Comscore Tracker

5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!

Bisa meningkatkan risiko kebakaran rumah juga, lho!

Mematikan lampu saat akan tidur adalah tindakan sederhana yang memberi dampak luar biasa pada kesehatan juga keamanan tempat tinggal. Mungkin bagi sebagian orang, beristirahat di malam hari dalam kondisi gelap bisa menimbulkan ketidaknyamanan bahkan ketakutan.

Namun mengingat dampaknya yang begitu besar, sepertinya kamu harus mulai membiasakan diri tidur tanpa cahaya yang berasal dari lampu.

Berikut 5 bahaya tidur di kamar yang dipenuhi cahaya lampu.

1. Kekurangan oksigen

5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!Pexels/VisionPic .net

Demi kesehatan sistem pernapasan kamu, mulailah membiasakan diri untuk mematikan lampu kamar saat hendak tidur. Sebab, lampu yang dibiarkan menyala akan menghabiskan oksigen di ruangan kamarmu.

Masalah yang timbul akibat kamar yang dibiarkan dalam kondisi terang adalah orang yang tidur di kamar tersebut akan kekurangan oksigen dan lebih parahnya lagi, gas yang dihirup banyak mengandung zat berbahaya berupa karbon monoksida. Jadi keputusan mematikan lampu kamar saat hendak tidur adalah keputusan yang tepat.

2. Bisa menyebabkan kebakaran rumah

5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!Pexels/Pixabay

Jika ada permasalahan aliran listrik yang berhubungan dengan lampu saat kamu terlelap, tentunya kamu tidak akan mengetahui hal itu dengan cepat.

Banyak rumah yang kebakaran di malam hari karena permasalahan aliran listrik, lampu yang dimatikan oleh penghuni rumah di malam hari akan meminimalisir risiko bencana tersebut.

Daripada tempat tinggalmu berisiko kebakaran yang tentunya akan menimbulkan berbagai kerugian baik material maupun moril, mulailah untuk mematikan lampu saat akan tidur sebagai bentuk tindakan preventif.

Baca Juga: 7 Alasan Mengapa Tidur dengan Orang yang Kamu Cintai Lebih Menyehatkan

3. Mengganggu keluarnya melatonin

5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!Pexels/Pixabay

Membiarkan kondisi kamar tidur dalam keadaan terang benderang oleh cahaya lampu bisa mengganggu pelepasan hormon melatonin yang akan membantu kamu terlelap di malam hari untuk mengistirahatkan tubuh. Saat kamu beraktivitas di siang hari, produksi hormon ini akan terhambat oleh paparan sinar matahari yang mengenai tubuhmu.

Mata yang terpapar cahaya lampu di malam hari akan membuat tubuh kebingungan menentukan waktu tidur. Akibatnya hormon melatonin yang harusnya dilepaskan saat malam hari untuk membuat kamu terlelap terhambat oleh cahaya dari lampu yang menyala. Nah, kamu tidak mau kan jam tidurmu acak-acakan?

4. Menghambat pengeluaran racun tubuh

5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!Pexels/Zun Zun

Kamar yang gelap akan meningkatkan kualitas tidur kamu, proses pengeluaran racun tubuh juga akan optimal jika tidur kamu berkualitas.

Berbeda jika kamu beristirahat di kamar yang penuh cahaya lampu, pengeluaran racun tubuh akan terganggu yang membuat kamu merasa lemas, malas, dan tidak semangat menjalani hari.

5. Menghemat listrik sebagai upaya go green

5 Bahaya Membiarkan Lampu Menyala Saat Tidur, Bisa Kekurangan Oksigen!Pexels/Pixabay

Tak hanya bermanfaat bagi kesehatan tubuh, dengan mematikan lampu saat akan tidur di malam hari, kamu turut berkontribusi positif dalam upaya membuat alam menjadi lebih baik.

Selain itu, kamu juga bisa memangkas anggaran rumah tangga untuk membayar tagihan listrik. Uangnya bisa kamu tabung untuk keperluan lain seperti liburan keluarga.

Nah, itu dia 5 bahaya tidur dengan lampu yang dibiarkan menyala. Tak hanya bermanfaat dari segi ekonomi, langkah sederhana ini juga berguna bagi kesehatan kamu dan keamanan rumahmu. Yuk, biasakan!

Baca Juga: 5 Hal yang Sebaiknya Jangan Kamu Lakukan Sebelum Tidur

Siti Nurjanah Photo Verified Writer Siti Nurjanah

a flexible girl who loves vegetarians ig: nunuy1602

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You