Comscore Tracker

Jangan Tertipu, Minuman Diet Justru Jadi Perusak Dietmu yang Paling 'Jahat'

Pilih yang alami saja

Saat diet, biasanya kita berfokus mengatur pola makan dan berniat mengurangi kalori dengan asupan minuman dengan minuman diet atau yang bebas gula. Tetapi tahu gak sih, minuman diet atau bebas gula ternyata gak sesehat yang kita kira. Kok bisa ya?

Minuman diet atau bebas gula justru bikin dietmu gagal.

Jangan Tertipu, Minuman Diet Justru Jadi Perusak Dietmu yang Paling 'Jahat'kaboompics.com

Peneliti dari Imperial College menemukan fakta mengejutkan bahwa minuman diet atau bebas gula tidak berpengaruh pada penurunan berat badan. Bahkan sebaliknya, justru berpotensi menambah berat badan saat diet.

Sejak 30 tahun terakhir, para peneliti tidak menemukan adanya kontribusi minuman diet atau bebas gula untuk mencegah kegemukan, diabetes tipe 2 atau menjaga kesehatan badan. Professor Christopher Millet, investigator dari Imperial's School of Public Health mengatakan, "Persepsi masyarakat umum tentang minuman diet dan bebas gula bisa jadi kuat dipengaruhi oleh pengaruh marketing. Hanya karena minuman diet 'kurang' atau 'tidak memakai' gula, itu artinya sudah pasti sehat dan mengurangi berat badan ketimbang versi mengandung gula."

Baca Juga: Walau Gak Pernah 'Ngobat', Tapi 7 Hal Ini Bisa Bikin Tes Narkobamu Jadi Positif

Pengaruh psikologis minuman diet terhadap otak manusia

Jangan Tertipu, Minuman Diet Justru Jadi Perusak Dietmu yang Paling 'Jahat'pixabay.com

Minuman diet mengandung pemanis buatan yang kalorinya lebih rendah ketimbang yang mengandung gula buatan. Meskipun begitu, minuman diet masih memicu reseptor manis di otak kita, yang membuat kita merasakan lapar.

Selain itu pengaruh psikologis juga bermain penting dalam hal ini. Banyak orang yang menganggap minuman diet lebih sehat, sehingga mereka bebas mengkonsumsinya. Justru hal inilah yang akan membuat konsumsi berlebihan tanpa disadari didasari oleh pembenaran kandungan gulanya yang lebih sedikit daripada minuman biasa.

Sesekali mengkonsumsi minuman manis atau minuman diet, diperbolehkan kok. Tanpa gula, tentu tubuh tidak akan bisa memproduksi energi. Tetapi perhatikan takarannya agar tidak berlebihan ya.

Baca Juga: Bahaya! Godaan Gula Itu Sama Mematikannya dengan Godaan Narkoba

Topic:

Just For You