Comscore Tracker

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernih

Mata kuning? Gak lagi deh

Memiliki warna mata yang tak jernih seperti kotor dan kekuning-kuningan dikarenakan mata lelah dan terlalu sering terpapar sinar matahari langsung sangat mempengaruhi penampilan. Hal ini jika terjadi terus menerus akan membuat kesehatan mata terganggu. Dan membuat kamu tidak memiliki rasa percaya diri ketika berinteraksi dengan banyak orang.

Agar hal itu tidak terjadi kamu harus memperbaiki pola hidup sehari-hari untuk menjaga kesehatan mata tetap oke. Dengan memiliki mata sehat, penampilan mata akan terlihat jernih, cerah dan bersih. Dan kamu akan memiliki rasa percaya diri yang maksimal ketika bertemu dengan banyak orang.

Penasaran bagaimana memiliki mata sehat yang jernih dan anti kuning? Caranya gampang banget. Cukup kamu ikuti 7 tips di bawah ini dan terapkan dalam sehari-harimu. Check it out.

1. Gunakan masker mata alami

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihunsplash.com/@just_me_again

Menggunakan masker mata alami adalah cara memberi nutrisi mata dari luar. Kamu dapat menggunakan buah mentimun sebagai masker mati. Caranya mudah, siapkan buah mentimun yang masih segar, cuci bersih. Dan iris dengan ketebalan yang cukup. Tempelkan pada bagian mata dengan mata dalam keadaan terpejam. Tunggu hingga 5-10 menit. Lalu ambil irisan mentimunnya dan basuh mata dengan air dingin hingga bersih. Dijamin mata terlihat jernih, cerah dan bersih.

Kenapa menggunakan buah mentimun? Ya, karena buah mentimun memiliki kandungan cairan yang tinggi, mampu menyegarkan serta membuat mata lebih relax.

2. Konsumsi asupan vitamin A

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihpixabay.com/rawpixel

Mengonsumsi buah-buahan yang kaya akan vitamin A seperti wortel, tomat dan pepaya dapat membantu meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A dan C yang ada dalam buah-buahan tersebut berkhasiat membuat mata menjadi cerah, pandangan tajam, jernih dan bersih. Dengan mengonsumsi buah-buahan tersebut secara rutin maka kebutuhan nutrisi mata dapat terpenuhi. Buah-buahan tersebut dapat dinikmati dengan cara dimakan segar dan diolah menjadi jus segar. Kamu bisa nih menikmatinya setiap hari.

3. Hindari menatap matahari secara langsung

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihpixabay.com/JillWellington

Menghindari menatap matahari secara langsung atau meminimalisir beraktivitas langsung di bawah matahari sangat baik untuk kondisi mata. Menjaga mata dari paparan matahari khususnya ketika siang hari apalagi ketika terik-teriknya adalah cara melindungi mata dari UVA dan UVB yang dapat membuat mata sakit dan menguning. Sebisa mungkin menggunakan pelindung seperti kacamata hitam ketika berpergian di siang hari.

Baca Juga: Ini 7 Faktanya dari Mitos Seputar Rabun Jauh atau Mata Minus

4. Banyak minum air putih

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihpexels.com/Daria Shevtsova

Memperbanyak minum air putih setiap hari sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Asupan cairan dan mineral yang didapat dari minum air putih membuat tubuh menjadi segar, matabolisme lancar, memperbaiki peredaran darah dan tentunya tidak dehidrasi. Jika asupan cairan terpenuhi maka mata terhindar dari mata kering dan sakit. Karena asupan cairan juga membantu meningkatkan kecerahan dan kejernihan mata.

5. Istirahat cukup

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihpexels.com/bruce mars

Istirahat yang cukup tentu sudah menjadi kebutuhan setiap orang. Termasuk kamu. Jadi, jaga pola tidur agar kesehatan mata juga terjaga. Istirahat cukup dapat membuat mata cerah dan juga segar. Sedangkan mata yang kurang istirahat akan sangat mudah sakit, tatapan lelah dan layu. Sehingga merusak pandangan serta penampilan.

6. Hindari berlama-lama menatap layar laptop/gadget

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihpixabay.com/FirmBee

Menatap layar laptop/gadget terlalu lama juga tidak baik untuk kesehatan mata lho. Jika menatap layar terlalu lama secara terus menerus itu artinya mata akan terpapar sinar radiasi dalam jumlah besar yang dapat membuat mata lelah, tegang, dan menurunkan kemampuan penglihatan mata. Selain itu mata juga akan mudah kering sehingga mata menjadi kuning dan kotor. Ini sangat tidak baik untuk kesehatan mata.

7. Senam mata

7 Tips Manjaga Kesehatan Mata Agar Tetap Jernihpixabay.com/PublicDomainPictures

Selain dari segi asupan dan istirahat, mata juga harus aktif digerakkan lho. Seperti rajin melakukan senam mata. Senam mata sangat baik untuk menjaga kesehatan mata. Agar kesehatan mata lebih optimal, pandangan semakin tajam, kecerahan mata terjaga dan mata menjadi cantik.

Itulah 7 tips yang bisa kamu coba untuk memiliki mata sehat yang jernih dan anti kuning. Mudah kan?

Baca Juga: 5 Bahaya Kesehatan Kebiasaan Mengucek Mata

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya