Comscore Tracker

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!

Yuk, hidup sehat dengan ngeteh!

Matcha atau maccha adalah bubuk teh hijau yang ditumbuk halus dengan nama ilmiah Camellia sinensis, dibuat dari daun peneduh berkualitas tinggi yang dikenal sebagai tencha. Teh matcha mengandung banyak antioksidan dan polifenol yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Lalu, selain untuk relaksasi, apa saja manfaat positif matcha untuk kesehatan?

1. Memberikan relaksasi

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!healthywomen.org

Teh matcha bekerja sangat baik dalam memberikan efek menenangkan pada tubuh. L-theanine, asam amino unik yang ada dalam teh hijau ini memiliki sifat anti-anxiolytic yang membantu dalam meningkatkan gelombang alfa di otak. Gelombang alfa ini meningkatkan suasana hati, mendorong relaksasi, dan membantu mencapai kondisi pikiran yang waspada.

2. Kaya antioksidan

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!elitedaily.com

Teh Matcha memiliki antioksidan seperti katekin, yakni EGCG (epigallocatechin gallate) yang mendetoksifikasi tubuh. Dibandingkan dengan teh hijau lainnya, matcha memiliki jumlah EGCG tertinggi. Antioksidan ini mencari radikal bebas oksigen dan menetralkan efek berbahaya mereka. Dengan demikian, melindungi tubuh dari terjadinya gangguan atau radang yang terkait dengan stres oksidatif.

3. Mendetoksifikasi tubuh

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!cheatsheet.com

Klorofil yang terkandung di dalamnya adalah detoxifier yang sangat baik yang dapat membantu membersihkan darah. Hal ini membantu menjaga alkalinitas darah dan jaringan. Klorofil juga membantu mencegah hubungan racun berbahaya dengan dinding usus besar dan membuangnya ke luar tubuh.

4. Mencegah kanker

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!verywellhealth.com

Teh matcha mungkin memiliki beberapa potensi anti kanker yang memiliki efek terapi pada tubuh dengan "memediasi pemrograman ulang sel-sel kanker". Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa polifenol yang ada dalam teh ini mencegah proliferasi sel kanker ganas, dan mendorong induksi apoptosis.

Baca Juga: 5 Perbedaan Matcha dan Green Tea, Jangan Keliru

5. Meningkatkan energi

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!bustle.com

Matcha mengandung bentuk kafein yang sehat, tidak sama dengan kopi. Bentuk unik kafein yang dikenal sebagai teofilin ini menopang tingkat energi tanpa efek samping. Pelepasan energi yang lambat karena teofilin membantu mendukung fungsi kelenjar adrenal dan mempertahankan kadar hormon optimal.

6. Mencegah gangguan mata

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!aarp.org

Konsumsi matcha yang rutin akan mengarah ke penyerapan katekin di jaringan mata yang membantu mencegah kebutaan yang disebabkan oleh katarak. Hal ini juga meningkatkan penglihatan dan mencegah gangguan mata seperti glaukoma.

7. Menurunkan berat badan

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!fatclinics.com

Katekin yang terkandung di dalam matcha membantu pada pengurangan lemak tubuh. Hal ini juga meningkatkan metabolisme yang selanjutnya membantu pada penurunan massa lemak tubuh.

8. Meningkatkan kognisi

8 Manfaat Luar Biasa Matcha, Ampuh Mencegah Kanker, Lho!huffingtonpost.com.au

Di dalam matcha ditemukan theanine yang berperan sebagai neurotransmitter. Hal ini memberikan efek menenangkan pada otak tanpa menyebabkan rasa kantuk. Studi yang diterbitkan dalam Jurnal Psikologi Biologis mengungkapkan efek anti-stres dari theanine yang ditemukan di dalam teh ini yang membantu dalam mengurangi respon stres fisiologis dan psikologis dengan menghambat eksitasi neuron. Teh ini juga dipercaya dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.

Itulah beberapa manfaat yang baik dari matcha untuk kesehatan tubuh. Yuk, rutin meminum matcha untuk pola hidup yang lebih sehat!

Baca Juga: Gak Cuma Matcha, Ini Lho 8 Jenis Teh Hijau Khas Jepang

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You