Comscore Tracker

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! 

Kalau lagi ngantuk-ngantuknya, bisa cobain makanan ini

Memiliki rasa kantuk memang menjadi hal lumrah bagi semua orang. Namun, terkadang rasa kantuk hadir di saat yang tidak tepat atau di waktu yang memang mengharuskan tetap terjaga. Lalu, bagaimana untuk mensiasti hal tersebut? Kamu dapat mengonsumsi beberapa jenis makanan dan minuman untuk mengusir rasa kantuk itu. 

Untuk kamu yang penasaran apa saja jenis makanan dan minuman tersebut, berikut sepuluh daftarnya. 

1. Kopi

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Burst

Jika berbicara mengenai olahan pengusir kantuk, tak boleh melewatkan kopi. Minuman berkafein ini memang telah terkenal dapat mengusir rasa kantuk yang mendera. Namun, jangan terlalu banyak, ya! 

2. Apel

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Aphiwat chuangchoem

Mudah ditemukan dimana-mana, tak sulit memang untuk mengonsumsi buah apel sehari-hari sebagai camilan. Selain segar dan sehat, buah ini dapat membantu menghilangkan rasa kantuk. Solusi terbaik agar rutin mengonsumsi buah. 

3. Semangka

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Pixabay

Buah yang terkenal cocok dikonsumsi pada saat musim panas ini memang memiliki kesegaran yang tak terbantahkan. Buah ini juga cenderung memiliki banyak kandungan air yang membuatnya segar. Cocok untuk menghilangkan rasa kantuk. 

4. Kacang-kacangan

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Marta Branco

Sering ngantuk saat belajar atau bekerja? Kamu dapat mencoba ngemil kacang-kacangan, lho. Teksturnya yang renyah dan gurih dapat membantu menghilangkan kantuk yang mendera. 

5. Telur

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Pixabay

Dapat diolah menjadi aneka menu yang lezat dan menggoda, telur sering menjadi pilihan bagi banyak orang. Tak hanya itu, telur juga konon mampu membantu mengusir rasa kantuk, lho. Jadi, kamu dapat mengonsumsinya untuk menjaga tubuh agar tetap bugar dan terjaga. 

Baca Juga: Gak Cuma Hilangkan Kantuk, 10 Manfaat Mengonsumsi Kopi Secara Rutin

6. Air putih

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Pixabay

Daripada bingung-bingung mencari olahan untuk mengusir rasa kantuk, kamu dapat rutin mengonsumsi air minum saja. Air minum yang kamu konsumsi tak hanya dapat mengusir kantuk dan menjaga kebutuhan nutrisimu, namun juga menjaga kebugaran tubuh. Siapkan air minum selalu, ya! 

7. Teh hangat

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/freestocks.org

Sibuk cari olahan untuk mengusir rasa kantuk? Nge-teh dapat menjadi pilihan terbaik untuk dicoba. Selain itu, teh juga telah dikenal memiliki kandungan kafein yang ampuh dalam membuat tubuh tetap terjaga. 

8. Pisang

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Juan Salamanca

Buah memang dapat menjadi solusi terbaik untuk mengusir rasa kantuk, salah satunya adalah pisang. Buah berwarna kuning ini dapat dikonsumsi sebagai alternatif buah pengusir rasa kantuk. Rasanya juga manis dan memiliki kandungan baik untuk tubuh. 

9. Cokelat

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Pixabay

Kamu suka cokelat? Jika iya, maka tepat sekali karena memang cokelat dapat membantu untuk tetap terjaga dan mengusir rasa kantuk. Kamu dapat mengonsumsinya sebagai camilan santai. Selain enak dan manis, namun juga sangat bermanfaat. 

10. Yogurt

10 Makanan Ampuh untuk Mengusir Kantuk, Tetap Terjaga! Pexels/Life Of Pix

Kamu butuh menu lainnya untuk menghilangkan rasa kantuk? Cobain yogurt segar yang terkenal dengan cita rasanta yang masam. Kombinasikan yogurt dengan aneka bahan-bahan seperti buah-buahan, kacang, atau selai. Dijamin bisa jadi menu lezat di kala santai! 

Nah, beberapa makanan dan minuman di atas dapat secara efektif membantumu untuk mengusir rasa kantuk di saat yang tak tepat. Mana makanan pengusir kantuk yang jadi favoritmu? 

Baca Juga: Bukannya Berenergi, 7 Menu Sarapan Ini Justru Menyebabkan Kantuk Lho!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya