Comscore Tracker

Identik Oleh-oleh Umrah, Ini 5 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatan

Kandungan proteinnya tinggi

Kacang arab berbentuk kecil dan berwarna kekuningan. Kacang jenis polong-polongan ini memang sudah cukup dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas yang biasa dibawa oleh orang sehabis umrah dan berhaji.

Konon katanya kacang jenis ini telah ditemukan sisa-sisa sejarah budidayanya yang berusia 7500 tahun di Timur Tengah. Lalu apa kamu mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya? Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat sehat yang terdapat dalam kacang arab, simak yuk ulasannya di bawah ini.

1. Sumber protein baik

Identik Oleh-oleh Umrah, Ini 5 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatandeherba.com

Kacang arab memiliki kandungan protein yang baik bahkan kadar proteinnya melebihi dua telur dengan ukuran besar. Meski begitu, rasanya kandungan kacang arab ini belum lengkap karena tidak mengandung asam amino essensial dari protein hewani. Namun bagi para vegetarian tentunya kacang arab sudah cukup memenuhi kebutuhan protein bagi tubuh.

2. Menjaga kesehatan jantung

Identik Oleh-oleh Umrah, Ini 5 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatanhellosehat.com

Kacang arab ternyata memiliki berbagai manfaat baik seperti serat, potasium, vitamin C, vitamin B-6 yang mana bermanfaat menjaga kesehatan jantung. Kandungan serat yang cukup kaya dalam kacang arab juga efektif dalam menurunkan kadar kolesterol dalam darah sehingga mengurangi risiko mengenai penyakit jantung.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsumsi Kacang Kedelai, Murah Meriah Sejuta Kebaikan

3. Menjaga berat badan ideal

Identik Oleh-oleh Umrah, Ini 5 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatannetdoctor.co.uk

Untuk kamu yang masih dalam proses diet untuk menurunkan berat badan atau mendapatkan berat badan yang ideal, maka jangan ragu untuk mengonsumsi jenis kacang yang satu ini. Kacang arab memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga mampu memberikan sensasi rasa kenyang yang cukup lama dan efektif dalam menjaga berat badan tetep ideal.

4. Cocok bagi penderita diabetes

Identik Oleh-oleh Umrah, Ini 5 Manfaat Kacang Arab untuk KesehatanPexels/Flickr

Bagi kamu penderita diabetes, jangan ragu untuk mengonsumsi kacang yang satu ini. Kacang arab ini memang dikenal mampu dalam menjaga kandungan gula di dalam darah sehingga aman dan direkomendasikan bagi para penderita diabetes. Selain itu, beberapa penelitian yang berkaitan dengan hal ini juga telah membuktikan hal tersebut.

5. Anti sembelit

Identik Oleh-oleh Umrah, Ini 5 Manfaat Kacang Arab untuk Kesehatanmedicalnewstoday.com

Kamu susah buang air besar? Cobalah untuk mengonsumsi kacang arab karena kandungan serat didalamnya mampu mencegah dan mengatasi segala macam permasalahan yang berkaitan dengan pencernaan. Tentunya anti sembelit dan pencernaan akan terasa lebih lega.

Baca Juga: 5 Manfaat Kacang Macadamia untuk Kesehatan dan Kecantikan, Super!

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Penulis biasa yang butuh banyak inspirasi. Mari berteman dan terhubung melalui @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You