7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!

Yuk, ngeteh!

Jenis teh apa pun yang mampu mengurangi peradangan, yakni respon sistem kekebalan tubuh terhadap cidera atau ancaman yang dirasakan, dapat dianggap sebagai teh anti-inflamasi. Beberapa teh bahkan mampu mengatur respons sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan mengurangi bahaya kronis pada tubuh. Apa saja sih? Yuk, simak ulasan tentang beberapa jenis teh yang ampuh mencegah peradangan pada tubuh di bawah ini!

1. Teh jahe

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!unsplash.com/@dominikmartin

Teh jahe telah lama digunakan oleh orang-orang untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jahe memiliki senyawa anti-inflamasi, dan gingerol, yakni bahan aktif yang dikenal untuk meningkatkan akurasi sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan radikal bebas sebelum mereka dapat menyebabkan stres oksidatif.

2. Teh kunyit

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!thespruceeats.com

Kunyit merupakan rempah yang memiliki banyak manfaat. Kunyit mengandung salah satu zat antioksidan paling kuat, yakni curcumin yang dapat menyembuhkan perut yang sakit dan meningkatkan keseimbangan bakteri dalam usus yang dapat membantu seluruh sistem kekebalan tubuh.

3. Teh dandelion

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!steptohealth.com

Meskipun beberapa orang menganggap dandelion sebagai gulma, tetapi daun ini ternyata dapat diseduh menjadi teh anti-inflamasi yang dapat mengurangi retensi air dan meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Baca Juga: 3 Resep Kue Favorit Ratu Elizabeth II  untuk Teman Minum Teh

4. Teh adas

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!lifealth.com

Adas dikenal sebagai ramuan anti-spasmodik dan anti-inflamasi sehingga sering digunakan untuk menghilangkan stres dalam sistem saraf. Teh adas juga dapat mengurangi stres oksidatif ke seluruh tubuh.

5. Teh peppermint

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!rd.com

Terkenal untuk menenangkan perut, teh peppermint juga mampu mengurangi peradangan di saluran usus serta efek serupa pada sendi dan otot.

6. Teh hijau

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!archanaskitchen.com

Teh hijau memiliki pasokan senyawa polifenol yang sehat yang bersifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga dapat dengan cepat membantu mengatur sistem kekebalan tubuh.

7. Teh kayu manis

7 Jenis Teh Unik yang Ampuh Mencegah Peradangan, Bikinnya Gampang!activebeautiful.com

Cinnamaldehyde adalah bahan aktif yang kuat dari teh kayu manis yang terbukti mampu mengurangi peradangan kronis dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Itulah beberapa jenis teh yang ampuh mencegah peradangan pada tubuh. Yuk, konsumsi secara rutin untuk hasil yang maksimal!

Baca Juga: 6 Manfaat Teh Rosella, Cegah Depresi hingga Meremajakan Kulit

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You