Comscore Tracker

5 Minyak Nabati Ini Mampu Stimulasi Pertumbuhan Bulu Mata dan Alis

Gunakan secara rutin untuk hasil yang maksimal

Alis yang tebal dan bulu mata yang lentik memberikan kesan tegas pada wajah. Memiliki alis yang tebal dan bulu mata yang lentik adalah impian sebagian besar para perempuan.

Karena itu, saat ini telah banyak bermunculan berbagai metode dan tips agar bisa memiliki alis tebal dan bulu mata lentik, mulai dari metode eyelash extension hingga penggunaan produk yang diklaim dapat menebalkan alis dan melentikkan bulu mata.

Pada dasarnya, produk-produk itu menggunakan bahan alami seperti minyak nabati sebagai bahan utamanya. Tentunya minyak-minyak nabati tersebut memiliki kandungan zat-zat yang baik bagi rambut yang ada di alis, bulu mata, maupun rambut di kepala.

Kamu hanya perlu telaten dalam menggunakannya untuk mendapat hasil yang maksimal. Apa saja jenis minyak nabati yang bisa menstimulasi pertumbuhan alis dan bulu mata? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Minyak jarak

5 Minyak Nabati Ini Mampu Stimulasi Pertumbuhan Bulu Mata dan Alispexels.com/Karolina Grabowska

Minyak jarak atau castor oil terbuat dari biji pohon jarak yang kental dan tak memiliki bau. Minyak jarak telah digunakan sebagai perawatan kecantikan sejak zaman Mesir kuno, lho. Konon, Cleopatra percaya jika minyak jarak mampu mencerahkan sklera matanya. Bukan cuma itu, minyak jarak juga terbukti mampu menebalkan alis, melentikkan bulu mata dan mengatasi kerontokan.

Melansir Healthline, terdapat bukti bahwa asam risinoleat, senyawa kimia yang membentuk hampir 90 persen minyak jarak dapat mengobati kerontokan rambut. Peneliti menemukan bahwa laki-laki yang kehilangan rambut akibat pola kebotakan laki-laki memiliki jumlah protein prostaglandin D2 (PGD2) yang tinggi.

Dalam studi lain, para peneliti menemukan bahwa asam risinoleat dapat menghambat PGD2, membantu para partisipan penelitian menumbuhkan rambut mereka kembali.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu perlu mengoleskan minyak jarak setiap hari dan hindari agar jangan sampai masuk ke mata agar tidak menimbulkan iritasi.

2. Minyak zaitun

5 Minyak Nabati Ini Mampu Stimulasi Pertumbuhan Bulu Mata dan Alispexels.com/Pixabay

Semua orang tau jika minyak zaitun memiliki segudang manfaat, terutama untuk kecantikan. Minyak zaitun banyak direkomendasikan oleh para beauty blogger dan vlogger bagi siapa pun yang ingin menebalkan alis dan melentikkan bulu mata.

Melansir NDTV Food, minyak zaitun mengandung vitamin A dan E, yang membantu pertumbuhan rambut. Vitamin E menutrisi setiap helai rambut, sementara vitamin A merangsang produksi sebum, minyak alami tubuh kita, yang membantu pertumbuhan rambut. Kamu bisa mengoleskannya setidaknya sekali sehari untuk melihat hasilnya dalam hitungan minggu.

Minyak zaitun cukup aman digunakan setiap hari. Kamu bisa mencampurnya dengan minyak nabati lain untuk mendapat hasil yang optimal.

Baca Juga: Lagi Banyak Pikiran? Awas, Stres Bisa Bikin Rambut Kamu Rontok!

3. Minyak argan

5 Minyak Nabati Ini Mampu Stimulasi Pertumbuhan Bulu Mata dan AlisPixabay.com/ Peggy und Marco Lachmann-Anke

Berasal dari Maroko, minyak argan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Mengandung vitamin, antioksidan, dan asam lemak yang tinggi membuat minyak argan mampu melembapkan kulit dan rambut.

Melansir Nutri Guide, untuk membantu meningkatkan ketebalan alis, minyak argan adalah pilihan yang sangat baik karena membantu mencegah banyak kondisi kulit yang diketahui menyebabkan rambut rontok, seperti psoriasis dan dermatitis seboroik. Minyak argan juga dapat membantu mengurangi infeksi jamur, yang juga dikenal sebagai penyebab kerontokan rambut.

Dengan khasiatnya untuk menjaga kelembapan dan kebersihan folikel rambut, minyak argan selalu menjadi bahan utama sebuah produk serum penebal alis dan melentikkan bulu mata.

4. Minyak kelapa

5 Minyak Nabati Ini Mampu Stimulasi Pertumbuhan Bulu Mata dan Alisfreepik.com/jcomp

Minyak kelapa sejak dulu digunakan oleh masyarakat India untuk membuat rambut tampak lebih sehat, tebal, dan berkilau. Ini karena minyak kelapa diketahui kaya akan omega-3.

Dalam sebuah studi yang berjudul "Effect of mineral oil, sunflower oil, and coconut oil on prevention of hair damage" yang diterbitkan dalam Journal of Cosmetics Science tahun 2003, minyak kelapa adalah satu-satunya minyak yang ditemukan dapat mengurangi kehilangan protein secara signifikan untuk rambut yang tidak rusak dan rusak saat digunakan sebagai produk perawatan sebelum dan sesudah keramas.

Minyak kelapa, sebagai trigliserida asam laurat (asam lemak utama), memiliki afinitas tinggi untuk protein rambut dan mampu menembus ke dalam batang rambut.

Karena kemampuannya dapat menembus ke dalam batang rambut, tak salah jika minyak kelapa selalu digunakan sebagai salah satu komposisi dalam sebuah produk perawatan rambut.

5. Minyak kemiri

5 Minyak Nabati Ini Mampu Stimulasi Pertumbuhan Bulu Mata dan Alisunsplash.com/June O

Hingga saat ini, kamu mungkin masih menemukan banyak orang tua yang mengoleskan minyak kemiri di alis dan bulu mata anaknya yang masih balita, agar alisnya tebal dan bulu matanya lentik nantinya.

Menurut laporan berjudul "Perawatan Herbal pada Rambut Rontok" dalam Jurnal Kedokteran UNILA tahun 2016, disebutkan bahwa kemiri mengandung sejumlah zat kimia yang berkhasiat untuk menyuburkan rambut, menghitamkan rambut secara alami, dan digunakan sebagai bahan baku sabun. Penyebab tumbuh panjangnya rambut disebabkan oleh kandungan asam lemak pada kemiri yang memicu pertumbuhan rambut.

Kamu bebas menggunakan minyak nabati kapan saja. Selain itu, kamu juga bisa mencampurkan beberapa minyak nabati sekaligus, misalnya minyak zaitun dangan minyak argan. Jangan lupa untuk digunakan secara rutin setiap hari untuk mendapatkan alis yang tebal dan bulu mata yang lentik. Bila terjadi iritasi, segera hentikan penggunaan, ya!

Baca Juga: 7 Penyakit Ini Ditandai dengan Rambut Rontok, Jangan Anggap Remeh! 

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya