Comscore Tracker

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lho

Bagus untuk kesehatan kamu guys

Kacang ercis atau banyak dikenal dengan sebutan kacang polong adalah jenis kacang-kacangan yang kaya akan gizi. Rasanya yang enak, manis, dan segar sehingga cocok sebagai hidangan sehat di meja kamu.

Kacang ercis tidak hanya enak dinikmati ketika direbus saja. Kacang ercis juga enak diolah menjadi salad, sayuran, sup, bahkan menjadi makanan pokok.

Kaya akan manfaat membuat kacang ercis menjadi pilihan tepat bagi kamu yang sedang menjalani pola makan sehat, sebagai vegetarian atau yang sedang menjalani diet sehat.

Sekalipun kacang ercis masuk dalam jenis kacang-kacangan namun mengonsumsi kacang ercis sangat bisa mengenyangkan dan mengurangi nafsu makan. Ini dia manfaat makan kacang ercis untuk kesehatan tubuhmu.

1. Menurunkan kolesterol

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/PublicDomainPictures

Kacang ercis bagus dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi. Mengonsumsi kacang ercis dapat menurunkan kolesterol karena kacang ercis mengandung omega 3. Omega 3 adalah lemak tak jenuh yang memiliki fungsi untuk melawan lemak jahat seperti kolesterol. Yuk, jaga kolesterol dengan mengonsumsi kacang ercis.

2. Meningkatkan kesehatan mata

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/congerdesign

Kacang ercis adalah jenis kacang-kacangan yang memiliki kandungan beta karoten yang berfungsi mengubah zat warna pada kacang ercis menjadi vitamin A. Sehingga kacang ercis kaya akan vitamin A.

Mengonsumsi kacang ercis setiap hari dapat memenuhi kebutuhan vitamin A dalam tubuh. Manfaatnya pun dapat meningkatkan kesehatan mata. Penglihatan mata menjadi tajam, kemampuan penglihatan mata maksimal, mata menjadi cerah, dan jernih.

3. Menjaga berat badan

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/Lebensmittlefotos

Kacang ercis adalah jenis kacang-kacangan yang rendah lemak namun tinggi protein. Mengonsumsi kacang ercis sangat cocok buat kamu yang sedang menjalani diet sehat.

Selain itu, kacang ercis juga bisa menurunkan nafsu makan. Sehingga membantu kamu tidak mudah lapar mata yang menyebabkan khilaf terhadap makanan. Dan tentunya kacang ercis juga kaya akan vitamin dan mineral yang membantu menurunkan berat badan kamu.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Luar Biasa Kacang Almond untuk Kesehatan 

4. Mencegah penyakit jantung

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/balouriarajesh

Kacang ercis juga dapat mencegah dari serangan penyakit degeneratif seperti jantung. Agar tubuh tetap sehat dan aman dari penyakit mematikan ini, kamu bisa mencegahnya dengan rajin mengonsumsi kacang ercis sehari-hari.

Kacang ercis mengandung flavanol yang berperan sebagai zat anti pembekuan darah. Dan, kandungan omega 3 yang berperan sebagai lemak tak jenuh untuk melawan lemak jahat seperti kolesterol dimana keduanya dapat menyebabkan risiko penyakit jantung.

5. Meregenerasi sel tubuh yang rusak

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/Devanath

Kacang ercis juga kaya akan vitamin C lho. Vitamin C sendiri merupakan zat antioksidan yang mampu meregenerasi sel-sel tubuh yang rusak.

Selain itu, vitamin C juga berfungsi memperoduksi kolagen. Sehingga ini sangat cocok buat kamu yang ingin memaksimalkan kecantikan dengan memperbaiki penampilan yang kurang dan mencerahkan kulit.

6. Menghindari sembelit

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/PDPics

Kacang ercis yang berwarna hijau ini memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi kacang ercis sehari-hari dapat memenuhi kebutuhan tubuh akan serat.

Dengan terpenuhinya serat dalam tubuh maka dapat mencegah terjadinya sembelit sehingga BAB pun menjadi lancar dan tidak ada penumpukan sampah dalam tubuh dan tubuh menjadi sehat.

7. Memperkuat sistem imun dalam tubuh

7 Manfaat Kacang Ercis untuk Kesehatan, Belum Banyak yang Tahu Lhopixabay.com/RitaE

Kacang ercis memiliki kandungan protein yang tinggi. Selain itu, juga mengandung zat antioksidan yang sangat bagus dalam menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak mudah terserang penyakit.

Kandungan vitamin C dalam kacang ercis juga dapat membuat tubuh kamu selalu fit dan tidak mudah loyo.

Agar sistem imun dalam tubuh kuat, kamu bisa menjadikan kacang ercis sebagai menu sehat di meja makanmu.

Gimana, kamu sekarang sudah tahu kan manfaat kacang ercis untuk kesehatan tubuh? Yuk, jadikan kacang ercis jadi salah satu menu sehat andalan kamu.

Baca Juga: 5 Tips Menggoreng Kacang Mete, Camilan Enak buat Lebaran!

Susi Yanti Nurraini Photo Community Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You