Comscore Tracker

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!

Yuk, ngeteh!

Teh oolong dikenal memiliki aroma harum dan rasa buah. Meskipun mengandung kafein, minuman ini masih disukai banyak orang. Manfaat kesehatan dari teh oolong bahkan dua kali lipat karena kualitas gabungan teh hitam dan teh hijau. Ada banyak jenis teh di dunia ini, tetapi teh oolong dianggap sebagai jenis teh yang paling bermanfaat. Apa saja manfaat teh oolong untuk kesehatan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Membantu menurunkan berat badan

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!fatclinics.com

Senyawa polifenol yang ditemukan dalam teh oolong secara positif dapat mengendalikan metabolisme lemak dalam tubuh dan mengurangi obesitas. Bahkan studi menunjukkan bahwa kandungan kafein dalam teh oolong adalah bahan aktif untuk menurunkan berat badan.

2. Mengontrol diabetes tipe 2

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!verywellhealth.com

Teh oolong dikenal sebagai minuman herbal untuk mengatasi gangguan diabetes tipe 2 dan sebagai tambahan untuk obat pelengkap lainnya untuk mengobati penyakit ini. Teh oolong dapat membantu mengatur jumlah gula darah dan insulin dalam aliran darah sehingga penurunan dan lonjakan gula darah yang berbahaya dapat dikurangi.

3. Membersihkan radikal bebas berbahaya

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!cheatsheet.com

Senyawa polifenol dalam teh oolong berfungsi sebagai antioksidan yang berkontribusi dalam menghilangkan radikal bebas dari tubuh. Sebuah studi di jurnal nutrisi pada tahun 2002 menetapkan bahwa fenol teh membantu membersihkan radikal bebas. Oleh karena itu, mengonsumsi teh oolong dosis harian dapat membantu orang melawan potensi bahaya yang sering ditimbulkan oleh sel-sel yang bergerak bebas pada tubuh, termasuk kanker, aterosklerosis, stroke, artritis reumatoid, neurodegenerasi, dan diabetes.

Baca Juga: 5 Manfaat Teh Bunga Sepatu, dari Turunkan Kolesterol Hingga Diet

4. Meningkatkan kewaspadaan mental

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!huffingtonpost.com.au

Manfaat kesehatan dari teh oolong termasuk peningkatan kewaspadaan mental. Asupan teh oolong yang kaya kafein secara teratur dapat membantu meningkatkan kinerja mental dan menjaga kewaspadaan sepanjang hari.

5. Potensi anti-kanker

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!rd.com

Ada hubungan yang terkenal antara minum teh dan risiko lebih rendah terkena kanker kulit. Selain itu, senyawa polifenol dalam teh oolong mendorong apoptosis dalam kasus pertumbuhan sel kanker di lambung. Ekstrak polifenol ini juga bertindak sebagai instrumen kemo-preventif terhadap perkembangan kanker lainnya juga. Senyawa ini menghambat aktivasi sel karsinogenik, mencegah pembentukan senyawa N-nitroso, dan menjebak agen genotoksik sebelum menjadi efektif.

6. Perawatan kulit

6 Manfaat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh!mythirstyspot.com

Menurut percobaan ilmiah, pasien yang didiagnosis dengan eksim dapat mengambil manfaat dari minum tiga cangkir teh oolong sepanjang hari. Manfaat teh ini dapat dilihat dalam waktu kurang dari seminggu. Dalam satu penelitian, lebih dari setengah dari subjek uji ditemukan menunjukkan hasil positif, kondisi kulit akan membaik setelah enam bulan asupan harian teh oolong.

Itulah beberapa manfaat teh oolong bagi kesehatan yang bisa kamu dapatkan. Berminat mencoba mengonsumsinya secara teratur?

Baca Juga: Benar-Benar Usir Penyakit, Ini 10 Manfaat Teh Hijau

Siti Anisah Photo Verified Writer Siti Anisah

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan
  • Septi Riyani

Just For You