Comscore Tracker

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawat

Khasiatnya tidak kalah dari madu

Tahukah kamu bahwa lebah tidak hanya sekadar menghasilkan madu? Lebah juga menghasilkan produk sampingan yang disebut dengan propolis. Senyawa sampingan ini berasal dari resin atau getah tanaman yang kemudian dicampur dengan lilin dan air liur lebah. Propolis ini berfungsi sebagai lapisan pelindung sarang lebah dari ancaman yang datang dari luar.

Setidaknya ada lebih dari 300 senyawa yang terkandung dalam propolis. Sebagian besarnya berbentuk senyawa polifenol. Kandungan polifenol yang tinggi ini sangat bermanfaat sebagai anti bakteri, antiradang, antivirus, antifungal, antioksidan, serta mampu untuk meningkatkan kekebalan tubuhmu.

Eits, tidak hanya itu, masih ada lagi nih manfaat propolis untuk kesehatan. Terus simak ulasan di bawah ini ya, guys!

1. Mengatasi penyakit herpes

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawatallure.com

Disari dari berbagai sumber, propolis dipercaya dapat membantu menyembuhkan infeksi akibat The Herpes Simplex Virus (HSV) tipe 1 dan 2. HSV-1 adalah virus yang menyebabkan infeksi herpes di mulut dan bibir. Sedangkan HSV-2 adalah penyebab utama herpes yang menjangkit alat kelamin.

Untuk mengobati penyakit ini, propolis bisa diolah menjadi salep lalu dioleskan ke bibir atau alat kelamin yang terinfeksi oleh virus herpes. Antivirus, antijamur dan antibakteri yang terkandung di dalam propolis inilah yang bekerja untuk menyembuhkan virus herpes.

Selain itu menurut studi yang dipublikasikan di Journal Phytotherapy Research, salep propolis juga mampu mengurangi rasa sakit akibat virus herpes ini.

2. Mencegah dan mengobati batuk pilek dan sakit tenggorokan

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawatmissambivert.com

Mengalami radang tenggorokan rasanya pasti tidak nyaman ya, guys. Ketika menelan makanan atau air liur akan timbul rasa nyeri, gatal, dan perih di tenggorokan. Pada umumnya, sakit tenggorokan ini disebabkan oleh infeksi virus seperti flu dan batuk atau faktor lingkungan yang kering.

Kabar baiknya untuk kamu, propolis dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati radang tenggorokan sekaligus flu dan batuk. Kandungan flavanoid di dalam propolis akan bekerja membunuh kuman-kuman jahat penyebab radang tenggorokan dan batuk pilekmu, guys. 

3. Membantu mencegah kanker

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawatgynostemma.org

Salah satu manfaat propolis lebah adalah memiliki sifat anti tumor dan anti kanker. Manfaat propolis ini telah banyak diteliti lho. Seperti yang dipublikasikan dalam Journal Clinical Review in Allergy and Immunity bahwa kandungan anti kanker di dalam propolis dapat digunakan untuk mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Kandungan bioflavanoid atau zat antioksidan yang tinggi beserta kandungan fenoliknya dapat digunakan untuk mengobati kanker secara alami. Bahkan ada yang menyebutkan bahwa bioflavanoid yang terkandung dalam satu tetes propolis setara dengan 500 buah jeruk!

Baca Juga: 5 Cara Tepat Menggunakan Madu untuk Berbagai Penyakit

4. Mengatasi jerawat

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawatjustherbs.in

Selain mengandung zat anti bakteri, propolis juga mengandung minyak essensial sehingga mampu membunuh bakteri yang menyebabkan timbulnya jerawat di wajahmu. Zat resin yang berperan sebagai anti radang di dalam skincare dengan kandungan propolis juga bisa kamu gunakan ketika jerawatmu semakin bertambah parah, guys. Dijamin jerawatmu akan cepat sembuh, deh.

5. Menurunkan tekanan darah tinggi

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawatpennmedicine.org

Jika kamu sedang menderita tekanan darah tinggi, kamu bisa nih mencoba menggunakan propolis sebagai obat alternatif. Propolis memiliki efek anti hipertensi untuk menurunkan gejala darah tinggi pada tubuh manusia.

Unsur etanolnya juga dapat mencegah munculnya gejala darah tinggi. Bisa mencegah sekaligus mengobati.

6. Menjaga kesehatan mulut

6 Manfaat Menakjubkan Propolis, Bisa untuk Mengatasi Jerawatdrjlv.com

Herbal propolis juga bisa manjur untuk menjaga kesehatan mulut lho guys. Terbukti sekarang banyak produk-produk perawatan mulut dengan kandungan propolis dijual di pasaran.

Sejatinya, sifat anti bakteri dan anti radang di dalam propolis dapat mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan kerusakan gigi dan mulut. Mulut pun terhindar dari sariawan, herpes dan plak pada gigi. 

Nah, itu dia 6 manfaat propolis untuk kesehatan tubuhmu. Meski propolis banyak dijual di pasaran, kamu harus tetep selektif dalam memilih. Jangan sampai kamu membeli yang palsu. Sebab, kesehatan adalah kekayaan paling nikmat yang bisa dimiliki manusia. Setuju?

Baca Juga: 5 Manfaat Mangga Madu untuk Kesehatan, Bisa Atasi Gusi Berdarah!

Siti Nurdianti Photo Writer Siti Nurdianti

Sharing my daily interest

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya