Comscore Tracker

Wajib Dicatat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Rambut

Meski pahit tapi kaya manfaat, lho!

Pare umumnya tidak disukai oleh banyak orang karena memiliki rasa pahit dan bentuk yang aneh. Tetapi apakah kamu sadar bahwa ternyata pare memiliki banyak manfaat?

Pare adalah sumber vitamin B1, B2, B3, dan C yang sangat baik dan kaya akan zat besi dan kalsium. Penuh dengan serat makanan tinggi, sayuran pahit ini juga mengandung magnesium, folat, fosfor, seng, dan mangan.

Yuk, simak ulasan tentang manfaat pare untuk kesehatan rambut di bawah ini!

1. Membuat rambut berkilau

Wajib Dicatat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Rambutsteemit.com

Kamu bisa mendapatkan rambut berkilau dengan menuangkan secangkir jus pare di atas rambut lalu gosok-gosok secara perlahan selama setengah jam, kemudian biarkan jus pare merendam kulit kepala.

Setelah beberapa menit, cuci rambut dengan air dan gosok-gosok kembali secara perlahan. Tidak hanya membuat rambut berkilau, pare juga membantu menghaluskan tekstur rambut. Yuk, coba!

2. Mengurangi rambut rontok

Wajib Dicatat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Rambuttallypress.com

Jus pare apabila diaplikasikan dengan sedikit gula dapat membantu mencegah rambut rontok. Bahkan jus pare tidak hanya membantu mengurangi rambut rontok, tetapi juga memperkuat rambut. Mirip dengan penanganan untuk rambut berkilau, tuangkan secangkir jus pare di atas rambut lalu gosok-gosok secara perlahan selama beberapa menit, kemudian biarkan jus pare merendam kulit kepala.

Setelah beberapa menit, cuci rambut dengan air dan gosok-gosok kembali secara perlahan.

Baca Juga: 7 Cara Tak Terduga Ini Kamu Bisa Tertular Kutu Rambut dari Orang Lain

3. Mengatasi rambut berminyak

Wajib Dicatat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Rambutdessata.com

Jika mengalami kelebihan minyak yang menumpuk di rambut, kamu dapat mengoleskan campuran jus pare dan cuka sari apel di rambut. Dengan menggunakan campuran ini dua kali seminggu dapat membantu menghilangkan minyak tambahan yang dihasilkan di rambut.

4. Membersihkan ketombe

Wajib Dicatat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Rambuthealthline.com

Jika kulit kepala dirasa sangat kering dan memiliki rambut kasar, kamu dapat menggosokkan sepotong pare dan memijat kulit kepala atau kamu dapat menggosokkan jus pare di atas rambut.

Jika kamu tetap merasa gatal di kulit kepala, maka cobalah untuk menggunakan jus pare yang dicampur dengan pisang tumbuk. Ingatlah untuk menggunakannya seminggu sekali.

5. Mencegah rambut beruban

Wajib Dicatat, Ini 5 Manfaat Pare untuk Kesehatan Rambuthindustantimes.com

Jus pare yang baru diperas dapat diaplikasikan pada untaian rambut yang berwarna abu-abu untuk hasil yang lebih baik. Jus pare juga bisa mengobati rambut beruban prematur dengan mengoleskan jus pare seminggu sekali untuk mengekang pertumbuhan uban.

Itulah beberapa manfaat jus pare yang jarang diketahui oleh banyak orang untuk kesehatan rambut. Berminat untuk mencoba mengaplikasikan pada rambut?

Baca Juga: 6 Fakta Soal Kerontokan Rambut, Rontok Banyak Masih Wajar Kok!

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You