Comscore Tracker

5 Tips Tingkatkan Metabolisme Tubuh, biar Berat Badan Cepat Turun

Salah satunya adalah dengan lebih sering berdiri

Metabolisme adalah keseluruhan reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh. Proses ini sangat penting dalam menjaga tubuh tetap berfungsi dengan baik. 

Hanya saja, saat ini metabolisme lebih dikaitkan pada istilah laju metabolisme, yakni kecepatan tubuh dalam membakar kalori. Laju metabolisme tinggi dapat membantu seseorang menurunkan berat badan dengan cepat, tubuh jadi lebih berenergi, dan membuatmu merasa enak.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan laju metabolisme. Penasaran, kira-kira apa saja? Langsung saja yuk cek di bawah ini!

1. Lebih sering berdiri

5 Tips Tingkatkan Metabolisme Tubuh, biar Berat Badan Cepat Turunfreepik.com/rawpixel-com

Duduk terlalu lama yang jadi bagian dalam gaya hidup kurang aktif (sedentary life) telah diketahui memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian yang terbit dalam jurnal Annals of Internal Medicine, minimnya aktivitas fisik telah dikaitkan dengan risiko kematian total dan risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, kanker, dan diabetes tipe 2.

Saking tingginya bahaya duduk terlalu lama, bahkan para pemerhati kesehatan menjulukinya dengan “merokok gaya baru”. Hal ini disebabkan kebiasaan duduk yang terlalu lama dapat menurunkan jumlah kalori yang terbakar, memicu kenaikan berat badan atau obesitas.

Obesitas dapat terjadi ketika jumlah energi yang masuk lebih besar daripada energi yang keluar. Pada manusia, keluarnya energi ini bisa terjadi lewat latihan yang disengaja (olahraga), maupun lewat perubahan postur dan gerakan, hasil dari rutinitas sehari-hari.

Pengaruh lamanya duduk terhadap obesitas telah diamati dan dilaporkan dalam jurnal Science. Melibatkan 10 orang kurus dan 10 orang dengan obesitas ringan, penelitian ini menemukan bahwa orang yang gemuk rata-rata duduk selama 2 jam lebih lama dalam sehari, dibanding orang yang kurus.

Para peneliti juga menyimpulkan, jika orang gemuk menerapkan gaya hidup orang kurus, mereka bisa menambah jumlah kalori yang terbakar hingga 350 kalori (kkal) per harinya.

Untuk mencegah bahaya duduk terlalu lama, coba deh beri jeda di antara waktu dudukmu dengan berdiri atau berjalan-jalan sebentar, supaya kamu gak berada dalam satu posisi terlalu lama dan bisa membahayakan kesehatan.

2. Minum teh hijau

5 Tips Tingkatkan Metabolisme Tubuh, biar Berat Badan Cepat Turunfreepik.com/foodiesfeed

Minum teh hijau telah lama diyakini dapat menurunkan berat badan. Kepercayaan tersebut ternyata memang sesuai dengan fakta ilmiah.

Menurut sebuah studi yang dimuat dalam jurnal British Journal of Nutrition, teh hijau termasuk dalam asupan yang memiliki efek termogenik, yakni bisa membantu pembakaran kalori. Hal itu disebabkan kandungan kafein dan katekin, tepatnya jenis epigallocatechin-3-gallate (EGCG).

Para peneliti mengamati efek kombinasi kafein dan EGCG terhadap pembakaran kalori. Hasilnya, pemberian suplemen kafein-EGCG terbukti mampu meningkatkan jumlah pengeluaran energi hingga 750 kJ dalam 24 jam.

Hasil studi lainnya yang diterbitkan di The American Journal of Clinical Nutrition menemukan, pemberian ekstrak teh hijau dapat meningkatkan laju oksidasi lemak hingga 17 persen. Peningkatan ini kemudian memengaruhi laju pengeluaran energi jadi lebih tinggi.

Selain itu, asupan ekstrak teh hijau juga mampu meningkatkan sensitivitas insulin hingga 13 persen. Sensitivitas insulin yang tinggi membuat tubuh dapat lebih baik lagi dalam mengontrol kadar gula darah, sehingga risiko diabetes dan berbagai penyakit lain bisa ditekan.

Baca Juga: 5 Makanan yang Dapat Perlambat Metabolisme, Batasi Konsumsinya

3. Tidur cukup

5 Tips Tingkatkan Metabolisme Tubuh, biar Berat Badan Cepat Turunfreepik.com/senivpetro

Kebiasaan sering begadang atau kurang tidur, maupun tidur dengan kualitas buruk, merupakan salah satu penyebab program dietmu sering kali gagal. Kurang tidur oleh para pakar kesehatan telah dikaitkan dengan risiko obesitas.

Laporan ilmiah yang dimuat dalam International Journal of Endocrinology menemukan hubungan yang signifikan antara kurang tidur dan gangguan tidur dengan proses metabolisme. Hasil penelitian laboratorium membuktikan bahwa kurang tidur dapat mengganggu metabolisme glukosa (gula darah) dan hormon yang terlibat dalam pengaturan proses metabolisme, yakni menurunnya jumlah hormon leptin dan meningkatnya hormon grelin.

Diketahui, leptin merupakan hormon penekan nafsu makan yang diproduksi oleh jaringan adiposa. Sementara itu, grelin adalah hormon yang dilepaskan dari perut sebagai respons dari puasa dan tugasnya meningkatkan rasa lapar.

Kesimpulannya, kurang tidur bisa membuat seseorang jadi ingin makan terus, yang kemudian memicu obesitas dan tingginya risiko diabetes.

4. Minum kopi

5 Tips Tingkatkan Metabolisme Tubuh, biar Berat Badan Cepat Turunpexels.com/@burst

Pengaruh kopi terhadap metabolisme telah diteliti dan dilaporkan dalam American Journal of Physiology. Sama halnya dengan teh hijau, kandungan kafein pada kopi juga memberikan efek termogenik.

Setelah pengamatan terhadap 10 perempuan kurus dan 10 perempuan, diketahui bahwa konsumsi kopi dapat merangsang pengeluaran energi lewat peningkatan proses oksidasi lemak dan karbohidrat. Hanya saja, efek termogenik ini lebih besar terjadi pada perempuan kurus. Peningkatan oksidasi lemak pada perempuan kurus diketahui mencapai 29 persen, sementara pada perempuan gemuk hanya sebesar 10 persen saja.

5. Banyak minum

5 Tips Tingkatkan Metabolisme Tubuh, biar Berat Badan Cepat Turunfreepik.com/freepik

Langkah lain yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan metabolisme tubuh adalah dengan banyak minum air putih. Melansir WebMD, tubuh memerlukan asupan cairan yang cukup untuk memproses kalori. Bahkan, dehidrasi ringan sekalipun, bisa memengaruhi sistem metabolisme jadi lebih lambat.

Dalam sebuah penelitian, orang dewasa yang minum air putih 8 gelas atau lebih dalam sehari mampu membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang minum hanya 4 gelas air putih.

Selain minum air putih, supaya asupan cairanmu mencukupi, kamu bisa minum minuman lain yang tidak mengandung pemanis (misalnya kopi atau teh). Selain itu, ganti camilan dengan yang sehat dan mengandung banyak air, misalnya buah-buahan. Tak hanya dapat memasok cairan dalam tubuh, kamu pun mendapat ragam nutrisi yang menyehatkan.

Nah, itulah sederet tips sederhana yang bisa kamu terapkan supaya laju metabolisme kamu meningkat. Selamat mencoba, ya!

Baca Juga: 6 Cara Menyenangkan untuk Membakar Kalori, Berat Badan Dijamin Turun

S U S A N T I . Photo Verified Writer S U S A N T I .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya