Comscore Tracker

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatan

#ANGPOIN Sehat dan mudah didapatkan

Produk minyak kelapa sawit sangat mudah ditemui, misalnya dalam minyak goreng, sabun, sampo, kosmetik, dan sebagainya. Apalagi Indonesia adalah produsen kelapa sawit terbesar di dunia, tentu minyak ini sangat mudah didapatkan.

Dan ternyata minyak kelapa sawit (crude palm oil) banyak manfaatnya bagi kesehatan. Berikut ini manfaat minyak kelapa sawit bagi kesehatan, sebagaimana yang dilansir dari organicfacts.net.

1. Menambah energi

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatanpexels.com/Gratisography

Menurut United States Department of Agriculture (USDA), dalam 1 sendok makan minyak kelapa sawit (13,6 g) terdapat 120 kcal energi dan 13,6 g lemak. Selain itu, beta karoten yang ada di dalam kelapa sawit sangat baik untuk memulihkan energi dan menjaga keseimbangan hormon dalam tubuhmu.

Pantas saja kamu jadi bertenaga setelah makan, salah satunya karena minyak goreng dari kelapa sawit!

2. Memperbaiki penglihatan

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatanpexels.com/Skitterphoto

Kamu mengalami masalah penglihatan? Beta karoten yang ada di dalam minyak kelapa sawit berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan dapat mencegah masuknya radikal bebas yang merusak sel-sel tubuh, termasuk sel yang ada di dalam mata.

Penggunaan minyak kelapa sawit mampu mengurangi resiko terjadinya katarak dan penurunan fungsi mata. Matamu jadi lebih sehat, kan!

3. Mengurangi risiko penyakit jantung

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatanpixabay.com/Pexels

Minyak kelapa sawit memiliki kadar kolestrol baik (HDL) yang hampir sama dengan kolestrol jahat (LDL). LDL dapat menyebabkan sumbatan pada pembuluh arteri darah (atherosklerosis).

Namun menurut penelitian di American Journal of Health Nutrition, jumlah HDL dan LDL yang ada di minyak kelapa sawit masih aman bagi jantung dan pembuluh darah. Asal penggunaannya tidak berlebihan ya!

Baca Juga: 8 Manfaat Kurma Muda untuk Kesehatan, Apa Benar Bikin Cepat Hamil?

4. Mengurangi risiko penyakit kronis

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi KesehatanUnsplash.com/Sharon Mc Cutcheon

Minyak kelapa sawit mengandung vitamin E (tokoferol dan tokotrienol) yang dapat mengurangi kejadian penyakit kronis. Tokoferol  mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu menghambat kerusakan sel dalam tubuh. Hal ini mengurangi risiko penyakit kanker.

Menurut penelitian dari National Institutes of Health (NIH), tokotrienol mampu melindungi saraf pada otak, sehingga mampu mengurangi risiko penyakit stroke.

Selain itu, tokotrienol juga mampu memperlancar aliran darah dalam otak, sehingga mampu mengurangi serangan penyakit Alzheimer dan demensia (kepikunan). 

5. Mendukung kehamilan yang sehat

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi KesehatanUnsplash/Andrea Bertozzini

Kandungan vitamin A (terutama beta karoten), D, E, dan K pada minyak kelapa sawit membantu mengatasi kekurangan vitamin pada ibu hamil, sehingga meningkatkan kesehatan janin bayi. Hal ini disebabkan kekurangan vitamin sangat rentan terjadi pada ibu hamil dan janinnya.

6. Menyehatkan kulit

Menurut Ahli, Inilah 6 Manfaat Minyak Kelapa Sawit bagi Kesehatanpixabay.com/ivanovgood

Minyak kelapa sawit sering digunakan sebagai bahan baku sabun, sampo, dan kosmetik karena bisa menghilangkan minyak dan kotoran pada kulit. Selain itu, minyak kelapa sawit juga mampu melembabkan kulit. Antioksidan yang terkandung dalam tokofenol dan tokotrienol (vitamin E) dapat mencegah penuaan dini. Kulitmu jadi lebih mulus dan kencang deh!

Ternyata, minyak kelapa sawit menyehatkan, bukan? Namun ingat, jangan mengonsumsinya secara berlebihan ya!

Baca Juga: 6 Jamu Tradisional Ini Kaya Banget Manfaat Sekaligus Menyehatkan Tubuh

Syah Deva Ammurabi Photo Writer Syah Deva Ammurabi

Mencerdaskan, menginspirasi, dan mencerahkan masyarakat melalui tulisan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya