Comscore Tracker

Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamu

Nomor 2 sering dilakukan

Insomnia dapat dikatakan sebagai suatu gangguan tidur yang disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup. Insomnia yang banyak menyerang Milennials ini sering dianggap sepele, padahal jika dibiarkan bisa berakibat fatal, lho. Selain berkonsultasi dengan dokter, agar insomnia tidak bertambah parah, para penderitanya harus mulai meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk seperti di bawah ini. Simak, ya.

1. Jadwal tidur yang berbeda antara hari kerja dan akhir pekan

Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamupexels.com

Dikarenakan harus bekerja di pagi hari, para pekerja kantoran biasanya akan tidur lebih awal. Tetapi saat akhir pekan, seolah-olah ingin membalaskan dendam terhadap kesibukkan pekerjaan yang menyita waktu, mereka biasa tidur lebih larut untuk sekadar quality time, seperti menonton film atau membaca novel favorit. Perlu diketahui bahwa tubuh kita membutuhkan konsistensi, termasuk dalam hal mengatur waktu tidur. Jika kebiasaan tersebut dilakukan secara terus-menerus, berarti kita memaksa tubuh untuk selalu beralih dalam dua zona waktu di tiap minggunya.

2. Bermain gadget sebelum tidur

Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamupexels.com

Kebiasaan bermain gadget sebelum tidur yang sering kali dilakukan dapat mempengaruhi nyenyak atau tidaknya tidur kita. Hal itu dikarenakan melakukan aktivitas bermain gadget dapat mencegah otak untuk beristirahat dan dapat memicu gejala insomnia.

3. Membiarkan diri kita stress berlarut-larut

Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamupexels.com

Stress dan depresi tidak selalu berkaitan dengan banyaknya pikiran yang memenuhi kepala. Tubuh yang kelelahan juga dapat menimbulkan stress karena seringkali kondisi tersebut membuat kita sulit tertidur. Untuk mengurangi tingkat stress yang akan memperburuk insomnia, kita bisa memperbanyak konsumsi buah-buahan di malam hari.

4. Memiliki pola makan yang buruk

Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamupexels.com

Seringkali kita mendengar bahwa makan malam mendekati waktu tidur sangat tidak dianjurkan. Larangan itu dibuat bukan tanpa alasan, karena selain akan membuat tubuh menjadi gemuk, kebiasaan makan malam sebelum tidur justru akan membuat kita semakin sulit tidur. Hal itu terjadi disebabkan tubuh yang seharusnya beristirahat tapi dipaksa untuk bekerja keras memecah segala komponen makanan dalam tubuh. Jantung pun akan berdetak lebih cepat dari sebagaimana normalnya.

5. Banyak minum kopi

Jangan Anggap Remeh, 5 Kebiasaan Buruk Ini Akan Memperparah Insomniamupexels.com

Alasan orang meminum kopi adalah agar tetap terjaga dan tidak mengantuk. Perlu diketahui bahwa kandungan kafein dalam kopi yang kita minum lambat laun akan menghambat waktu tidur kita yang tentu saja berdampak pada semakin parahnya insomnia.

Itulah 5 kebiasaan buruk yang jika dibiarkan akan semakin memperburuk kondisi insomnia. Perlahan-lahan kita harus mulai meninggalkan kebiasaan tersebut demi kesehatan kita yang lebih baik.

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You