Comscore Tracker

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!

Nanas sebabkan keguguran ternyata cuma mitos lho!

Selama ini buah nanas banyak dikaitkan dengan berbagai mitos dan dianggap kurang baik dikonsumsi, terlebih bagi kalangan wanita. Padahal buah tropis ini mengandung banyak manfaat jika dikonsumsi secara matang sempurna.

Kandungan nutrisi yang dimiliki nanas mampu mencegah dan mengobati tubuh dari berbagai penyakit. Berikut beberapa khasiat atau manfaat buah nanas yang sebenarnya bisa menyehatkan jika kita tahu porsi tepat dalam mengonsumsinya.

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!inhabitat.com

Nanas merupakan buah yang kaya akan vitamin C yang bermanfaat meningkatkan penyerapan zat besi dari makanan, membantu meningkatkan aktivitas sel darah putih sehingga sistem kekebalan tubuh bisa bekerja dengan baik dan mampu melindungi tubuh dari berbagai penyakit.

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2014 dalam Journal of Nutrition and Metabolism menemukan bahwa anak-anak yang mengonsumsi nanas kalengan memiliki risiko infeksi virus dan bakteri yang lebih rendah dibandingkan dengan anak-anak yang tidak mengonsumsinya selama periode studi sembilan minggu.

Para peneliti pun menyimpulkan bahwa rutin memakan nanas, satu hingga dua kaleng (140 hingga 280 gram) dapat mengurangi kemungkinan infeksi atau paling tidak mempersingkat durasinya.

2. Memperkuat tulang

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!tasteforlife.com

Selain kaya vitamin C, nanas juga mengandung banyak mangan yang berguna untuk memperkuat tulang dan jaringan penghubung, serta mencegah pengeroposan tulang atau osteoporosis. 76% kebutuhan mangan harian kita dapat terpenuhi bila mengonsumsi satu cangkir jus nanas segar tanpa dicampur dengan gula.

3. Obat dari berbagai penyakit

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!romania-insider.co

Seperti kebanyakan buah lainnya, nanas juga merupakan salah satu buah yang cocok untuk dijadikan obat dari berbagai penyakit seperti sinus, batuk, pilek, hingga peradangan.

Ini terjadi karena kandungan enzim bromelain anti inflamasi dan vitamin C yang dapat mengurangi masalah pembengkakan hingga pernapasan, serta mengurangi peradangan dan lendir berlebih di tenggorokan dan juga hidung.

Enzim bromelain pada nanas ini juga dipercaya bisa mengurangi arthritis, sebuah penyakit akibat radang sendi dan otot.

4. Membantu mencegah berbagai penyakit kronis, terutama kanker

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!yle.fi

Radikal bebas yang terlalu banyak dalam tubuh akan menyebabkan sel-sel tubuh rusak, sistem kekebalan melemah, dan mengundang berbagai penyakit kronis.

Namun adanya kandungan anti oksidan pada nanas yang dikenal sebagai flavonoid dan asam fenolik akan membantu menangkap dan melawan radikal bebas ini, sehingga bisa mengurangi berbagai risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker tertentu.

5. Jaga kesehatan mata

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!moneycontrol.com

Ternyata bukan hanya vitamin A lho yang ambil bagian dalam menjaga kesehatan mata. Vitamin C pun bisa sangat diandalkan untuk mengurangi risiko berbagai penyakit mata, seperi katarak, rabun, hingga tumor mata.

Apalagi nanas juga mengandung banyak beta karoten yang diperlukan untuk membuat penglihatan menjadi lebih sehat.

Baca Juga: Ini 5 Manfaat Bagian Tengah Nanas yang Keras dan Sering Dibuang

6. Melancarkan pencernaan

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!suchtv.pk

Tak cuma pepaya, nanas juga merupakan buah yang kaya serat dan bisa memperbaiki serta meningkatkan sistem pencernaan menjadi lebih baik.

Bromelain yang terdapat dalam nanas juga memiliki fungsi untuk memecah protein yang lebih mudah diserap usus halus sehingga pencernaan akan menjadi lebih lancar.

Beberapa gangguan pencernaan seperti diare dan radang usus juga dapat dicegah dengan mengonsumsi buah nanas.

7. Menjaga kesehatan kulit

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!naturopathica.com.au

Selain menyehatkan, nanas cukup berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit wajah. Vitamin C yang dimilikinya akan membantu tubuh memproduksi kolagen, suatu protein yang bisa menjaga keremajaan, mencegah keriput, memperlambat proses penuaan, mencerahkan kulit, hingga memperbaiki kondisi kulit yang terganggu.

8. Menjaga kesehatan mulut

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!knysnaplettherald.com

Fungsi penting nanas selanjutnya ialah merawat kesehatan mulut, di antaranya gusi dan gigi. Zat yang terkandung dalam nanas, terutama vitamin C nya bisa membantu kita menjaga kesehatan gigi, seperti mencegah plak gigi dan penyakit gusi, serta menjaga gusi agar tetap kuat.

9. Mengurangi tekanan darah

9 Manfaat Buah Nanas yang Menyehatkan, Bisa Cegah Kanker!medicalnewstoday.com

Fakta bahwa nanas dapat mencegah stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah tinggi adalah karena kandungan kaliumnya. Kalium atau potasium ini merupakan zat mineral yang berfungsi menurunkan tekanan darah bagi penderita hipertensi dan membuat darah kembali normal.

Dari sembilan manfaat sehat buah nanas di atas, kamu harus tetap memperhatikan batasan dalam mengonsumsi si buah kuning ini. Jangan anti banget, tapi tetap konsumsi dengan porsi yang sesuai agar tetap sehat.

Baca Juga: 5 Manfaat Besar Nanas untuk Kecantikan dan Kesehatan, Wajib Coba!

Siti Andini Photo Verified Writer Siti Andini

Nothing Impossible!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Wendy Novianto

Just For You