Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!

Jangan dianggap sepele lho

Memiliki rumah yang sehat merupakan idaman setiap orang. Tentunya memiliki rumah yang sehat tidak semata-mata harus bersih yang tampak pada mata lho. Beberapa hal seperti debu yang sifatnya sulit sekali dilihat oleh mata tentu tidak dapat menjadi pengecualian dari polusi udara di rumah. Oleh sebab itu, kamu wajib menerapkan beberapa kiat-kiat guna membebaskan rumahmu dari polusi udara.

Untuk kamu yang penasaran apa saja cara yang dapat dilakukan agar rumahmu bebas dari polusi udara, berikut daftarnya!

1. Hindari merokok dan menyala lilin dalam jumlah banyak di dalam rumah

5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!Unsplash/Yuvraj Singh

Seperti yang kita telah ketahui bahwa rokok dan lilin yang dinyalakan dalam jumlah besar dapat berpotensi menyebabkan asap di dalam rumah. Oleh sebab itu, hindari merokok ataupun menyalakan lilin dalam rumah ya jika kamu tidak ingin asap yang dihasilkan dapat memberikan efek negatif bagi kualitas udara di rumahmu.

2. Meminimalisir penggunaan karpet

5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!Unsplash/Jonathan Stout

Apakah di rumahmu banyak terdapat karpet maupun keset lantai? Bila iya maka sebaiknya gunakan karpet pada saat kamu memang membutuhkan saja. Penggunaan karpet yang rutin dan jarang dibersihkan justru akan berpotensi memberikan efek tidak baik dari partikel debu yang dihasilkan sehingga sangat tidak baik bagi kesehatan pernapasan.

3. Rajin membersihkan rumah

5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!Unsplash/Kowon vn

Kunci dari keberhasilan rumah yang sehat tentu saja dapat diukur dari seberapa sering kita membersihkannya. Percaya atau tidak bahwa debu memang merupakan partikel yang eksistensinya diakui, namun keberadaannya seakan tak kasat mata. Oleh sebab itu, kamu perlu rutin dalam membersihkan rumahmu guna untuk meminimalisir adanya debu yang dapat menyebabkan polusi udara di rumah.

Baca Juga: 5 Cara Memilih Masker yang Tepat Saat Terpapar Polusi Udara

4. Meletakan tanaman di rumah

5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!Unsplash/Mark Tegethoff

Tanaman merupakan objek yang dapat menjadi filter alami untuk udara di sekitar kita. Selain menjadi sumber oksigen, tanaman dapat bermanfaat dalam membuang segala macam bentuk gas yang tidak baik. Tanaman juga seakan mampu memberikan efek rileksasi dan segar bagi pemilik rumah.

5. Memiliki ventilasi yang cukup

5 Tips Cerdas Membebaskan Rumah Dari Polusi Udara, Jadi Lebih Segar!Unsplash/Jez Timms

Jika kamu berpikir bahwa membersihkan rumah dan meletakan tanaman saja sudah cukup menjadi filter dalam udara sekitar, tentunya kamu keliru. Pastikan bahwa di rumahmu terdapat cukup ventilasi yang dapat menjadi media pertukaran udara sehingga tentu saja kualitas udara di rumah dapat terkontrol dengan baik.

Nah, 5 tips menjaga kualitas udara di atas tentu saja dapat kamu aplikasikan di rumah guna mencegah adanya polusi udara. Jangan sampai terlewat, yuk!

Baca Juga: 5 Bahaya Kesehatan yang Akan Didapat Bila Sering Terpapar Polusi Suara

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya