Comscore Tracker

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantung

Penyakit jantung adalah pembunuh nomor satu, lho!

Pembunuh nomor satu di planet ini adalah penyakit jantung yang menyebabkan satu dari empat kematian. Penyebab penyakit jantung sangat mematikan adalah penumpukan progresif di pembuluh arteri yang mempersempit dinding bagian dalam sehingga akhirnya menghambat aliran darah.

Arteri adalah pembuluh darah yang mengirimkan darah yang kaya oksigen dari jantung ke berbagai jaringan dalam tubuh. Ketika plak menumpuk dan aliran darah menjadi terhambat, arteri yang tersumbat dapat menyebabkan masalah yang lebih serius seperti serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Oleh karena itu, apa yang dapat dilakukan untuk menjaga arteri yang sehat dan bebas dari penyumbatan? Makanan atau bahan makanan dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi penyumbatan dan mencegah kerusakan lebih lanjut pada arteri. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Asparagus

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantungunsplash.com/@christine_siracusa

Asparagus adalah salah satu makanan terbaik untuk membersihkan arteri karena kaya dengan serat dan mineral yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah pembekuan darah yang dapat menyebabkan penyakit kardiovaskular yang serius.

Asparagus meningkatkan produksi glutathione, yakni antioksidan yang melawan peradangan dan mencegah oksidasi yang menyebabkan penyumbatan pembuluh darah, serta mengandung asam alfa-linoleat dan asam folat yang mencegah pengerasan pembuluh darah.

2. Alpukat

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantungbusinesstoday.com.ke

Alpukat membantu mengurangi kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang membantu membersihkan arteri. Alpukat juga mengandung vitamin E yang mencegah oksidasi kolesterol, serta potasium yang dikenal dapat menurunkan tekanan darah. 

Baca Juga: 12 Makanan Ini Bisa Menyebabkan Penyumbatan Arteri, Sebaiknya Hindari

3. Brokoli

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantungunsplash.com/@cjred

Brokoli dapat mencegah penyumbatan arteri karena sarat dengan vitamin K yang mencegah kalsium dari merusak arteri. Brokoli juga mencegah oksidasi kolesterol dan penuh serat yang dapat menurunkan tekanan darah. Bahkan brokoli dapat mengurangi stres yang dapat menyebabkan robek dan penumpukan plak pada dinding arteri.

4. Ikan

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantunglegionathletics.com

Ikan berlemak seperti makarel, salmon, sarden, haring, dan tuna yang kaya akan lemak sehat dapat membantu membersihkan arteri. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kolesterol baik, mengurangi kadar trigliserida, mengurangi peradangan pembuluh darah, pembentukan gumpalan darah di arteri, serta menurunkan tekanan darah.

5. Almond

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantungunsplash.com/@remiyuan

Almond adalah pilihan terbaik karena mengandung lemak tak jenuh tunggal, vitamin E, serat, dan protein. Magnesium dalam almond juga dapat mencegah pembentukan plak dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan almond adalah sumber asam lemak omega-3 yang baik dan ampuh mengurangi kolesterol "jahat" dan meningkatkan kadar kolesterol "baik" sehingga menurunkan risiko penumpukan plak di arteri.

6. Semangka

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantunggondwana-collection.com

Semangka adalah sumber alami asam amino L-citrulline yang meningkatkan produksi nitrit oksida dalam tubuh. Nitrit oksida menyebabkan arteri menjadi rileks, mengurangi peradangan, dan membantu menurunkan tekanan darah. Semangka juga membantu memodifikasi lemak darah dan menurunkan akumulasi lemak perut. Lebih sedikit lemak di daerah perut menurunkan risiko penyakit jantung.ul

7. Bayam

7 Makanan Ini Ampuh Bersihkan Arteri untuk Mencegah Penyakit Jantungsimplyrecipes.com

Bayam mengandung kalium, folat, dan serat yang membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah penyumbatan arteri. Dengan mengonsumsi bayam secara rutin dapat membantu menurunkan kadar homosistein, yakni faktor risiko penyakit jantung seperti aterosklerosis.

Itulah beberapa makanan yang ampuh bersihkan arteri untuk mencegah penyakit jantung. Semoga bermanfaat ya!

Baca Juga: Hati-hati, 7 Tanda Penyumbatan Arteri yang Sering Diabaikan

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya