Comscore Tracker

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumu

Merawat penampilan juga harus dari dalam dong!

Merawat penampilan dan tubuh memang harus dilakukan dari dalam dan luar. Gak cuma menggunakan produk, menjaga kesehatan rambut, kuku dan kulit juga harus diimbangi dengan asupan dari dalam. 

Tanpa harus spa dan manikur di salon, konsumsi 6 makanan di bawah ini ternyata punya manfaat terbaik untuk rawat rambut dan kukumu, dilansir Moma Foods dan Healthgrades. Simak yuk!

1. Telur

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumulivehealthy.chron.com

Telur merupakan makanan yang kaya akan protein dan biotin, dua nutrisi yang berperan dalam menjaga kesehatan kuku dan rambut. Folikel rambut manusia sebagian besar terbangun dari protein. Karenanya, kekurangan protein dapat menyebabkan kerontokan rambut. Kemudian, biotin sendiri penting untuk memproduksi keratin.

Tak hanya itu, telur merupakan makanan sumber selenium, seng, dan nutrisi penting lain yang menyebabkan pertumbuhan kuku dan rambut menjadi optimal. Jadi, konsumsi makanan berprotein tinggi agar rambut dan kukumu nggak rapuh ya!

2. Kacang-kacangan

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumuwww.diabetesselfmanagement.com

Idealnya, setiap orang harus mengkonsumsi paling tidak segenggam kacang-kacangan per harinya. Ini untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan lemak omega. Kacang-kacangan seperti mede, almond, kenari, dan kacang tanah merupakan panganan yang tak hanya kaya asam lemak, namun juga vitamin, anti oksidan dan mineral. Apabila dikonsumsi secara teratur, makanan satu ini ampuh meningkatkan pertumbuhan rambut dan kuku.

3. Tomat

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumusnaped.fns.usda.gov

Selanjutnya, ada tomat yang merupakan makanan terkenal sebagai sumber vitamin C. Selain itu, buah berbentuk bulat merah ini juga mengandung semua karateniod penting seperti likopen dan beta karoten. Zat-zat tersebut mampu membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, dan memperkuat folikel rambut.

Baca Juga: Gigi Sehat dan Bebas Bau Mulut, Ini 5 Manfaat Sehat dari Bersiwak 

4. Oatmeal

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumulexiscleankitchen.com

Oatmeal tak cuma menjadi menu sarapan yang sempurna. Selain bermanfaat mengisi energi tubuh, oatmeal ternyata juga mengandung seng dan vitamin B. Nutrisi tersebut memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan kuku dan rambut. Karena khasiat baiknya untuk kulit, seng dipercaya mampu membantu melawan jerawat juga lho!

5. Polong-polongan

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumueatthis.com

Sama seperti kacang, makanan polong-polongan juga kaya akan protein, seng dan biotin yang ampuh untuk menguatkan dan menyehatkan kuku, serta menebalkan rambut. Rajin mengonsumsi kacang polong baik untuk kesehatan kulit, dan menjaga elastisitasnya sebab sanggup meningkatkan produksi kolagen.

6. Bayam

Wajib Dikonsumsi, 6 Makanan Terbaik untuk Percantik Rambut dan Kukumugoodhousekeeping.com

Terakhir, makanan yang bermanfaat untuk menguatkan rambut dan kuku adalah bayam. Terkenal sebagai pemberi energi instan, panganan favorit Popeye ini juga kaya vitamin A dan C yang keduanya bagus untuk pertumbuhan rambut. Vitamin A sendiri, bekerja menjaga kesehatan kulit kepala dan membantu kelenjar kepala memproduksi sebum.

Selain itu, terkenal kaya akan zat besi yang berperan membantu sel darah membawa oksigen, membuat bayam sangat berkhasiat dalam metabolisme dan mendukung pertumbuhan dan perbaikan seluruh anggota tubuh.

Nah, itu dia 6 makanan yang punya manfaat besar untuk kecantikan, terutama bagi rambut, kulit dan kuku. Biar penampilan sehat dan terawat, kamu juga harus pastikan kebutuhan gizi tubuh terpenuhi ya!

Baca Juga: 7 Makanan untuk Bekal Liburan yang Dapat Dibikin Sendiri, Sehat! 

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya