Comscore Tracker

Enak Jadi Sambal, Kecombrang Menyimpan 5 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Kabar baik untuk kamu yang doyan sajian kecombrang, nih!

Kecombrang (Etlingera elatior) adalah jenis tanaman rempah-rempah yang sering dikonsumsi. Salah satunya adalah sering dijadikan sambal yang lezat. Tak hanya itu, kecombrang juga sudah lama dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang bermanfaat untuk kesehatan, lho!

Bagian daunnya memiliki kandungan flavonoid, saponin, tanin, polifenol, dan minyak atsiri. Hal itulah yang merupakan sumber manfaat kesehatan dari kecombrang, apalagi sudah didukung oleh beberapa penelitian!

Penasaran dengan apa saja manfaat dari kecombrang? Simak, yuk!

1. Dilengkapi kekuatan antibakteri

Enak Jadi Sambal, Kecombrang Menyimpan 5 Manfaat Ini untuk KesehatanBakteri Salmonella typhi. flickr.com/Sanofi Pasteur

Zat antibakteri adalah suatu bahan yang dapat mengganggu pertumbuhan bakteri, baik itu dengan menghambat ataupun membunuhnya. Nah, daun kecombrang diketahui memiliki kemampuan ini, lho!

Berdasarkan sebuah penelitian dalam Jurnal Ilmiah Manuntung tahun 2015, ekstrak etanol dalam daun kecombrang terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Salmonella typhi. Khasiat itu datang dari senyawa aktif daun kecombrang seperti saponin, flavonoid, dan tanin.

2. Juga diperkuat dengan sifat antijamur

Enak Jadi Sambal, Kecombrang Menyimpan 5 Manfaat Ini untuk KesehatanJamur Candida albicans dilihat dari mikroskop. commons.wikimedia.org/David Arqueas

Menurut sebuah laporan dalam jurnal Media Farmasi tahun 2019, disebutkan bahwa ekstrak daun kecombrang memiliki efektivitas terhadap pertumbuhan jamur Candida albicans.

Lagi-lagi ini berkat senyawa flavonoid, polifenol, dan minyak atsiri dalam daun kecombrang.

Baca Juga: [QUIZ] Virus, Bakteri atau Jamur? Ayo Tebak Asalnya Penyakit lewat Kuis Ini

3. Ada pula kandungan antioksidan

Enak Jadi Sambal, Kecombrang Menyimpan 5 Manfaat Ini untuk Kesehatanfreepik.com/@prostooleh

Tubuh kita butuh zat antioksidan untuk menetralisir dan mencegah kerusakan yang diakibatkan dari radikal bebas. Kandungan antioksidan ini dapat ditemukan pada banyak tanaman, dan kecombrang adalah salah satunya.

Berdasarkan laporan dalam jurnal Pharmacy tahun 2017, ekstrak daun kecombrang memiliki aktivitas antioksidan yang paling kuat dibandingkan bagian bunga dan rimpangnya. Ini merupakan manfaat dari kandungan fenol yang tinggi pada bagian daun kecombrang.

4. Penyembuh luka

Enak Jadi Sambal, Kecombrang Menyimpan 5 Manfaat Ini untuk Kesehatanfreepik.com/@user17432319

Tahu tidak, ternyata bagian daun dari tanaman kecombrang juga bisa dimanfaatkan sebagai penyembuh luka sayatan, lho. 

Menurut Jurnal Farmasi FIK UINAM tahun 2015, formulasi gel ekstrak etanol daun kecombrang efektif dalam menyembuhkan luka sayat pada kelinci. Potensi ini muncul dari kandungan aktif daun kecombrang, yaitu lewat flavonoid, saponin, dan polifenol. 

5. Anti hiperglikemia

Enak Jadi Sambal, Kecombrang Menyimpan 5 Manfaat Ini untuk Kesehatanfreepik.com/@vistudio2019

Diabetes melitus adalah penyakit gangguan metabolisme karena insufisiensi produksi hormon insulin. Kondisi tersebut, seperti yang kita tahu, mengakibatkan peningkatan kadar glukosa dalam darah. Nah, daun kecombrang juga diteliti khasiatnya dalam hal ini, lho. 

Menurut sebuah laporan dari Jurnal Ilmiah Farmasi tahun 2018, ekstrak etanol daun kecombrang dalam dosis tertentu mampu menurunkan kadar glukosa darah hewan uji yang digunakan. Dengan hal ini juga, ekstrak daun kecombrang diketahui punya potensi untuk dikembangkan menjadi obat anti diabetes.

Wah, keren juga, berbagai manfaat yang ditawarkan oleh daun kecombrang bagi kesehatan tubuh? Meskipun berpotensi digunakan sebagai obat herbal, tetapi sabaiknya konsultasikan dulu bila ingin mengonsumsinya, apalagi bila memiliki kondisi medis. Apa menu kecombrang favoritmu?

Baca Juga: 6 Kebiasaan Kecil Ini Ampuh Mencegah Diabetes, Terapkan Selagi Sehat!

Denty Rizqita Photo Verified Writer Denty Rizqita

Semoga tulisan-tulisannya bermanfaat, yaa!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya