Comscore Tracker

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan 

Gak hanya untuk melepas dahaga

Di cuaca yang tak menentu seperti sekarang ini, membuat tubuh rentan terserang penyakit. Salah satu penyakit yang sering menyerang adalah sakit tenggorokan.

Sakit tenggorokan bisa menyebabkan aktifitas terganggu, karena akan mengakibatkan batuk sepanjang hari. Menurut seorang pakar nutrisi asal Inggris bernama Dr. Kishore, bahwa sakit tenggorokan dapat disembuhkan dengan mengonsumsi beberapa jus buah alami. Penasaran jus apa saja?

1. Jus semangka

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan Unsplash.com/ishayan

Kandungan air dalam buah semangka yang tinggi aka membantu menghidrasi tubuh agar tidak kekurangan cairan dan menyebabkan tenggorokan kering. Selain itu meminum satu gelas jus semangka dapat membuat tubuh lebih segar dan membantu penyembuhan jika sudah terlanjur terserang sakit tenggorokan.

Menurut Dr. Mark Hyman dilansir The Daily Meal, bahwa buah semangka dan brokoli mengandung antioksidan bernama glutathion, yang sangat baik untuk kekebalan tubuh dan mencegah peradangan. Maka dari itu selain bermanfaat baik bagi tenggrokan, mengkonsumsi jus semangka juga membuat tubuh mendapat asupan gizi yang sangat banyak.

2. Jus jeruk

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan Unsplash.com/angelokarabo053

Jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat tinggi dan baik bagi tubuh. Jadi meminum jus jeruk tanpa pengawet akan membantu mencegah sakit tenggorokan karena akan membuat tenggorokan seseorang terasa lebih baik. 

Hal ini senada dengan hasil penelitian dari Stephen Lawson dari Linus Pauling Institute, Oregon State University, dilansir Live Strong, yang mengatakan bahwa jus jeruk adalah minuman yang baik untuk mencegah sakit tenggorokan dan bisa dikatakan vitamin C dalam jeruk dapat membantu penyembuhan sakit tenggorokan. Manfaat yang luar biasa, ya?

3. Jus tomat

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan Unsplash.com/klein2

Meminum jus tomat dapat membantu mencegah dan juga mengobati sakit tenggorokan. Hal ini karena hampir 95 persen kandungan dalam buah tomat adalah air, yang berfungsi untuk membuat tenggokan selalu basah dan mencegah iritasi.

Hal itu juga diperkuat dengan pernyataan Gul Nasreen, dilansir The News, yang mengatakan bahwa tomat memiliki kandungan zat antioksidan bernama likopen yang sangat baik untuk membantu mempercepat penyembuhan sakit tenggorokan. Cara meminumnya dengan mencampurkan tomat yang tidak asa dengan sedikit larutan garam agar khasiatnya lebih terasa.

Baca Juga: 10 Buah dan Sayuran yang Sebaiknya Gak Dibuat Jus, Gizinya Bisa Hilang

4. Jus kiwi

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan Unsplash.com/heftiba

Buah kiwi memiliki banyak nutrisi seperti vitamin A, C, E, K, kalium, asam amino, folat dan kalsium. Jadi dengan meminum jus kiwi akan membantu mencegah terjadinya sakit tenggorokan dan juga dapat menyembuhkannya jika sudah terserang sakit tenggorokan.

Lebih lanjut, menurut Dr Kieran Elborough, General Manager Of Science, Food Innovation And Plant & Food mengacu pada penelitian yang dilakukan New Zaeland's Plant And Food Research dilansir Muddy Boots, mengatakan bahwa kandungan dalam buah kiwi sangat baik untuk mencegah dan memberikan perlindungan pada sakit tenggorokan.

5. Jus pisang

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan Unsplash.com/louishansel

Di dalam buah pisang, terdapat kandungan potasium yang bermanfaat sebagai obat alami untuk sakit tenggorokan dan juga mencegah terjadinya batuk. Jadi meminum jus pisang, selain bisa menyembuhkan sakit tenggorokan, juga bisa mencegahnya dengan meminumnya secara teratur. 

Selain itu, menurut Shraddha Rupavate dilansir The Health Site, mengatakan bahwa pisang kaya akan kandungan vitamin C, Vitamin B6 dan mineral, selain itu pisang juga memiliki sifat yang lunak hingga mudah ditelan saat menderita sakit tenggorokan.

6. Jus nanas

Jarang Diketahui! 6 Jus Ini Berkhasiat Mencegah Sakit Tenggorokan Unsplash.com/sarahjgualtieri

Baca Juga: 5 Manfaat Jus Tomat Jika Rajin dan Teratur Dikonsumsi

Di dalam buah nanas, terdapat enzim bernama bromelin. Bromelin berfungsi untuk mencegah iritasi yang terjadi di dalam tenggorokan.

Hal itu senada dengan pernyataan dari Kathryn Hill, dilansir The Kitchn yang mengatakan bahwa nanas memiliki enzim bernama bromelin, yang mengandung zat anti inflamasi. Berfungsi mengurangi iritasi saat sakit tenggorokan, selain itu nanas juga memiliki kandungan vitamin C yang baik untuk kekebalan tubuh.

Itulah 6 jus buah alami yang berfungsi untuk mencegah dan mengobati sakit tenggorokan. Semua jus yang dibahas diatas akan lebih berkhasiat jika diminum dalam kondisi hangat.

Ulul Fikri Hasibuan Photo Verified Writer Ulul Fikri Hasibuan

Anything Is Possible If You Believe

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya