Comscore Tracker

Bukan Jorok atau Tabu, 5 Fakta tentang Masturbasi yang Perlu Diketahui

Masih dianggap sebagai tindakan yang tabu

Masturbasi merupakan aktivitas seksual yang dilakukan untuk memuaskan diri sendiri. Masturbasi jelas berbeda dari aktivitas seksual lainnya yang melibatkan penetrasi.

Meski dianggap sebagai tindakan jorok hingga tabu, namun sejatinya masturbasi merupakan aktivitas yang umum dilakukan hampir semua orang. Beberapa serba-serbi tentang masturbasi berikut ini mungkin masih belum untuk kamu ketahui. Simak, yuk!

1. Perbedaan masturbasi antara perempuan dan pria

Bukan Jorok atau Tabu, 5 Fakta tentang Masturbasi yang Perlu Diketahuiilustrasi masturbasi perempuan (pexels.com/@cottonbro)

Bagi pria dan perempuan, tentunya melakukan aktivitas masturbasi memiliki perbedaannya tersendiri. Hal ini karena alat genital dan letak sensitif yang berbeda bagi pria dan perempuan.

Untuk perempuan, umumnya akan melakukan beberapa sentuhan pada area klitoris dan vagina. Sementara untuk pria, stimulasi akan dilakukan pada bagian penis. Semuanya dilakukan hingga mencapai orgasme atau ejakulasi.

2. Masturbasi tak hanya dapat dilakukan sendirian

Bukan Jorok atau Tabu, 5 Fakta tentang Masturbasi yang Perlu Diketahuiilustrasi berhubungan seksual (Pexels/Dainis Graveris)

Banyak orang yang mengira bahwa masturbasi hanya dapat dilakukan seorang diri saja. Faktanya tak demikian, ada pula yang melakukan masturbasi bersama pasangan.

Hal tersebut biasanya dilakukan dengan memberi rangsangan atau sentuhan pada bagian sensitif pasangan. Tentunya tanpa adanya penetrasi seperti melakukan hubungan seksual seperti biasa.

3. Aktivitas seksual menarik dengan risiko yang minim

Bukan Jorok atau Tabu, 5 Fakta tentang Masturbasi yang Perlu Diketahuiilustrasi perempuan berhubungan seksual (Unsplash/Ava Sol)

Aktivitas seksual seperti masturbasi pada umumnya dilakukan untuk memperoleh kepuasaan pribadi. Selain itu, cara melakukannya juga terbilang mudah, bahkan dapat dilakukan sendirian.

Tak heran bila kemudian masturbasi dinilai sebagai aktivitas yang menarik. Bahkan, masturbasi juga disebut minim akan risiko penyakit menular seksual.

Baca Juga: Masturbasi Bikin Kamu Gampang Sakit? Ini Kebenarannya!

4. Manfaat melakukan masturbasi

Bukan Jorok atau Tabu, 5 Fakta tentang Masturbasi yang Perlu Diketahuiilustrasi orang sedang tidur (Pexels/Ketut Subiyanto)

Di balik aktivitas masturbasi yang masih tabu atau pun jorok, ternyata ada manfaatnya, lho. Bahkan, tak jarang orang melakukan masturbasi untuk memperoleh kualitas tidur yang baik.

Selain itu, beberapa manfaat lain yang diperoleh dari melakukan masturbasi adalah meringankan stres, membantu tidur jadi lebih berkualitas, meningkatkan suasana hati, dan lain sebagainya. Tentunya manfaat ini dirasa dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks.

5. Risiko yang mungkin terjadi dari masturbasi

Bukan Jorok atau Tabu, 5 Fakta tentang Masturbasi yang Perlu Diketahuiilustrasi ejakulasi (Pexels/Deon Black)

Di balik manfaat, tentu terdapat pula risiko, nih. Setiap perempuan atau pria memiliki risiko yang sama dalam melakukan masturbasi.

Salah satunya adalah menurunkan sensitivitas pada organ genital dan membuat aktivitas seksual sebenarnya jadi tidak maksimal. Tentunya hal ini berkaitan dengan frekuensi dalam melakukan masturbasi.

Dari deretan fakta mengenai masturbasi, setidaknya kamu menjadi tahu apa saja manfaat serta resiko dari aktivitas seksual ini. Boleh saja dilakukan, namun jangan lupa untuk tidak melakukannya berlebihan hingga mempengaruhi aktivitas kamu yang lainnya, ya.

Baca Juga: 5 Risiko yang Terjadi Bila Terlalu Sering Melakukan Masturbasi

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya