Comscore Tracker

5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!

Asal jangan berlebihan

Meski menjadi momok tersendiri mengingat jeroan dikenal sebagai penghasil kolesterol yang cukup tinggi, namun tidak ada salahnya dalam mencoba lho. Di balik kelezatannya jeroan khususnya ayam, sudahkah kamu mengetahui manfaat yang terkandung didalamnya? Berikut manfaat sehat yang didapat melalui konsumsi jeroan ayam:

1. Mendukung sistem imun

5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!Pexels/Pixabay

Imunitas atau sistem kekebalan tubuh dalam tubuh manusia memang memerlukan beberapa zat dan kandungan untuk mendukung sistem imun kita tetap terjaga secara penuh. Ternyata jeroan ayam memiliki kandungan mineral seng dan zat besi yang dapat mendukung penuh sistem imunitas dalam tubuh serta membantu dalam penyembuhan luka.

2. Sumber protein baik

5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!sciencemag.org

Jeroan ayam juga memiliki kandungan protein yang cukup baik sesuai dengan dosis. Protein merupakan salah satu aspek yang dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan produksi energi. Selain itu, protein juga berfungsi dalam mengisi sel-sel yang akan membentuk otot serta jaringan pada tubuh sehingga eksistensinya sangatlah penting.

3. Kaya vitamin

5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!Pexels/Porapak Apichodilok

Siapa yang menyangka bahwa jeroan ayam ternyata memiliki kandungan vitamin A yang cukup baik untuk sistem kekebalan tubuh dan juga untuk merangsang pertumbuhan sel darah putih yang baru. Tidak hanya itu, kandungan vitamin B-12 yang terdapat di dalamnya mampu berfungsi sebagai pendukung kesehatan dalam sistem saraf.

Baca Juga: 5 Trik Cerdas Menyimpan Jeroan Agar Tak Rentan Membusuk

4. Mencegah anemia

5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!medicalnewstoday.com

Seperti yang kita tahu bahwa jeroan ayam memiliki kandungan zat besi yang baik, hal ini dapat menjadi manfaat untuk mencegah anemia. Zat besi yang mana menjadi salah satu pengobatan untuk anemia mampu didapatkan dengan cara mengonsumsi jeroan ayam yang kaya akan zat besi did alamnya.

5. Penggemar usus ayam patut berbahagia karena ternyata usus ayam memiliki kalori yang rendah

5 Manfaat Mengonsumsi Jeroan Ayam, Gak Selalu Buruk Lho!netdoctor.co.uk

Bagian usus ternyata memiliki kandungan rendah kalori jika dibandingkan dengan bagian jeroan yang lain. Selain itu, kadar lemak juga tidak terlalu tinggi dan justru kandungan protein dari usus sapi juga sangat tinggi. Kandungan lainnya seperti kalsium, zat besi, fosfor, vitamin A dan vitamin B juga mampu didapatkan di dalamnya. Namun, karena usus merupakan bagian yang memiliki kadar purin cukup tinggi maka perlu dibatasi pengonsumsiannya. Perlu teknik khusus pula untuk mengolah bagian yang satu ini.

Manfaat dari jeroan ayam di atas dapat menjadi informasi bagi kamu meski perlu dicermati bahwa mengonsumsi secara berlebihan dan dalam jumlah yang banyak tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana menurutmu?

Baca Juga: 5 Tips Mengolah Jeroan Biar Gak Gagal Total

Tresna Nur Andini Photo Community Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Saya adalah penulis biasa | Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You