Comscore Tracker

5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Mulut

Cobain manfaatnya

Keberadaan jeruk purut yang memiliki nama latin citrus hystrix sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Jeruk purut memiliki ciri berupa tekstur kulit yang kasar dan berwarna hijau. Biasanya jeruk purut digunakan sebagai bahan penyedap makanan untuk sayur, sambal dan lain-lain. Namun, selain itu jeruk purut juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh seperti berikut ini.

1. Membantu untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi

5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Mulutflickr.com

Untuk menjaga kesehatan mulut dan gusi dengan menggunakan jeruk purut sangatlah mudah. Caranya yaitu hanya dengan menggosokkan kulit jeruk purut secara langsung pada bagian gusi. Hal ini dikarenakan kulit jeruk purut bisa membantu menghilangkan bakteri jahat di dalam mulut. Kamu juga bisa memanfaatkan ekstrak jeruk purut yang dicampurkan dengan pasta gigi organik. Jika dilakukan secara teratur maka kebersihan mulut dan gusimu akan selalu terjaga. 

2. Menjaga kesehatan sistem pencernaan

5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Mulutorientalherbs.nl

Jeruk purut mengandung senyawa anti inflamasi yang berfungsi untuk merangsang sistem pencernaan supaya kamu terhindar dari kesulitan buang air besar atau sembelit. Dengan rajin mengkonsumsi jeruk purut dalam bentuk jus atau dicampur ke dalam makanan maka kamu akan terhindar dari masalah pencernaan lainnya yang lebih serius, mulai dari wasir, ulkus lambing hingga kanker kolorektal.

3. Merawat kecantikan kulit

5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Mulutblazingcatfur.ca

Adanya kandungan anti oksidan alami di dalam jeruk purut sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit. Jeruk purut dipercaya dapat mencegah timbulnya jerawat, menghilangkan bekas luka, mengatasi kulit kering dan mengurangi tanda-tanda penuaan pada kulit. Caranya yaitu dengan mengoleskan jeruk purut pada kulit secara rutin setiap malam hari sebelum tidur. 

Baca Juga: 6 Minuman Olahan Jeruk Lemon yang Gak Ada Matinya

4. Mengurangi peradangan pada sendi

5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Mulutflickr.com

Jeruk purut dapat dimanfaatkan sebagai alternatif terapi untuk mengatasi peradangan yang terjadi pada sendi, seperti asam urat, arthtitis, rheumatik, edema dan lain-lain. Caranya yaitu dengan membalurkan ekstrak jeruk purut pada daerah yang mengalami peradangan sendi atau dengan mengkonsumsinya secara langsung dalam bentuk jus.

5. Melancarkan proses detoksifikasi di dalam tubuh

5 Manfaat Jeruk Purut Bagi Tubuh, Bantu Jaga Kesehatan Muluthgtv.com

Jeruk purut mengandung senyawa volatile yang berfungsi untuk melancarkan proses detoksifikasi yang terjadi di dalam darah sehingga patogen-patogen jahat di dalam tubuh bisa dikeluarkan. Senyawa tersebut juga berfungsi untuk menyaring zat-zat berbahaya di dalam organ hati dan limpa. Dengan begitu maka sistem peredaran darah di dalam tubuh akan tetap lancar dan sehat. 

Nah, itulah lima manfaat jeruk purut yang baik untuk kesehatan tubuhmu. Meskipun begitu kamu juga harus selalu menerapkan pola hidup sehat ya, karena mencegah selalu lebih baik daripada mengobati. 

Baca Juga: 8 Khasiat Jeruk Bali Ampuh Tingkatkan Imun & Lawan Sel Kanker

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You