Comscore Tracker

Ini 5 Akibatnya Kalau Kamu Pakai Tusuk Gigi dengan Cara yang Salah

Bisa mengancam kesehatan gigi dan gusi, lho

Setelah selesai makan, banyak orang yang langsung mengambil tusuk gigi untuk mengeluarkan sisa makanan yang terselip di antara gigi. Termasuk kamu?

Meski demikian, masih banyak yang belum tahu bahwa kebiasaan membersihkan gigi dengan tusuk gigi, apalagi menggunakannya dengan cara yang salah, dapat memberi efek buruk bagi rongga mulut, lho.

Tusuk gigi terbuat dari bahan kayu dan memiliki tekstur yang kasar. Secara mikroskopis, terlihat permukaan yang berserabut pada tusuk gigi. Siapa sangka, ternyata hal ini dapat memengaruhi kondisi gigi dan jaringan pendukungnya!

Penting untuk disimak, berikut ini adalah akibat dari penggunaan tusuk gigi yang salah. Simak baik-baik, ya!

1. Peradangan pada gusi

Ini 5 Akibatnya Kalau Kamu Pakai Tusuk Gigi dengan Cara yang Salahallstardentalclinic.com

Sering tidak disadari, ternyata kebiasaan membersihkan gigi dengan tusuk gigi dapat mengakibatkan radang gusi atau gingivitis. Menggunakan tusuk gigi bisa membuat sisa makanan di antara gigi masuk jaringan gusi. Akibatnya, gusi pun menjadi lebih rentan mengalami pembengkakan dan kemerahan.

Berdasarkan sebuah penelitian dalam jurnal Warta Farmasi tahun 2019, perilaku menusuk dan mengungkit dengan tusuk gigi dapat mengganggu jaringan pendukung gigi. Bentuk tusuk gigi yang tidak sesuai dengan struktur anatomis gigi dan gusi pun akan memicu radang gusi.

2. Menciptakan jarak antar gigi

Ini 5 Akibatnya Kalau Kamu Pakai Tusuk Gigi dengan Cara yang Salahpixabay.com/Mudassar Iqbal

Walaupun dapat mengeluarkan sisa-sisa makanan yang terselip antar gigi, ternyata tusuk gigi juga dapat berdampak buruk bagi susunan gigi geligi.

Menurut laporan dalam jurnal Media Kesehatan Gigi tahun 2017, diameter ukuran tusuk gigi yang cukup besar dapat membuat jarak antar gigi menjadi lebih besar. Kalau dilakukan terus-menerus, apalagi dengan tidak berhati-hati, tindakan ini hanya akan melebarkan celah antara gigi.

3. Merusak lapisan terluar gigi

Ini 5 Akibatnya Kalau Kamu Pakai Tusuk Gigi dengan Cara yang Salahnhakhoavietgiao.com

Kesalahan dalam penggunaan tusuk gigi juga berpotensi merusak lapisan terluar gigi, atau yang disebut dengan abrasi gigi. Abrasi gigi adalah kerusakan akibat hilangnya struktur gigi karena terjadi kontak gigi dengan benda dari luar, sehingga menimbulkan cekungan pada gigi.

Berdasarkan sebuah studi dalam Bali Dental Journal tahun 2020, kebiasaan menggunakan tusuk gigi akan menggesek daerah samping gigi. Jika dilakukan terus-menerus, maka akan menyebabkan keausan pada permukaan gigi.

Kalau kondisi tersebut terjadi, maka gigi akan terasa ngilu dan menjadikan gigi sensitif. Selain itu, gigi pun akan tampak seperti terkikis.

4. Gusi rentan berdarah

Ini 5 Akibatnya Kalau Kamu Pakai Tusuk Gigi dengan Cara yang Salahthegrandhealthcare.com/

Gusi berdarah merupakan hal yang rentan dialami seseorang yang menggunakan tusuk gigi dengan penampang yang tidak sesuai. Apalagi jika asal dalam menggunakannya, wah, bisa-bisa gusimu akan terluka.

Menurut sebuah tinjauan pustaka dalam Jurnal Kesehatan Gigi tahun 2016, disebutkan bahwa tusuk gigi dengan bentuk yang tidak sesuai dengan daerah gigi dan gusi, apalagi bila kondisinya tidak bersih, dapat mengakibatkan luka dan perdarahan pada gusi. 

Maka dari itu, pastikan untuk selalu berhati-hati dalam penggunaannya. Jangan sampai kamu melukai jaringan sekitar gigi karena terlalu keras menekan daerah gusi, ya!

5. Berpotensi menyebabkan infeksi pada rongga mulut

Ini 5 Akibatnya Kalau Kamu Pakai Tusuk Gigi dengan Cara yang Salahfreepik.com/@freepik

Tidak boleh dianggap remeh, kebiasaan menggunakan tusuk gigi juga dapat berdampak lebih serius, seperti munculnya infeksi pada rongga mulut.

Menurut laporan dari jurnal Warta Farmasi tahun 2019, tusuk gigi yang tidak steril atau tidak terjaga kebersihannya dapat menimbulkan infeksi rongga mulut, seperti resesi gingiva dan epulis fibromatosa.

Hal yang sama disebutkan pada jurnal Media Kesehatan Gigi tahun 2017, bahwa penggunaan tusuk gigi yang lembap dan tidak bersih akan mempercepat perkembangbiakan bakteri anaerob, sehingga jika terjadi luka pada gusi akan berpotensi mengakibatkan infeksi gusi.

Daripada menggunakan tusuk gigi, paling amannya adalah menggunakan benang gigi (dental floss) bila ingin membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi sehabis makan. Benang gigi bentuknya tipis, lebih fleksibel, tidak mudah putus, bisa dengan mudah masuk ke sela-sela gigi, serta bisa mengikuti bentuk gigi tanpa menyebabkan kerusakan pada jaringan di sekitarnya. 

Itulah beberapa akibat dari kebiasaan menggunakan tusuk gigi, apalagi dengan cara yang salah. Sebaiknya hentikan demi kesehatan gigi dan mulut yang lebih baik, dan beralihlah ke benang gigi untuk menghindari berbagai risiko yang disebutkan di atas tadi. 

Selain itu, jangan lupa untuk rajin menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, yaitu setelah makan pagi dan sebelum tidur malam. Hal ini akan sangat membantu untuk menghilangkan sisa-sisa makanan yang tertinggal dan mencegah pembentukan plak gigi. 

Denty Rizqita Photo Verified Writer Denty Rizqita

Semoga tulisan-tulisannya bermanfaat, yaa!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya