Comscore Tracker

5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh Dilewatkan

Yakin gak mau coba?

Telur asin merupakan sejenis hidangan berbahan telur yang dibuat dengan cara mengawetkan melalui proses pengasinan. Pada proses ini, telur akan diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak di dalamnya. Rata-rata jenis telur yang digunakan untuk pembuatan telur asin adalah dari jenis telur itik, namun kemungkinan beberapa jenis telur lain juga dapat diasinkan menjadi telur asin. Rentang durasi mengonsumsi telur asin adalah kurang lebih 30 hari.

Di balik cita rasanya yang unik dan sempat menjadi trending dalam makanan, sudahkah kamu mengetahui manfaat yang terkandung di dalamnya? Untuk kamu yang penasaran mengenai manfaat yang akan didapat dengan mengonsumsi telur asin, simak yuk apa saja!

1. Mencegah osteoporosis

5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh DilewatkanPexels/rawpixel.com

Manfaat yang dapat dari mengonsumsi telur asin ternyata sangat ampuh untuk memberikan manfaat baik terhadap kesehatan tulang, salah satunya adalah untuk mencegah osteoporosis. Selain itu, protein hewani yang terdapat dalam telur asin juga ampuh dalam menjaga kesehatan pada tulang khususnya bagi para lansia.

2. Anti anemia

5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh DilewatkanPexels/Gerd Altmann

Para penderita anemia juga tidak perlu khawatir mengonsumsi telur asin karena justru dapat bermanfaat penuh dalam asupan zat besi yang dapat mengatasi permasalahan seperti anemia. Selain itu, beberapa hal ataupun gejala yang berkaitan dengan anemia seperti pusing, kelelahan, dan mual juga dapat diatasi dengan mengonsumsi telur asin.

Baca Juga: 5 Ragam Sajian Telur yang Variatif Sekaligus Mudah Dibuat

3. Bermanfaat bagi metabolisme tubuh

5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh DilewatkanPexels/Pixabay

Telur asin merupakan salah satu jenis makanan yang memiliki manfaat baik untuk membersihkan nutrisi ataupun energi pada sel-sel tubuh dan juga pemanfaatan zat-zat gizi yang terdapat dalam makanan dan juga minuman. Tentunya dengan begitu kita akan mendapatkan manfaat yang maksimal melalui makanan dan minuman yang kita konsumsi.

4. Memberikan manfaat baik bagi massa otot

5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh DilewatkanPexels/Victor Freitas

Jika kamu adalah seorang atlet, maka kamu tidak boleh melewatkan untuk mengonsumsi telur asin khususnya pada bagian putihnya yang memiliki kandungan kaya akan protein. Telur asin telah dikenal memiliki manfaat baik untuk membangun serta meningkatkan massa otot sehingga sangat bermanfaat bagi orang-orang yang banyak menggunakan aktivitas fisik agar tidak mudah lelah.

5. Membantu proses pengembangan pada otak

5 Manfaat Luar Biasa dari Telur Asin yang Tidak Boleh DilewatkanPexels/Pixabay

Salah satu alasan mengapa ibu hamil maupun anak-anak juga wajib mengonsumsi telur asin adalah karena kandungan omega-3 di dalamnya yang sangat baik serta bermanfaat untuk proses pengembangan pada otak.

Omega-3 tentu saja akan membantu proses pengembangan otak dan menghindari berbagai permasalahan pada otak sehingga sangat dianjurkan untuk mengonsumsi telur asin agar mendapatkan manfaat dari kandungan omega-3 secara maksimal.

Nah, lima manfaat dari telur asin di atas dapat menjadi informasi bagi kamu yang ingin mengonsumsi telur asin agar tidak perlu ragu dan risau lagi. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Mengonsumsi Telur Ikan, Bergizi Tinggi!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You