Comscore Tracker

5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambung

Penyakit asam lambung cukup umum terjadi di masyarakat

Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus. Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) ini sangat menganggu aktivitas dan memengaruhi gaya hidup seseorang.

Namun, sebelum bergegas ke apotek, berikut ini ada beberapa tips pengobatan rumah penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) yang mudah dan alami untuk mengurangi efek samping yang tidak diinginkan dari masalah tidak nyaman ini. Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Meminum air yang dicampur baking soda

5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambungdavidwolve.com

Satu sendok teh soda kue (bahan dasar) ampuh menetralkan asam lambung dengan mengurangi sensasi terbakar di dada. Campurkan satu sendok teh soda kue dengan air, lalu aduk dengan sendok dan minum.

Ulangi sesuai kebutuhan, tetapi jangan melebihi tujuh dosis dalam satu hari. Hindari menggunakan obat rumah ini selama lebih dari seminggu, karena kandungan garamnya yang tinggi dan efek samping lainnya seperti pembengkakan atau mual.

2. Mengunyah permen karet bebas gula setelah makan

5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambungthedailymeal.com

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Journal of Dental Research mengatakan bahwa seseorang yang menderita penyakit asam lambung dapat mengunyah permen karet bebas gula selama 30 menit setelah makan. Mengunyah permen karet akan merangsang kelenjar ludah yang meningkatkan air liur yang membantu mencuci asam apa pun.

3. Jangan berbaring setelah makan

5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambungbustle.com

Ketika selesai makan dan berbaring, isi perut dapat lebih mudah didorong ke atas karena memberi tekanan pada sfingter esofagus. Namun, jika duduk dan tegak, gravitasi bekerja untuk membantu menjaga agar makanan tidak turun.

Yang terbaik adalah makan tiga hingga empat jam sebelum berbaring atau tidur untuk memberikan waktu bagi makanan untuk dicerna sepenuhnya. Jangan lupa untuk berbaring atau tidur dengan bantal yang sedikit lebih tinggi di tempat tidur.

Baca Juga: 5 Minuman yang Mampu Menetralkan Kadar Asam Lambung Saat Puasa

4. Jangan mengonsumsi sembarang buah

5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambungaufsi.auburn.edu

Penderita asam lambung tidak boleh mengonsumsi sembarang buah. Penderita asam lambung disarankan untuk mengonsumsi pisang karena memiliki sifat antasid alami yang menangkal refluks asam.

Dengan mengonsumsi pisang yang matang setiap hari akan mengurangi ketidaknyamanan asam yang muncul tiba-tiba. Buah lain yang enak untuk dicoba penderita asam lambung adalah apel. Untuk mencegah rasa tidak nyaman di malam hari, potong apel dan nikmati beberapa jam sebelum tidur.

Pastikan untuk menghindari buah-buahan dengan kandungan asam tinggi seperti jeruk, jeruk bali, dan nanas.

5. Meminum teh jahe sebelum makan

5 Tips Rumahan yang Mudah dan Alami untuk Mengobati Asam Lambungrd.com

Teh jahe sangat baik untuk banyak penyakit perut, dari sakit perut biasa sampai mual hingga refluks asam kronis. Dengan mengiris kecil jahe lalu memasukkan ke dalam air selama 30 menit, penderita asam lambung akan mendapatkan manfaat yang banyak. Untuk manfaat maksimal, minumlah teh sebelum makan untuk memaksimalkan dampak pengobatan rumahan untuk penyakit asam lambung ini.

Itulah beberapa tips rumahan yang mudah dan alami untuk mengobati asam lambung. Berminat mencoba?

Baca Juga: 9 Penyebab Asam Lambung yang Harus Diketahui Agar Puasa Lancar

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya