Comscore Tracker

Faktanya, Insomia Bisa Disebabkan Oleh Bulan Purnama. Apa Kamu Merasakannya?

Berasa manusia serigala...

Menurut survei tahunan National Sleep Foundation’s (NSF), anak-anak dan orang dewasa memiliki gangguan tidur di malam hari karena mereka selalu saja insomnia. Alasannya bisa berhubungan dengan banyak hal seperti temperatur ruangan, pencahayaan, suara-suara, dan hewan peliharaan yang mengganggu aktivitas tidur menjadi maksimal.

Tapi pasti kamu belum pernah tahu satu alasan ini.

Bulan purnama.

Dan ini bukan soal legenda manusia serigala yang jadi buas kalau bulan purnama. Tapi, insomnia saat bulan purnama itu ada penelitiannya lho. 

Sebuah studi di jurnal Current Biology yang dimulai dari tahun 2000 mengindikasikan bahwa bulan purnama ternyata bisa berdampak negatif pada tubuh kita.

Faktanya, Insomia Bisa Disebabkan Oleh Bulan Purnama. Apa Kamu Merasakannya? pixabay.com

Mirip kayak manusia serigala gitu deh. Cuma gak pakai bulu-bulu dan taringnya.

Dalam studi tersebut sebanyak 33 partisipan tidur di dalam laboratorium tidur selama empat hari. Menariknya, tak ada partisipan yang diberitahu bahwa salah satu faktor kesulitan tidur mereka adalah gara-gara bulan purnama.

Partisipan tidur di sebuah ruangan ekstra gelap yang tak ada cahaya sama sekali sehingga cahaya bulan purnama tak akan masuk ke ruangan tersebut, karena peneliti telah mengonfirmasi bahwa cahaya bisa memengaruhi kualitas tidur seseorang. Selama di dalam ruangan, seluruh aktivitas partisipan direkam. Mulai dari seberapa cepat mereka tertidur hingga pola gelombang otak mereka saat tidur. 

Penemuan terbesar adalah partisipan mengalami peningkatan kesulitan tidur hingga 30 persen pada saat bulan purnama.

Faktanya, Insomia Bisa Disebabkan Oleh Bulan Purnama. Apa Kamu Merasakannya? freestocks.org

Studi ini dibuat untuk mengevaluasi kadar melatonin dalam darah dan bagaimana mereka terhubung ketika manusia sedang tidur. Jadi bagaimana dampak bulan purnama pada tubuh kita? Apakah cahaya bulan purnama membuat kita tak nyenyak? Bahkan jika kita tak bisa melihat cahayanya sekalipun? Rasanya meragukan.

Jika bulan purnama memang menjadi penyebab terganggunya siklus tidur kita, sebab kenapa terjadi seperti itu masih merupakan misteri hingga saat ini.

Baca juga: 8 Hal yang Harus Dilakukan Sebelum Tidur Kalau Kamu Ingin Sukses di Masa Depan!

Telah dilakukan beberapa studi untuk meneliti dampak bulan purnama terhadap beberapa peristiwa yang terjadi.

Faktanya, Insomia Bisa Disebabkan Oleh Bulan Purnama. Apa Kamu Merasakannya? stocksnap.io

Pekerja di rumah sakit yakin bahwa bulan purnama akan meningkatkan energi dalam aktivitas mereka. Mungkin itu bisa saja, namun studi lanjutan belum menemukan hasil.

Juga belum ada riset yang menjelaskan bahwa perempuan juga seiring dengan siklus bulan. Kemudian tingkat kecelakaan yang melibatkan anjing dan kucing jalanan juga meningkat saat bulan purnama. Juga para pemburu akan lebih banyak keluar saat bulan purnama. Lagi-lagi, belum ada yang tahu sebabnya dengan pasti.

Satu hasil yang menunjukkan bahwa terganggunya siklus tidur saat bulan purnama adalah karena menurunnya tingkat melatonin dalam tubuh.

Faktanya, Insomia Bisa Disebabkan Oleh Bulan Purnama. Apa Kamu Merasakannya? freemagebank.com

Melatonin memang salah satu faktor dalam kenyamanan tidur, dan ketika kita terpapar cahaya dan kegelapan, kadar tersebut juga ikut naik turun. Namun lagi-lagi, partisipan benar-benar di dalam ruangan yang gelap, maka itu masih menjadi misteri kenapa kadar melatonin ikut menurun.

Baca juga: Kamu Merasa Sudah Tidur Cukup Tapi Masih Capek Setengah Mati? Ini Penyebabnya!

Topic:

Berita Terkini Lainnya