Comscore Tracker

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!

Menurunkan rasa percaya diri

Bau mulut memang tidak berbahaya, tetapi dapat membuat suasana jadi canggung karena kebanyakan orang tidak memberi tahu kamu tentang hal tersebut. Bau mulut terjadi karena bakteri memecahkan partikel makanan yang tertinggal di gigi, gusi dan lidah. 

Penyebab bau mulut adalah kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang kurang baik serta makanan yang dikonsumsi. Berikut ini akan dijelaskan beberapa alasan kamu bisa mengalami bau mulut.

1. Baru bangun tidur

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi tidur (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Bangun pagi hari dengan bau mulut memang menyebalkan. Bau mulut saat pagi hari adalah hal yang wajar karena produksi air liur saat tidur melambat. Air liur membantu membersihkan mulut, sehingga saat produksi air liur menjadi lebih sedikit, mulut jadi berbau tidak sedap. Kamu bisa menghilangkannya dengan menyikat gigi setelah bangun tidur. 

2. Bernapas lewat mulut 

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi bernapas lewat mulut (southviewdentistrycharlotte.com)

Bernapas lewat mulut membuat air liur menguap, sehingga mulut menjadi kering dan mengurangi kemampuan mulut dalam membilas partikel makanan. Beberapa orang bernapas lewat mulut saat tidur, tapi banyak juga yang melakukannya saat berolahraga.

DilansirHealth, faktanya ada satu penelitian tahun 2015 yang dilakukan oleh tim peneliti Jerman, yang menemukan bahwa makin lama waktu berolahraga, semakin besar kemungkinan mereka memiliki gigi berlubang. Para ilmuwan berspekulasi bahwa berkurangnya aliran air liur selama berolahraga mungkin berperan.

Akan tetapi, jangan jadikan itu alasan untuk berhenti berolahraga. Pastikan kamu tetap terhidrasi selama olahraga dan isi kembali cairan yang hilang dengan minum air.

Baca Juga: 8 Cara Menghilangkan Bau Mulut Paling Mudah, Gak Perlu Pakai Obat!

3. Makanan yang dikonsumsi 

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi bawang putih (pexels.com/Isabella Mendes)

Bawang putih dan bawang bombai dikenal dapat menyebabkan bau mulut, begitu pula dengan kol, kubis Brussel, kembang kol, dan lobak. Walaupun aroma makanan tersebut mungkin memudar setelah 1-2 jam, tetapi itu bisa muncul lagi, misalnya saat serdawa.

Bau mulut dari makanan bisa kadang bisa berasal dari saluran pencernaan, bukan hanya mulut. Ketika mencerna makanan, bahan kimia tersebut akhirnya diserap ke dalam aliran darah dan masuk ke paru-paru, yang mana nantinya kamu akan mengeluarkannya lewat napas.

4. Belum makan seharian

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi puasa (pexels.com/jamie he)

Tidak makan, misalnya saat puasa, bisa menyebabkan bau mulut. Itu karena ketika kita tidak makan, kita tidak menghasilkan air liur sebanyak itu. Mengapa itu penting? Karena air liur tidak hanya membersihkan partikel makanan, tetapi juga memecah makanan untuk membantunya meluncur ke tenggorokan dengan lebih mudah.

5. Merokok 

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi merokok (pexels.com/Megan Forbes)

Menurut laporan dari American Dental Association, merokok tidak hanya meningkatkan jumlah senyawa penghasil bau di mulut dan paru-paru seseorang, tetapi kebiasaan buruk ini juga dapat membuat mulut kering, yang akan menurunkan produksi saliva, menurut penelitian dalam jurnal Hong Kong Medical Journal tahun 2004.

6. Gigi berlubang 

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi dokter gigi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Penumpukan plak gigi dapat menimbulkan gigi berlubang. Kebersihan mulut yang buruk tentunya berkontribusi terhadap bau mulut. Gigi berlubang memicu bau mulut atau halitosis secara tidak langsung, karena makanan bisa tersangkut di lubang tersebut dan sulit dibersihkan, sehingga sisa makanan yang tersangkut akan menumpuk.

Sisa makanan yang menumpuk tersebut akhirnya menyebabkan bau mulut. Sebaiknya kamu segera menemui dokter gigi agar masalah gigi berlubang bisa segera teratasi dengan baik.

7. Minum banyak alkohol

7 Alasan Kenapa Bau Mulut Bisa Terjadi, Segera Atasi!ilustrasi minum alkohol (pexels.com/energepic.com)

Alkohol bisa bertahan lama dalam napas. Faktanya, sebuah studi di Israel yang diterbitkan dalam Journal of Dental Research tahun 2007 menemukan bahwa minum alkohol dihubungkan dengan peningkatan bau mulut—dan ini, terlepas dari fakta bahwa partisipan studi telah berpuasa selama 12 jam semalaman dan juga diizinkan untuk menyikat gigi pada pagi hari.

Tim peneliti menduga bahwa alkohol tidak hanya mengeringkan mulut seseorang, tetapi bau tertentu dipicu ketika tubuh memetabolisme alkohol.

Itulah beberapa alasan bau mulut dapat terjadi. Sangat penting untuk menjaga kebersihan mulut secara teratur supaya terhindar dari bau mulut. Bau mulut hilang, kamu jadi makin percaya diri. 

Baca Juga: 6 Fakta Medis Bau Mulut, Bisa Berbahaya jika Dibiarkan

Sita Vilosa Photo Verified Writer Sita Vilosa

Read a thousand books, and your words will flow like a river.” ― Lisa See

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya