Comscore Tracker

5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di India

Obat ampuh untuk jerawat nih, guys

Daun mimba sering kita menjadi tanaman yang kerap kita temui di dalam produk kecantikan yang kita miliki. Biasanya, produk kecantikan yang mengandung daun mimba dipasarkan untuk mengatasi masalah kulit berjerawat.

Tanaman jenis ini ternyata tidak hanya berguna untuk merawat kecantikan. Daun mimba juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Buat orang-orang yang tengah memiliki masalah sakit perut, mimisan, dan gangguan penglihatan, daun mimba bisa mengobatinya.

Selain khasiatnya yang tinggi, daun mimba juga memiliki sejumlah fakta yang menarik. Meski begitu, masih banyak yang belum mengetahui tentang daun yang biasa ditemukan di daerah tropis ini.

Berikut 5 fakta menarik daun mimba yang perlu diketahui:

1. Berasal dari India

5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di Indiandtvimg.com

Daun mimba awalnya ditemukan di India. Nama aslinya, Neem atau nimba, bahkan berasal dari Bahasa Sanskerta yang berarti pemberian dari Tuhan.

Daun mimba merupakan tanaman obat yang menjadi andalan bagi orang India. Bagi masyarakat di negara tersebut, daun mimba dianggap sebagai obat dari segala penyakit.

2. Dianggap sebagai tanaman suci bagi masyarakat India

5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di Indiaplantslive.in

Tidak hanya jadi andalan dalam pengobatan, daun mimba juga dianggap suci oleh masyarakat India. Masyarakat India menganggap daun mimba sebagai simbol kesehatan dan perlindungan.

Mitologi India bahkan menyebut daun mimba berasal dari surga. Mereka percaya daun mimba punya kemampuan untuk menyembuhkan karena daun ini berhasil melarikan diri dari kejahatan iblis.

3. Sangat cocok ditanam di daerah tropis

5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di Indiatoiimg.com

Orang-orang India dan Burma yang pertama kali menemukan daun mimba akhirnya menyadari bahwa tanaman ini sangat baik ditanam di daerah tropis. Mereka pun akhirnya menyebarkan daun mimba ke daerah tropis yang lain. Kini daun mimba bisa ditemukan di negara-negara seperti Afrika, Fiji, Mauritius, Indonesia, Thailand, dan Kamboja. 

Baca Juga: 5 Menu Berbahan Dasar Rhubarb, Tanaman Herbal yang Enak

4. Pohonnya bisa hidup hingga 200 tahun

5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di Indiaflickr.com

Tidak hanya tahan di daerah tropis, pohon mimba juga dapat bertahan dalam waktu yang lama. Pohon mimba tidak terpengaruh oleh kondisi kering di sekitar tempat mereka tumbuh. 

Selain itu, pohon mimba juga tahan panas. Oleh karena itu, pohonnya bisa tahan untuk hidup hingga 200 tahun. Untuk daunnya sendiri, mimba bisa tahan hingga satu tahun.

5. Baik untuk kualitas udara

5 Fakta Daun Mimba yang Terkenal sebagai Tanaman Suci di Indiaroyalqueenseeds.com

Khasiat luar biasa dari daun mimba tidak hanya didapat saat mengonsumsi daunnya secara langsung. Hanya dengan menanam pohon ini di dekat rumah, para penghuni rumah tersebut bisa langsung merasakan manfaatnya.

Saat tertiup angin, daun mimba dipecaya ikut meniupkan zat anti-bakteri yang terdapat di dalamnya. Oleh karena itu, daun mimba menjaga angin tetap sejuk saat musim panas tiba.

Itu tadi fakta-fakta luar biasa dari daun mimba. Tertarik untuk menanamnya di rumah?

Baca Juga: 5 Khasiat Hebat Pegagan, Si Daun Herbal Alami Obat Awet Muda

Sri Mulyati Photo Verified Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya