Comscore Tracker

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Pola Tidurmu Lho

Bisa mengganggu kesehatan juga

Tidur nyenyak dan berkualitas merupakan kebutuhan setiap orang. Apalagi setelah seharian beraktivitas, tubuh yang lelah sangat memerlukan istirahat yang berkualitas agar segar kembali di pagi hari. Untuk memperoleh tidur yang berkualitas, menjaga pola tidur sangatlah penting.

Yang dimaksud dengan pola tidur adalah mencakup kapan dan berapa lama seseorang biasanya tidur, baik tidur di malam hari maupun tidur sejenak di siang hari. Pola tidur yang baik berarti memiliki waktu tidur yang teratur setiap harinya. Secara tidak sadar, ada beberapa hal yang ternyata dapat merusak pola tidur, seperti di bawah ini.

1. Membayar utang tidur di hari libur

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Pola Tidurmu Lhonews-medical.net

Aktivitas dan pekerjaan yang menumpuk terkadang akan menyita waktu tidur di malam hari. Sehingga seringkali seseorang akan sengaja menghabiskan hari liburnya dengan tidur seharian, untuk membayar utang tidur di malam-malam sebelumnya.

Kebiasaan ini dapat merusak pola tidur karena bisa mengacaukan siklus tidur tubuh. Tidur seharian saat libur malah akan menyebabkan tubuh menjadi lebih loyo dan tidak produktif di hari kerja. Nah, biar tubuh segar kembali sebenarnya menambah sedikit saja waktu tidur dari hari biasanya sudah cukup kok.

2. Bermain gadget sebelum tidur

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Pola Tidurmu Lhopcmag.com

Memainkan gadget sebelum tidur adalah kebiasaan buruk yang tidak hanya dapat mengganggu pola tidur, tapi juga bisa memicu masalah kesehatan. Pada dasarnya cahaya akan dapat memberikan isyarat pada otak sebagai penanda waktu bangun.

Padahal otak tidak bisa membedakan dari mana asal dari cahaya tersebut, termasuk cahaya dari layar gadget. Hal ini akan menyebabkan otak kembali aktif, sehingga kantuk hilang dan waktu tidur tertunda. Nah, agar pola tidur tidak terganggu sebaiknya matikan gadget sekitar 2 jam sebelum tidur ya.

3. Pola makan yang tidak sehat

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Pola Tidurmu Lhohealthline.com

Pola makan yang kurang sehat, ternyata tidak hanya berpengaruh pada berat badan kita lho. Karena dengan pola makan yang sehat, kita dapat memperoleh pola tidur yang sehat pula.

Misalnya dengan makan malam minimal 3 jam sebelum tidur, hal ini untuk memberikan kesempatan organ tubuh beristirahat alih-alih bekerja untuk mencerna makanan. Hindari juga mengkonsumsi terlalu banyak cairan ya, karena bisa membuat kita lebih sering terbangun untuk ke kamar kecil. Dengan begitu, tidur malam bisa semakin berkualitas.

Baca Juga: Ternyata Banyak Manfaatnya, 7 Alasan Kamu Perlu Tidur Telanjang

4. Tidur dengan lampu yang menyala

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Pola Tidurmu Lhowww.thejakartapost.com

Cahaya lampu akan memberikan isyarat ke otak untuk mengaktifkan syaraf dan otot. Sehingga jika kita tidur dengan lampu yang dibiarkan menyala akan cenderung lebih sering terbangun tiba-tiba. 

Terkadang saking seringnya terbangun bisa menyebabkan rasa kantuk hilang, sehingga bisa menurunkan kualitas tidur di malam hari. Dengan mematikan lampu di malam hari, tidur akan lebih lelap dan bangun tidur pun badan akan terasa lebih segar lho.

5. Kembali tidur setelah mematikan alarm di pagi hari

Ternyata 5 Kebiasaan Ini Bisa Merusak Pola Tidurmu Lhowww.thejakartapost.com

Menyetel alarm pada dasarnya bertujuan untuk membangunkan kita, terutama jika susah bangun. Namun pada kenyataannya tidak jarang yang hanya bangun sebentar untuk mematikan alarm saja, lalu melanjutkan tidur lagi.

Kebiasaan seperti inilah yang bisa merusak pola tidur, karena tubuh akan menjadi terbiasa tidur lebih lama di pagi hari. Kebiasaan ini malah bisa membuat tubuh menjadi semakin lemas saat bangun. Baiknya adalah lekas bangun setelah alarm berbunyi, jangan tidur lagi agar kualitas tidur terjaga.

Jika beberapa hal di atas sudah menjadi kebiasaan kita sehari-hari, tidak hanya pola tidur saja yang berantakan, tapi juga bisa mengganggu kesehatan dan mental kita lho. Jadi,  hidup sehat bisa diawali dengan memperbaiki pola tidur.

Baca Juga: Sering Berkeringat saat Tidur Apakah Normal? Ini Penjelasan Medisnya!

Siwi Tristanti Photo Community Writer Siwi Tristanti

bukan penulis yang hobi baca puisi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You