Comscore Tracker

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varises

Yuk, mulai dari sekarang

Pembengkakan pembuluh vena biasa dikenal dengan sebutan varises. Jika dibiarkan, penyakit ini bisa mengurangi kualitas penampilan. Parahnya, ini bisa terjadi di beberapa bagian tubuh serta menyerang siapa saja tanpa mengenal usia.

Untuk mencegah serangan varises, ada beberapa kebiasaan sehat yang bisa kamu lakukan sehari-hari. Yuk, ikuti enam kebiasaan sehat di bawah ini.

1. Biasakan rajin olahraga

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varisespexels.com/Li Sun

Oalhraga adalah kebiasaan sehat untuk melatih kekuatan otot. Gerakan olahraga seperti jalan kaki, lari ringan, yoga dan sejenisnya dapat meregangkan dan mengencangkan bagian-bagian otot betis dan paha belakang. Akhirnya, gerakan ini bisa melancarkan sirkulasi pembuluh darah vena dan mencegah varises.

2. Biasakan meluruskan kaki setelah berolahraga atau active lifestyle

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varisespexels.com/theformfitness

Setelah berolahraga dan memiliki kegiatan yang banyak bergerak, biasakan untuk meluruskan kaki, bukan dengan melipat kaki, loh. Hal sederhana ini jangan sepelekan, ya.

Kebiasaan ini membantu menjaga sirkulasi pembuluh darah vena tetap stabil. Pada akhirnya pun mencegah terjadinya tekanan pada salah satu bagian tubuh atau pembengkakan pembuluh vena. 

3. Biasakan untuk tidak merokok

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varisespixabay.com/HansMartinPaul

Rokok memiliki kandungan berbahaya yang berdampak pada kesehatan pembuluh darah dalam tubuh. Pembuluh darah akan menjadi tidak elastis alias kaku dan menyempit.

Ujung-ujungnya, pembuluh darah tidak berfungsi secara maksimal. Membiasakan untuk tidak merokok dapat mencegah varises, loh.

Baca Juga: 7 Kebiasaan ini Bikin Wajah Cepat Keriput & Kusam, Lho!

4. Biasakan memakai alas kaki yang nyaman, no high heels!

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varisespexels.com/Matt Hardy

Memakai pakaian ketat dapat menghambat aliran darah dalam tubuh. Sementara, sering memakai high heels membuat tumit menjadi tertekan dan menghambat aliran darah juga.

Untuk itu, memiliki kebiasaan sehat, seperti memakai pakaian yang tidak terlalu ketat dan alas kaki yang berbentuk flat, akan sangat bagus untuk kesehatan pembuluh darah. Hal ini membantu melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kebiasaan sehat ini membantu kamu tercegah dari varises yang dapat mengganggu penampilan kamu.

5. Biasakan bergerak aktif, tidak duduk dan berdiri terlalu lama

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varisespexels.com/Picography

Biasakan aktif bergerak dan tidak terlalu lama duduk dan berdiri. Terlalu lalu lama duduk dan berdiri dapat meningkatkan tekanan darah pada bagian bawah tubuh. Sehingga darah menggumpal dan terjadi pembengkakan pembuluh darah. Alhasil terkena varises pada bagian bawah tubuh seperti betis dan paha belakang. 

6. Biasakan mengonsumsi makanan dengan kadar garam yang normal

Ayo Lakukan! Ini 6 Kebiasaan Sederhana agar Tercegah dari Varisespexels.com/Valeria Boltneva

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar garam berlebih dapat memicu terkena varises. Faktanya, garam memiliki kandungan sodium yang dapat menahan air dalam tubuh. Akibatnya, tekanan pada pembuluh darah meningkat dan sangat berisiko terkena varises.

Itulah enam kebiasaan sehat agar tidak terkena varises. Kebiasaan yang sederhana, tapi sering disepelekan, ya. Yuk, mulai dibiasakan!

Baca Juga: Boys, 5 Kebiasaan Buruk ini Bisa Merusak Penampilanmu Lho

Susi Yanti Nurraini Photo Verified Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya