6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang Salah

Banyak makanan yang masih kita makan di jam yang salah lho

Makanan memang harusnya menjadi sumber energi bagi tubuh setiap harinya. Namun, apa jadinya jika apa yang kita konsumsi selama ini justru memperburuk kesehatan? Seringkali banyak yang merasa jika sudah mengonsumsi makanan sehat berarti kesehatannya akan baik-baik saja.

Sayangnya, banyak orang yang masih tidak tahu bahwa beberapa makanan sehat pun akan berdampak buruk bagi tubuh jika dimakan di waktu yang salah. 

Berikut adalah 6 makanan yang wajib kita tahu kapan waktu tepat untuk menyantapnya. Simak, yuk!

1. Memakan pisang saat sarapan justru akan membuatmu kehilangan energi

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang Salahravishly.com

Tak perlu diragukan lagi, pisang adalah makanan paling favorit semua orang sebagai pengganti nasi di pagi hari. Meski terlihat sehat dan mengenyangkan, namun sebaiknya kita jangan memakannya saat perut kosong, ya! Alasannya, memakan pisang saat keadaan perut kosong akan berefek menurunkan tingkat energi kita.

Menurut ahli nutrisi dr. Daryl Gioffre, pisang memiliki kandungan gula yang tinggi hingga 25 persen. Pisang memang akan mengenyangkan di awal, tetapi setelah beberapa jam justru kita akan merasa lelah dan lapar lagi.

Apalagi jika kamu memiliki iritasi usus besar, memakan pisang saat perut kosong pun tak baik bagi pencernaanmu.

2. Meminum susu saat sarapan bikin perut mulas

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang SalahPexels.com/samerdaboul

Sejak kecil, banyak orang tua sudah terbiasa memberi segelas susu untuk kesehatan dan tumbuh kembang sang anak. Namun, berdasarkan penelitian dari dr. Dhanvantri Tyagi, susu justru akan sulit dicerna dengan cepat.

Karenanya, meminum susu di pagi hari dan menggabungkannya dengan makanan berat lain dapat menyebabkan mulas dan sakit perut. Malam hari adalah waktu terbaik untuk minum segelas susu hangat karena ini membantu menghangatkan tubuh dan meningkatkan kulitas tidurmu.

Baca Juga: Sering Terabaikan, 5 Kebiasaan Sederhana Ini Baik untuk Kesehatan

3. Memakan apel pada malam hari dapat meningkatkan asam lambung

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang Salahrawpixel.com

Apel memang kaya serat dan mengandung asam alami yang meningkatkan fungsi pencernaan dan usus besar. Tetapi, jika kita memakan apel di malam hari, justru kandungan asamnya dapat menumpuk di perut hingga menyebabkan asam lambung, lho.

Dilansir ETimes, makan apel di malam hari dapat membuatmu kentut terus menerus dan juga akan berdampak buruk bagi pencernaan. Alasannya, pencernaan kita akan melambat pada malam hari dan butuh waktu lebih lama untuk mencerna makanan apa pun.

Makanlah apel di pagi hari, karena kandungan asamnya akan membantu kesehatan dan gerakan usus kita setelah tidur atau makan banyak sebelumnya.

4. Meminum kopi saat perut kosong akan membuat kita semakin kecanduan

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang Salahpixabay.com/Engin_Akyurt

Bagi banyak orang, istilah morning coffee agaknya sudah menjadi kebiasaan untuk memulai hari dan aktivitas. Namun, penelitian membuktikan bahwa meminum secangkir kopi di pagi hari baiknya dihindari. 

Penelitian yang dilaporkan independent.co.uk telah menunjukkan bahwa setelah bangun tidur tingkat kortisol tubuh kita akan memuncak antara jam 8 hingga 9 pagi untuk membantu kita bangun secara alami.

Karenanya jika dalam proses puncaknya kartisol ini kita juga mengonsumsi kafein, maka kadar kortisol ini akan turun dan karenanya kita akan lebih kecanduan pada kopi. Tentu, saat kita semakin kecanduan pada kopi jelas saja ini tak baik bagi kesehatan jangka panjang, bukan?

5. Memakan cokelat pada malam hari berdampak pada kualitas tidur yang buruk

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang Salahvitatalalay.com

Menahan godaan untuk tidak memakan cokelat rasanya memang sulit. Sehingga, banyak yang tak bisa berhenti dari candunya pada makanan manis ini. Jika kamu termasuk pecinta cokelat, perlu diingat bahwa cokelat tak baik jika dimakan pada malam hari, ya!

Pasalnya, cokelat mengandung kafein dan Theobromine  yang merupakan stimulan yang akan meningkatkan denyut jantung dan aliran darah. Jika tubuh terlalu banyak dorongan stimulan sebelum tidur, hal ini dapat membuat kita sulit tidur dan mengurangi kualitas tidur juga, lho!

6. Mengganti sarapan dengan yogurt dapat memperlambat pencernaan

6 Makanan Ini Buruk Bagi Kesehatan Jika Dimakan di Jam yang Salahsheknows.com

Selain buah-buahan dan susu, banyak orang yang juga memilih yogurt sebagai pengganti sarapan. Namun, memakan yogurt dalam keadaan perut kosong nyatanya dilarang oleh beberapa penelitian ahli.

Yoghurt mengandung asam laktat yang dapat menurunkan keasaman lambung dan berdampak memperlambat pencernaan. Waktu terbaik memakan yogurt adalah 2 jam setelah memakan makanan berat guna mengisi tubuh kita dengan protein dan juga baik bagi perkembangan otot. Jadi, jangan jadikan yogurt sebagai makanan utama saat sarapan, ya!

Nah, itulah 6 makanan yang seringkali kita konsumsi di jam-jam yang salah hingga dapat menimbulkan efek tak baik bagi kesehatan. Catat baik-baik, ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Menu Sarapan Pengganti Nasi

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You