadi modal untuk pembangunan negara lho. Negara yang kuat dibangun dari Millennial yang sehat. Jadi tunggu apalagi, ayo hidup sehat dengan mencapai 6 kesehatan ini.

1. Physical wellness

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial SehatPixabay/jill111

Ini adalah kesehatan yang mutlak kamu miliki. Semua juga tahu kesehatan itu mahal harganya, jadi kenapa kamu tidak mulai berinvestasi untuk dirimu sendiri? Investasi yang dimaksud tentunya adalah dengan memberikan yang terbaik untuk tubuhmu.

Mulailah dengan mengonsumsi makanan bergizi. Asupan karbohidrat, vitamin, protein, mineral, dan zat yang penting untuk tubuh secara seimbang akan membuatmu bugar dan sehat. Badan yang sehat akan mendukung semua aktivitas harianmu. Jangan salah, apa yang kita konsumsi saat ini bisa jadi modal untuk menguatkan tubuh atau malah membuatnya jadi loyo.

Tugas besar #MillennialBEST salah satunya adalah dengan memahami pentingnya asupan gizi dari makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh. Tahukah kamu bahwa ada kondisi kurang gizi  kronis karena pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi yang disebut stunting? Keadaan ini sudah terjadi sejak bayi di dalam kandungan sampai kemudian nampak ketika anak berusia sekitar dua tahun.

Stunting sudah menjadi outbreak yang melanda negara berkembang, termasuk Indonesia. Sebagai Millennial kamu perlu tahu bagaimana menjaga orang-orang di sekitarmu dan kamu sendiri untuk bebas dari stunting. Bahkan pemerintah terjun langsung untuk menyosialisasikan stunting ini. Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai koordinator kampanye nasional penanganan stunting mendorong komunikasi fokus dan integratif, melalui berbagai kanal komunitas

Jadi, ayo mulai hidup sehat dari sekarang. Perhatikan apa yang kamu makan, pola hidupmu, dan juga kegiatan fisikmu. Jangan lupa untuk mengonsumsi makanan yang seimbang gizinya, tidur cukup, minum banyak air putih, jaga kebersihan diri dan tentunya banyak-banyak olah raga. 

2. Emotional wellness

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial SehatPixabay/dweedon1

Sudah jadi hal yang umum jika kehidupan sekarang ini isinya kompetisi yang ketat, deadline yang mepet, dan aneka tekanan hidup lainnya. Tak heran banyak sekali orang muda yang mudah stress dan ujung-ujungnya menghabiskan waktu untuk gaya hidup tak sehat seperti merokok, konsumsi minuman beralkohol, dan begadang nongkrong sampai lupa waktu. Sudahkah kamu perhatikan bagaimana sejauh ini tentang kesehatan mentalmu?

Emotional wellness adalah kesehatan emotional yang berhubungan dengan kejiwaanmu. Bagaimana menghandle aneka pikiran baik positif maupun negatif, perasaan, dan perilaku. Terdengar sederhana ya, tapi sakit emosional - sakit jiwa, bisa menghancurkan hidupmu.

Ya, jiwa yang sehat akan membuatmu selalu hidup sehat juga. Kapan terakhir kali kamu mengikuti kelas-kelas motivasi, membaca buku-buku penyemangat, dan mengenal lebih jauh tentang dirimu sendiri? Menciptakan pikiran yang positif dan selalu optimis itu tidak udah, tapi bukan berarti kamu tidak bisa belajar untuk menciptakannya. Mulailah membaca atau mengikuti kelas-kelas yang mampu membuatmu mengolah perasaan dan pikiranmu dengan cara yang sehat. Ingat selalu, jiwa yang sakit sama bahayanya dengan penyakit jasmani yang mematikan. 

Baca Juga: 5 Alasan Generasi Millennial Harus Melek Stunting

3. Spiritual wellness

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial SehatPixabay/brenkee

Sudah sehat badan dan jiwa tapi secara spiritual kamu masih jauh dari Tuhan? Kamu perlu tahu bahwa sehat rohani berarti juga sehat untuk memahami alasan mengapa kamu ada di dunia ini. Menyadari bahwa kamu berhubungan dengan sesuatu yang lebih besar dari dirimu, Sang Pencipta.

Dari TK pelajaran agama sudah diberikan, tetapi sekarang sebagai Millennial, apakah kamu sudah mencapai kesehatan spiritualmu? Dengan menjaga diri untuk sehat secara spiritual maka masalah kesehatan jiwa juga akan meningkat baik. Kedua hal ini erat kaitannya, karena berbeda dengan kesehatan fisik yang dijaga dengan makanan sehat dan aktivitas positif, kesehatan mental dan spiritual ini dijaga dengan pikiran baik dan kedekatan dengan Sang Pencipta.

Sudah banyak contoh bagaimana masalah hidup diselesaikan dengan mendekatkan diri pada Tuhan. Kemampuan diri untuk pasrah, bukan menyerah, akan membuatmu lebih mudah mengatasi stress yang tentunya menyehatkan jiwamu dan pada akhirnya membuatmu jadi #MillennialBEST.  

4. Social wellness

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial SehatPixabay/vait_mcright

Adakah orang antisosial yang sukses? Jikapun ada maka coba tengok apakah dia bisa hidup tenang dan damai? Bayangkan bagaimana kehidupan kita tanpa ada orang-orang yang mengasihi kita, tentunya hampa kan? Awas, ini bisa memicu sakit jiwa loh.

Manusia sebagai makhluk sosial membutuhkan satu sama lain. Dalam kesehatan spiritual pun kamu belajar tentang bagaimana berhubungan dengan lingkup yang lebih besar, misalnya masyarakat, negara, dan Tuhanmu. Karenanya berhubungan dengan banyak orang akan membuatmu sehat dan bonusnya sukses dalam hidup.

Coba lihat aneka komunitas yang saling menguatkan anggotanya dan bisa memberikan kontribusi positif bagi lingkungannya. Jika belum tergabung dalam komunitas apapun, coba ikuti yang sesuai dengan passionmu. Belajar untuk bersosialisasi dan memberi nilai positif bagi diri sendiri dan masyarakat pasti membuatmu sukses dalam aneka tujuan hidupmu. Negara yang maju diwujudkan oleh anggota masyarakat yang saling membantu dan menguatkan. Karena itu sebagai millennial penggerak perubahan sudah sehatkah kamu secara sosial?

5. Intellectual wellness

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial SehatPixabay/niekverlaan

Sehat secara intelektual bukan berarti jenius dan cerdas dalam menyelesaikan semua soal saat sekolah atau kuliah. Lebih dari itu, kesehatan intelektual adalah kemampuan diri untuk menstimulasi aktivitas kreatif dan mental untuk mengembangkan potensi dan skill pribadimu. Kesehatan intelektual berlaku untuk semua orang, jangan patah semangat ketika nilai-nilaimu dan IPK tak setinggi teman-temanmu. Kemampuanmu untuk menjadi seseorang yang bisa memaksimalkan potensi yang ada di dirimu adalah yang utama.

Millennial wajib mencari dan mengembangkan potensi diri untuk sukses. Ayo, coba lihat kembali apa yang sebenarnya jadi potensi besarmu. Aktifkan kreativitasmu dan kembangkan pengetahuanmu. Jangan lupa untuk banyak baca buku dan berkumpul dengan mereka-mereka yang sudah mencapai kesehatan intelektual ini.  

6. Occupational wellness

Kamu Cuma Perlu 6 Hal Ini untuk Jadi Millennial SehatPexels/rawpiksel

Apakah kamu mencintai pekerjaanmu sekarang? Ternyata kesehatan di bidang kerja berarti bisa menemukan panggilan hati di bidang pekerjaan yang benar-benar kamu sukai dan siap kamu geluti. Dengan mempunyai pekerjaan yang kamu cintai yang sesuai dengan passion, maka kamu akan jadi orang yang sehat.

Pekerjaan adalah salah satu biang stres. Pekerjaan yang kamu nikmati tentunya menghilangkan beban stress dan akan membuatmu sehat pula. Dengan mencapai kesehatan intelektual maka kamu akan mudah menentukan pekerjaan apa yang membutuhkan dirimu dan sesuai dengan passionmu. Kamu harusnya bisa memberikan nilai-nilai positif bagi institusi tempatmu bekerja dan sebaliknya pekerjaan yang sesuai akan memberimu kebahagiaan.

Ternyata penting banget loh untuk menyeimbangkan antara pekerjaan dan me time. Sekarang waktunya untuk memikirkan kembali, sudah tepatkah pekerjaanmu yang sekarang ini untuk mencapai kebahagiaanmu?

6 hal di atas adalah hal yang wajib kamu miliki untuk jadi Millennial yang sehat. Pastikan investasi yang utama adalah investasi kesehatan. Sehatlah untuk fisik, jiwa, spiritual, sosial, intelektual dan occupational untuk jadi millenials sukses. Kesehatan dirimu akan memberikan dampak baik untuk lingkungan dan negaramu. 

Baca Juga: 5 Langkah Hidup Sehat dan Mudah untuk Kamu Millennial

Silvana Devinta Sari Photo Writer Silvana Devinta Sari

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya