Comscore Tracker

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Ini

Meski bukan karena kehamilan, kamu harus waspada

Banyak pertanda dalam tubuh kita yang bisa dibaca untuk melihat kesehatan tubuh kita. Bagi cewek, salah satunya adalah melalui siklus menstruasi. Siklus menstruasi cewek biasanya berlangsung antara 28 hingga 35 hari normalnya. Jika lebih dari itu, kamu harus waspada. Apalagi jika tidak sedang dalam rencana memiliki momongan. Bisa jadi tujuh hal ini penyebabnya.

1. Penurunan berat badan secara drastis.

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Inipixabay.com

Jika kamu mengalami penurunan berat badan secara drastis, karena sakit, diet atau olahraga yang berlebihan, maka besar kemungkinan inilah penyebab telat menstruasi. Untuk mereka yang BMI-nya (Body Mass Index) di bawah 18 atau 19, hormon estrogen akan berkurang sehingga membuat menstruasimu tidak teratur.

2. Stres

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Inisplitshire.com

Bagian otak yang disebut hypothalamus adalah bagian yang memproduksi hormon pencetus menstruasi. Jika kamu mengalami stres, bagian ini akan terganggu. Maka tak heran jika kamu stres menjelang ujian, sedang mengalami masalah berat atau kehilangan seseorang yang dicintai sehingga amat bersedih, maka menstruasimu akan terlambat.

3. Ketidakseimbangan tiroid.

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Inizdravenbcatalog.com

Kelenjar tiroid yang terletak leher adalah pengatur metabolisme tubuh manusia. Kelenjar ini sangat berpengaruh pada sistem lain pada tubuh, termasuk siklus menstruasi.

Baca Juga: Jangan Berolahraga untuk Meluapkan Rasa Marah, Ini Bahayanya!

4. Polycystic Ovary Symptom (PCOS)

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Iniselfcarer.com

PCOS adalah ketidakseimbangan hormon yang berimbas pada ovulasi sehingga mengubah kadar estrogen, progesteron dan testosteron. Gejala PCOS lainnya termasuk pertumbuhan rambut di wajah dan dada, kesulitan menurunkan berat badan dan masalah kesuburan.

5. Penyakit kronis seperti Celiac.

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Inibarnimages.com

Celiac adalah penyakit kronis yang mencegah tubuh menggunakan asupan nutrisi dan menyebabkan alergi gluten. Tak hanya Celiac, penyakit kronis lainnya yang tidak diobati dengan teratur atau ditangani dengan baik, dapat menyebabkan kacaunya siklus menstruasi.

6. Kontrasepsi

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Iniyourtango.com

Terlambat menstruasi juga bisa disebabkan oleh konsumsi produk kontrasepsi atau tindakan pencegahan kehamilan lainnya. Beberapa pil, meski dalam dosis rendah, dapat menyebabkan siklus menstruasi terlambat. Hal ini juga dapat terjadi pada metode IUD hormonal, implan ataupun suntikan.

7. Menopause dini

Gak Selalu Hamil, Menstruasimu Bisa Terlambat Gara-Gara 7 Hal Inixovain.com

Menopause bisa dialami juga oleh mereka di bawah usia 40 tahun alias menopause dini. Gejalanya adalah rasa terbakar, keringat berlebih di malam hari dan vagina terasa kering. Hal ini sangat jarang terjadi, sehingga jika kamu mengalami terlambat menstruasi dalam waktu cukup lama, segera periksakan diri ke dokter.

Nah itu dia penyebab telat menstruasi yang bisa saja terjadi, selain karena kehamilan. Jika kamu merasakan adanya kejanggalan dalam dirimu, jangan ditunda lagi. Segera periksakan dirimu ke dokter ya!

Baca Juga: 19 Hal Ini Cuma Dirasakan Oleh Wanita yang Memiliki Payudara Besar

Topic:

Just For You