Comscore Tracker

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimu

Yang penting, terapkan pola hidup sehat

Wanita selalu memiliki keunikan dalam berbagai hal, termasuk siklus menstruasi yang datang setiap bulan.

Jika kamu memiliki kondisi tubuh yang sehat, hormon normal, mood yang baik maka siklus menstruasimu pun akan normal. Namun, jika kamu bermasalah dengan kesehatan maka siklus menstruasimu pun bisa berpengaruh. Tak hanya siklus yang berantakan, namun tubuh juga mudah lelah.

Berikut adalah cara alami yang bisa kamu lakukan demi memiliki siklus menstruasi yang normal.

1. Hindari stres

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimupixabay.com/Pexels

Stres sangat rentan dialami oleh kaum hawa. Cenderung melibatkan perasaan di setiap urusan, membuat perempuan sangat mudah tersulut emosi dan jadi overthinking.

Hal ini dapat berakibat pada kesehatan, yaitu mempengaruhi kondisi hormon hypothalamus pada otak yang berfungsi mengatur periode haid. Jika tidak pandai mengolah perasaan dan pikiran, alhasil siklus menstruasi pun bisa terganggu.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk tetap menjaga kesehatan pikiran dan jiwa. Hal ini dapat kamu lakukan dengan refreshing, melakukan hal-hal yang kamu senangi, dan memenuhi diri dengan hal positif sehingga bisa membuatmu jadi lebih kuat.

2. Rutin konsumsi buah dan sayur

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimupixabay.com/silviarita

Buah dan sayur adalah asupan penting kaya akan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Kandungan vitamin, mineral, air, serat dan antioksidan yang ada dalam buah dan sayuran sangat bagus untuk kesehatan tubuh seperti membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh, melancarkan sistem pencernaan, dan meningkatkan peredaran darah.

Hal tersebut pun bisa membuat siklus menstruasimu jadi lancar.

3. Banyak minum air putih

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimupexels.com/Daria shevtsova

Dalam tubuh orang dewasa memiliki kandungan air sebesar 60%. Sehingga kebutuhan cairan dalam tubuh harus terpenuhi setiap hari. Mengonsumsi air putih secara teratur dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Hal ini sangat mempengaruhi kelancaran dan ketepatan siklus datang bulan yang normal.

Baca Juga: Ternyata, Ini 7 Penyebab Rasa Nyeri saat Menstruasi yang Kamu Alami

4. Banyak bergerak

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimupixabay.com/Lazare

Membiasakan diri aktif bergerak dalam sehari-hari sangat bagus untuk kesehatan tubuh. Aktif bergerak dengan melakukan aktivitas bermanfaat juga dapat membantu memperlancar sistem peredaran darah sehingga siklus datang bulan pun bisa normal.

5. Olahraga rutin

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimupixabay.com/PublicDomainPictures

Olahraga rutin sangat dibutuhkan oleh tubuh. Olahraga sangat membantu meningkatkan kesehatan tubuh seperti membuat tubuh jadi bugar dan berstamina. Selain itu olahraga juga dapat memperlancar sistem peredaran darah dalam tubuh yang bisa berdampak positif pada siklus menstruasi.

6. Istirahat cukup

Girls, Ini Dia 7 Cara Alami Memperlancar Siklus Menstruasimupixabay.com/Claudio_Scott

Istrirahat cukup sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh. Memenuhi kebutuhan istirahat secara teratur dengan porsi yang cukup sesuai dengan kebutuhan tubuh, maka akan memberikan dampak baik untuk produksi hormon kortisol yang berfungsi meredam stres. 

Saat kamu jarang stres, maka secara langsung akan berdampak positif pada lancarnya siklus menstruasimu.

Itulah cara alami dan ampuh untuk membuat siklus menstruasimu jadi lancar. Selain itu, menerapkan pola hidup sehat juga akan berdampak pada kesehatan tubuhmu secara keseluruhan.

Baca Juga: Kenali Kondisi Kesehatan Kamu dari 7 Tipe Warna Darah saat Menstruasi

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You