Comscore Tracker

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajam

Baik buat yang sering lupa, nih!

Otak merupakan organ paling penting bagi tubuh manusia, yang berperan sebagai mesin tercanggih dan pusat kendali seluruh tubuh. Mengingat betapa vitalnya organ satu ini, maka kamu perlu memperhatikan asupan agar otak selalu sehat.

Delapan makanan berikut menjadi daftar yang harus konsumsi jika kamu peduli dengan kesehatan otak, yang beberapa juga terbukti ampuh meningkatkan fokus dan daya ingat. Apa saja? Ikuti ulasan di bawah ini, yuk!

1. Brokoli

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajamservingjoy.com

Makanan pertama yang baik untuk kesehatan otak adalah brokoli. Nah, dibanding sayur lainnya, brokoli ini biasanya kurang diminati apalagi pada anak kecil. Padahal, sayur berwarna hijau gelap ini kaya vitamin yang dibutuhkan otak seperti A dan K.

Selain vitamin, brokoli juga mengandung folat yang berperan dalam detoksifikasi dan anti peradangan otak, serta sulforafan yang bermanfaat meningkatkan produksi sel-sel otak baru. Mengonsumsi brokoli secara teratur dapat menghambat penurutan kognitif kamu lho!

2. Salmon

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajammarthastewart.com

Ikan salmon memang sudah terkenal sebagai makanan yang sehat untuk otak. Tetapi apa sih yang membuat makanan ini berharga bagi otak? Jawabannya tidak lain adalah, karena salmon merupakan sumber asam lemak Omega-3 yang berlimpah. 

Omega-3 ini sangat penting untuk menutrisi otak. Dan salah satu Omega-3 yang paling dibutuhkan otak adalah DHA. DHA atau docosahexaenoic acid membentuk hampir dua pertiga Omega-3 yang terdapat pada otak.

Fungsinya sendiri, Omega-3 dan DHA membantu dalam membentuk lapisan pelindung pada neuron. Semakin baik kualitas lapisan tersebut, maka semakin otak dapat bekerja dengan kapasitas penuh dan efektif. Sebaliknya, kekurangan DHA akan membuat seseorang tidak fokus dan cepat lelah.

Baca Juga: Menengok 7 Makanan Diet Ekstrem Seleb KPop, Pantes Bisa Langsing

3. Bluberi

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajamfoodrevolution.org

Ilmuwan dari Harvard merekomendasikan buah bluberi sebagai pilihan paling pas buat kamu yang mencari nutrisi otak dengan rasa terenak. Selain rendah kalori, kaya vitamin C, K, dan mangan, beri satu ini memiliki kandungan antioksidan antosianin tertinggi dibanding buah lain.

Antioksidan yang dimiliki bluberi ini sangat baik untuk melindungi otak dari stres, mengurangi peradangan, serta meningkatkan kesehatan dan kinerja otak, termasuk yang berhubungan dengan memori.

4. Tomat

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajamnypost.com

Tomat menjadi makanan penting bagi otak karena kandungan karatenoid terbaik sebagai antioksidan, yakni betakaroten dan lycopene. Mengingat 60 persen dari otak merupakan lemak, ini membuat otak rentan terhadap serangan radikal bebas, yang berisiko menyebabkan peradangan otak dan penurunan daya ingat.

Jadi, kamu harus banyak mengonsumsi makanan berantioksidan tinggi seperti tomat ini.

5. Apel

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajammentalfloss.com

Selanjutnya merupakan buah favorit semua kalangan. Apel memiliki kandungan penting bagi kesehatan otak, quercetin, yang merupakan antioksidan flavonoid. Quercetin dalam apel dapat melindungi neuron otak dari oksidasi, dan mengurangi risiko gangguan neurodegeneratif seperti alzheimer.

6. Telur

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajammentalfloss.com

Selanjutnya adalah telur yang memiliki manfaat luar biasa bagi kesehatan otak. Terutama pada kuning telur, terdapat senyawa bernama kolin dalam jumlah besar, yang berperan sebagai mengatur suasana hati, memori, serta kecerdasan otak.

Nah, jangan sampai tubuh kekurangan asupan kolin, karena dampaknya kamu bisa mengalami kabut otak, sulit berkonsentrasi, serta mudah merasa lelah.

7. Dark Chocolate

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajamtastecrunch.com

Daftar makanan sehat untuk otak selanjutnya, mungkin tak satu pun orang tak menyukainya. Makanan satu ini sering dikaitkan dengan kemampuan memperbaiki suasana hati. Tapi tak itu saja, cokelat ternyata mampu membantu meningkatkan daya ingat, fokus, serta kecepatan reaksi alias tanggap.

Camilan nikmat yang disebut-sebut memiliki kadar antionsidan lebih tinggi dari bluberi dan delima ini, juga mengandung magnesium yang ampuh merilekskan otak. Makin favorit deh pokoknya makanan satu ini!

8. Kacang kenari

8 Makanan Sehat yang Wajib Kamu Konsumsi Biar Otak dan Memori Tajamorganicfacts.net

Umumnya, semua kacang merupakan sumber lemak yang baik bagi tubuh. Kacang kenari khususnya, memiliki kandungan asam alfa-linolenat (ALA) dalam jumlah yang tergolong tinggi. Asam ini merupakan salah satu jenis Omega-3 yang berperan dalam membangun kesehatan otak.

Selain ALA, kenari juga mengandung antioksidan, folat, magnesium, kalium, dan fosfor, serta melatonin yang efektif memperbaiki kualitas tidur seseorang. Nah, pola tidur yang sehat tentu berhubungan erat dengan peningkatan kesehatan seseorang kan? Makanya, wajib banget beralih camilan ke kacang sehat satu ini!

Nah, karena dari semua bagian tubuh otaklah yang bekerja paling keras, maka sudah selayaknya nih kamu memberi asupan terbaik bagi otak seperti di atas. Kamu gak mau kan, kalau kesehatan otakmu terganggu di usia muda?

Baca Juga: 7 Cara Memaksimalkan Otak dengan Keterampilan Menyelesaikan Tugas

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya